Eksperimentasi Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kasreman

Authors

  • Tika Sindi Fardani STKIP Modern Ngawi
  • Arum Dwi Rahmawati STKIP Modern Ngawi
  • Anwas Mashuri STKIP Modern Ngawi

Keywords:

Pemecahan Masalah Kreatif, berpikir kritis, statistik

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat perbedaan model CPS dengan pembelajaran langsung terhadap kemampuan berfikir kritis matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Kasareman materi statistika. teknik pengambilan yang digunakan adalah sampel Cluster Random Sampling. yang terdiri dari dua kelas, Kelas eksperimen (VIII B) diberikan model CPS, sedangkan kelas kontrol (VIII C) diberikan pembelajaran langsung. Pengujian hipotesis dilakukan dengan Uji-t. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah (1) Didapatkan perbedaan hasil belajar matematika CPS rata-rata 75,17, dan pembelajaran langsung mendapat rata-rata 61,55. (2) Model CPS memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran langsung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model CPS lebih efektif dari pada pembelajran langsung ditinjau dari hasil pretest dan posttes yang meningkat. kelas dengan perlakuan Model CPS yang memiliki rata-rata lebih tinggi terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa

References

Alexie, S. (2019). The business of fancydancing: Stories and poems. Brooklyn, NY: Hang Loose Press.

Anggraini, D., Testiana, G., & Wardani, AK (2020). Pembelajaran Matematika Materi SPLDV Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Suska Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2).

Azizah, JF, Muzzazinah, M., & Susanti, E. (2021). Peran Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Sistem Pencernaan. SAP (Organisasi Artikel Pendidikan), 6(2). https://doi.org/10.30998/sap.v6i2.10291

Hidayat, FPP, Albertus Sinaga, & Akhyaruddin. (2022). Konstruksi Desain Penilaian Kognitif Materi Teks Prosedur (Indikator Berpikir Kritis). Sastra Indonesia, 22(1).

Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Jucama di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634

Lestari, KA, Andinasari, A., & Octaria, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1). https://doi.org/10.30738/union.v9i1.6468

Mahmudah, R., Meilina, A., & Kurniawati, L. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah Kota Tangerang Selatan. Di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Munir. (2021). Pendidikan adalah Proses Perubahan Sikap. Uptikp.

Wahyuni, R., Mariyam, M., & Sartika, D. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Pada Persamaan Garis Lurus. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1). https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.520

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Tika Sindi Fardani, Arum Dwi Rahmawati, & Anwas Mashuri. (2023). Eksperimentasi Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kasreman. JURNAL JENDELA MATEMATIKA, 1(2), 63–68. Retrieved from https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/563