JURNAL JENDELA MATEMATIKA https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM <p><strong>Jurnal Jendela Matematika</strong> dengan <strong>ISSN 2985-9875</strong> (online) dan <strong>2986-7134</strong> (cetak) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh <a href="https://www.jendelaedukasi.id/"><strong>CV. Jendela Edukasi Indonesia</strong></a> dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang matematika, pendidikan matematika, statistika, pengembangan pembelajaran matematika, dan media pembelajaran matematika. Jurnal Jendela Matematika terbit 2 kali dalam satu tahun yaitu bulan <strong>Januari dan Juli. </strong>Kami mengundang peneliti, praktisi, dosen, guru, serta mahasiswa untuk mempublikasikan hasil penelitian yang telah dilakukan sebagai upaya pengembangan pendidikan dan penelitian di Indonesia. Dalam upaya menjaga kualitas artikel di Jurnal Jendela Matematika, kami mengambil pakar-pakar peneliti bidang Matematika dan Pendidikan Matematika untuk menjadi reviewer serta menggunakan software plagiarisme artikel.</p> en-US hericahyono@live.com (Heri Cahyono) anwas.mashuri.1@gmail.com (Anwas Mashuri) Thu, 25 Jan 2024 08:31:47 +0700 OJS 3.2.1.3 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pemodelan Pengaruh Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar Dengan Indeks Harga Saham Gabungan Kompas 100 menggunakan metode Gauss Newton https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/669 <p>Penelitian bertujuan untuk memodelkan hubungan antara nilai tukar Rupiah terhadap Dollar dengan Indeks harga saham kompas 100. Berdasarkan informasi penelitian terdahulu bahwa hubungan nilai tukar mata uang terhadap harga saham bersifat non linier. Pemodelan regresi non linier pada penelitian ini dilakukan dengan pendekatan numerik melalui algoritma Gauss Newton. Metode Gauss Newton merupakan metode sederhana yang sangat efisien yang digunakan untuk menyelesaikan masalah pendugaan kuadrat terkecil. Metode Gauss Newton digunakan untuk menduga parameter dengan meminimalkan jumlah nilai dari suatu fungsi, dimana dalam menyelesaikannya tidak memerlukan perhitungan atau estimasi dari turunan kedua fungsi f(x) karena secara numerik lebih efektif dengan proses langsung atau iteratif. Proses pendugaan dimulai dengan fungsi f=(x,β_0,β_1 )=β_0 (1-e^(-β_1 X)) dengan dugaan awal parameter β_0=0,1 dan β_1=1 dan JKG awal sebesar 0,000250. Pembentukan nilai awal pada iterasi pertama diperoleh β_0,1=-2,16 dan β_1,1=25,16 dengan JKG sebesar 268,173. Perhitungan diulang secara terus menerus sampai konvergen yaitu pada iterasi ketiga. Nilai pendugaan parameter pada iterasi ketiga yaitu β_0,3=0,0066 dan β_1,3=216,55 dengan nilai JKG terkecil yaitu 0,001769.</p> Muhammad Triyanto, Ani Andriyati, Isti Kamila, Embay Rohaeti Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA MATEMATIKA https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/669 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0700 Analisis Kemampuan Siswa Pada Pemahaman Konsep Matematis Materi Barisan dan Deret https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/672 <p>Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika dalam pada materi barisan dan deret. Agar diperoleh hasil dan pembahasan yang sesuai dengan tujuan penelitian, maka dilakukan analisis terhadap setiap indikator pemahaman matematis untuk mengetahui indikator mana saja yang mengalami kesulitan siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dan deskriptif. Partisipan penelitian adalah siswa Kelas X pada salah satu SMA di kota Bandung yang berjumlah 31 orang. Tes dan wawancara berfungsi sebagai instrumen penelitian.Pada tahap reduksi data, peneliti merangkum dan mengklasifikasikan data. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa masuk dalam kategori cukup yaitu sebesar 54,8%. Indikator kemampuan memahami konsep matematika yang paling tinggi adalah indikator merepresentasikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika. Sedangkan indikator kemampuan pemahaman konsep matematika yang paling rendah adalah kecepatan penggunaan dan pemilihan prosedur atau operasi tertentu.