Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Pada Materi Pola Bilangan

Authors

  • Wito Cahyono STKIP Modern Ngawi
  • Arum Dwi Rahmawati STKIP Modern Ngawi
  • Anwas Mashuri STKIP Modern Ngawi

Keywords:

Analisis, Komunikasi Matematis, Gaya

Abstract

Bagi individu, pendidikan dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas manusia seperti pemahaman, pengetahuan, pengembangan keterampilan, kesempatan kerja, untuk pengembangan karir dimasa depan. Hasil dari analisis komunikasi matematis di ambil dari penyebaran angket kemudian pengisian uji komunikasi dan selanjutnya adalah pengiat dari hasil yang ada. Dalam data angket terdapat 17 siswa visual, 6 anak auditorial, dan 6 anak dengan gaya belajar kinestetik. Setelah penyebarab angket dari tiap gaya bahaya itu diambil sampel untuk melakukan uji kemampuan komunikasi matematis. Dari hasil komunikasi matematis itu akan berlanjut ke wawancara yang bertujuan untuk menggali informasi lebih lanjut tentang kemampuan komunikasi matematis yang ada. Dari paparan data dan hasil maka dari situ dapat di ambil kesimpulan gaya belajar mana yang efektif dan komunikasi matematis gaya belajar apa yang dapat diterima peserta didik

References

Hartono, R., & Mashuri, A. (n.d.). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Siswa.

Joung, E., & Byun, J. H. (2021). Content analysis of digital mathematics games based on the NCTM Content and Process Standards: An exploratory study. School Science and Mathematics, 121(3). https://doi.org/10.1111/ssm.12452

Rohmatin, B., Sasomo, B., Rahmawati, A. D., Matematika, P., & Ngawi, S. M. (n.d.). Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Model Mind Mapping Dan Pendekatan Realistic Mathematic Education Untuk Meningkatkan Literasi Matematika.

Sumarni, S., Titis Prayitno, A., & Nurpalah, M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiwa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Mata Kuliah Geometri Ruang. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.31943/mathline.v4i1.107

Arum Dwi Rahmawati, J., Studi Pendidikan Matematika, P., & Modern Ngawi, S. (2021). Pengelolaan Kelas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa Pandemi Di Kelas Vii G Mts Negeri 4 Ngawi In Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematic (IJELM) (Vol. 2).

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Wito Cahyono, Arum Dwi Rahmawati, & Anwas Mashuri. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Pada Materi Pola Bilangan. JURNAL JENDELA MATEMATIKA, 1(2), 57–62. Retrieved from https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/562