Pengembangan E-Modul Berbasis Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Matriks

Authors

  • Siti Nor Kholifah STKIP Modern Ngawi
  • Budi Sasomo STKIP Modern Ngawi
  • Anwas Mashuri STKIP Modern Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjm.v2i01.577

Keywords:

E-Modul, Reciprocal Teaching, Berpikir Kritis, Matriks

Abstract

Pendidikan sangat bergantung pada bahan ajar. Hal ini juga harus didukung dengan penerapan jenis pembelajaran. Upaya tersebut dapat menjadi modal peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan uraian tersebut, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui mekanisme pengembangan e-modul berbasis reciprocal teaching dan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian menggunakan pengembangan dengan model 4-D. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 MA Kartayuda. Hasil penelitian diperoleh dari validasi dan uji coba lapangan. Masing-masing angket terdapat dua validator. Penilaian e-modul oleh ahli materi diperoleh skor sebesar 88,89%, penilaian oleh ahli desain bahan ajar sebesar 85%, penilaian oleh ahli bahasa sebesar 90%, penilaian oleh peserta didik sebesar 85%. Skor keempat validasi menunjukkan e-modul memiliki kategori sangat layak. Hasil uji coba lapangan kepada peserta didik memperoleh skor 81,023% dengan kategori tinggi. Berlandaskan hasil validasi dan uji coba membuktikan bahwa e-modul layak digunakan dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

References

Akhir, M. (2017). “Penerapan Strategi Belajar Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Membaca pada Siswa SD”, Indonesian Journal of Primary Education, halaman 30 – 38.

Alief Nurhadi, N., Tangguh Alam, B., Fatih, M., Rofia’ah, S., & Alfi, C. (2021). “Pengembangan E-Modul Pembelajaran Online Bola Besar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 1 Garum Kabupaten Blitar”.

Aprinka, S. (2021). “Validitas E-Modul Berbasis Open Ended Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada Pembelajaran Daring untuk Siswa SMK”.

Asriyani. (2022). “Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Delphi pada Pembelajaran Matriks”.

Asyafah, A. (2019). “Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoritis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam)”, TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education. Online. http://ejournal.upi.edu/index.php/tarbawy/index

Fajri, Z. (2019). “Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa”, jurnal IKA.

Hidayat, D. (n.d.). “Penerapan Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Siswa MA.

Ikhsan, M., Mira Bella Saragih, R., & Siswadi. (2019). “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Cabri terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis”, Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika.

Karim, N. (2015). “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama”.

M. Ihsan, M. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching disertai dengan Teknik Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Biologi.

Marlaini, C. (2018). “Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar dengan Pendekatan Reciprocal Teaching pada SD Muhammadiyah Banda Aceh”, Jurnal Serambi PTK.

Prihatin, E., Lestari, P., dan Ayu Saputri, S. (n.d.). “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Pendekatan Open Ended”.

Purwati, R., Hobri, H., & Fatahillah, A. (n.d.). “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat pada Pembelajaran Model Creative Problem Solving”.

Puspita Sari, E., Sumarmi, & Amirudin, A. (2016). “Berpikir Kritis dan Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Geografi dalam Membentuk Karakter Peserta Didik SMA”.

Rahmawati, A. D. (2021). Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika di Masa Pandemi Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pendidikan modern, 6(2), 74-84.

Rahmawati, A. D., Supriyanto, D. H., & Sari, W. R. (2021). Project-Based Learning Model with A Scientific Approach to Mathematics Learning in Covid-19 Pandemic. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(1), 769-775.

Rahmi, S. W. (2015). “Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Pendekatan Pengajaran Timbal Balik (Reciprocal Teaching) Murid Kelas IV SD INPRES Kalukuang Boka Kabupaten Gowa”.

Sari, Y. P., Purnomo, E., & Rusman, T. S. (n.d.). “Kemampuan Berpikir Kritis Model Scaffolding dan Problem Based Instruction Memperhatikan Gaya Belajar”.

Sasomo, B. Efektivitas Pendekatan Saintifik dengan Penugasan Video Pengamatan pada Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) di Masa Pademi Corona Virus Disease-19 (Covid-19). Jurnal Theorems, 6(1), 16-23.

Sasomo, B., & Robiyana, R. (2023). Metode Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Operasi Hitung Bilangan Cacah Di SD Negeri 71 Lubuklinggau: indonesia. JURNAL JENDELA MATEMATIKA, 1(01), 11-16.

Simamora, N. N. (2022). “Pengembangan E-Modul Fisika Matematika I Menggunakan Flip Pdf Professional pada Materi Operasi Matriks”.

Susilowati, S., Sajidan, S., & Ramli, M. (2017). “Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Magetan”.

Umi Hanifah, M. S. M. (2014). At-Tajdid. 3(1).

Virama Dhani, T. (2022). “Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Menggunakan Aplikasi Android pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Sunan Giri Kota Malang”.

Vita Sara, M. (2022). “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Reciprocal Teaching pada Materi Matriks Kelas XI”.

Wicaksono, (2014). “Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi dengan Strategi Reciprocal Teaching”, Jurnal Pendidikan Sains, halaman 85–92.

Wilujeng, S., & Sudihartinih, E. (2021). “Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa”.

Downloads

Published

2024-01-25

How to Cite

Kholifah, S. N., Sasomo, B., & Mashuri, A. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Matriks. JURNAL JENDELA MATEMATIKA, 2(01), 55–66. https://doi.org/10.57008/jjm.v2i01.577