</p> Salsabila Afifah, Maisaroh Tamrin, Kireyna Intan Salsabila, Aan Hasanah, Tatang Herman Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA MATEMATIKA https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/672 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0700 Implementasi Metode Random Forest pada Kategori Konten Kanal Youtube https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/633 <p><em>Random</em> <em>Forest</em> adalah metode klasifikasi <em>ensemble</em> dalam algoritma pembelajaran mesin. Metode klasifikasi <em>ensemble</em> bertujuan untuk meningkatkan akurasi model dan kinerja klasifikasi. Berdasarkan ukuran akurasi, <em>Random</em> <em>Forest</em> menunjukkan performa terbaik diantara metode klasifikasi yang ada, seperti <em>Support Vector Machine</em> (SVM) dan <em>AdaBoost</em>. Oleh karena itu, penelitian ini menerapkan metode klasifikasi <em>Random</em> <em>Forest</em> pada kategori konten kanal <em>Youtube</em>. Variabel prediktor klasifikasi adalah jumlah<em>subscribers</em>, jumlah video, jumlah penayangan video, dan lama kanal <em>Youtube</em>. Metode <em>Random</em> <em>Forest</em> menunjukkan jumlah pohon yang dipilih adalah 100 dan mtry adalah 1. Jumlah <em>subscribers</em> merupakan variabel yang paling berpengaruh dalam pengkategorian konten kanal <em>Youtube</em> dengan tingkat kepentingan sebesar 19,04%. Akurasi klasifikasi yang dihasilkan sebesar 77,27%.</p> Siti Mahmuda Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA MATEMATIKA https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/633 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0700 Kajian Umum Hubungan Antara Kecerdasan dan Pendekatan Ilmu Pengetahuan Siswa Kelas X Dalam Mmeilih Jurusan di SMA Amir Hamzah Medan https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/639 <p>Pendekatan saintifik merupakan suatu gagasan atau konsep untuk mencapai suatu tujuan, khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan. Pembelajaran yang dikaitkan dengan metode ilmiah mengacu pada pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa sehingga siswa secara aktif mengidentifikasi, merumuskan masalah, mengajukan atau membentuk hipotesis, mengumpulkan data dengan menggunakan teknik yang berbeda-beda, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan konsep berdasarkan pembelajaran yang diperoleh. . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami hubungan antara tingkat kecerdasan siswa dan pendekatan mereka terhadap sains. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan ceramah yang ditujukan kepada siswa kelas X SMA dalam memilih jurusan IPA, IPS, dan IPB. Uji tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode statistik <em>Chi-square</em>. Hasilnya adalah tingkat kecerdasan siswa dengan pendekatan saintifik yang dicapai siswa melalui sosialisasi dengan nilai signifikansi 0,000. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh orangtua, teman dan lingkungan terhadap pemilihan jurusan pada siswa kelas X SMA Amir Hamzah Medan. Dan keinginan untuk memiliki presentasi itu sendiri mengalahkan parameter lainnya.</p> Muhammad Arif Hidayat, Marhan Hasibuan Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA MATEMATIKA https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/639 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0700 Studi Literature: Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasisi Web Google Site Pada Materi Himpunan https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/644 <p>Pembuatan Website online bisa dilakukan dengan menggunakan Google Sites yang tidak ada bahasa pemogroman yang sulit dan website ini juga gratis tidak berbayar. Tujuan Penelitian ini adalah penelitian literatur yang mengikuti serangkaian tata cara melakukan tinjuan literataur berdasarkan publikasi jurnal nasional dan internasional tentang <em>Google Sites</em>. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analasisi blibiometrik. Dengan menggunakan analisis peringkat dan mengilustasikan faktor-faktor penting dari publikasi, dapat mengidentifikasi data penting yang membantu mendeskripsikan topik secara akurat. Setelah menganilisi kata kunci <em>Google Sites</em>, ditemukan bahwa banyak manfaat bagi kalangan masyarakat terutama pendidik untuk menyimpan file lampiran atau tugas lainnya. Dari penelitian blibliometrik yang dilakukan masih banyak kurangnya penelitian <em>Google Sites </em>pada materi yang berkaitan dengan pembelajaran matematika yaitu materi himpunan, analisis literatur ini akan mengisi kekosongan dalam literature penelitian yang ada. Pengembangan media berbasis web ini dapat memeprmudah guru untuk proses pembelajaran di sekolah seperti pemebrian tugas, materi dan mengontrol daftar hadir siswa.</p> Nina Qismatun Najah, Andika Setyo Budi Lestari Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA MATEMATIKA https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/644 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0700 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Think-Talk-Write (TTW) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII-A SMP YLPI Marpoyan Pekanbaru https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/676 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar matematika peserta didik dari sebelum dan sesudah dilaksanakan penerapan pembelajaran kooperatif dengan strategi TTW pada peserta didik kelas VIII-A SMP YLPI Marpoyan Pekanbaru yang berjumlah 15 orang peserta didik dengan 8 peserta didik laki-laki dan 7 peserta didik perempuan dengan kemampuan heterogen. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik pengamatan dan tes. Lembar pengamatan akan dianalisis secara deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang aktivitas peserta didik dan guru selama proses pembelajaran berlangsung, sedangkan tes hasil belajar akan dianalisis dengan analisis rata-rata <em>(Mean)</em>, Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar peserta didik sesudah penerapan pembelajaran kooperatif dengan strategi TTW. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII-A SMP YLPI Marpoyan Pekanbaru. Hal ini dapat terlihat dari rata-rata skor dasar yakni 46,67% pada ulangan harian 1 menjadi 46,67% kemudian meningkat pada ulangan harian 2 menjadi 73,33% dan akhirnya pada ulangan harian 3 meningkat lagi menjadi 80%. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan strategi TTW dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas VIII-A SMP YLPI Marpoyan Pekanbaru.</p> Sahrul Sahrul Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA MATEMATIKA https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/676 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0700 Pengembangan E-Modul Berbasis Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Matriks https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/577 <p>Pendidikan sangat bergantung pada bahan ajar. Hal ini juga harus didukung dengan penerapan jenis pembelajaran. Upaya tersebut dapat menjadi modal peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan uraian tersebut, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui mekanisme pengembangan e-modul berbasis <em>reciprocal teaching</em> dan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian menggunakan pengembangan dengan model 4-D. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 MA Kartayuda. Hasil penelitian diperoleh dari validasi dan uji coba lapangan. Masing-masing angket terdapat dua validator. Penilaian e-modul oleh ahli materi diperoleh skor sebesar 88,89%, penilaian oleh ahli desain bahan ajar sebesar 85%, penilaian oleh ahli bahasa sebesar 90%, penilaian oleh peserta didik sebesar 85%. Skor keempat validasi menunjukkan e-modul memiliki kategori sangat layak. Hasil uji coba lapangan kepada peserta didik memperoleh skor 81,023% dengan kategori tinggi. Berlandaskan hasil validasi dan uji coba membuktikan bahwa e-modul layak digunakan dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis.</p> Siti Nor Kholifah, Budi Sasomo, Anwas Mashuri Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA MATEMATIKA https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/577 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0700 Analisis kemampuan berpikir aljabar siswa ditinjau dari Adversity Quotien (AQ) di Kelas VIII SMPN 2 Jogorogo Tahun 2023 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/681 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyeselesaikan permasalahan yang terkait dengan aljabar berdasarkan <em>Adversity Quetiont</em> (AQ) yang dimiliki. Penelitian dilaksanakan di Kelas VIII SMPN 2 Jogorogo. Penentuan subyek penelitian dilakukan menggunakan <em>Adversity Response Profile</em> guna menentukan tipe AQ. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 siswa meliputi 2 siswa <em>quitters</em>, 2 siswa <em>campers</em> dan 1 siswa <em>climbers</em>. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan trianggulasi metode. Teknik analisis yaitu model Milles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) Tipe quitters, memenuhi 1 indikator kemampuan berpikir aljabar. Siswa mampu menjelaskan hasil penyelesaiannya meskipun hasil tidak benar. (2) Tipe <em>campers</em> memenuhi 4 indikator kemampuan berpikir aljabar. Siswa dapat mengidentifikasi masalah dengan baik, dapat mengubah masalah menjadi model matematika, meringkas dan menjelaskan karyanya. (3) Tipe climbers memenuhi 5 indikator kemampuan berpikir aljabar. Siswa dapat mengidentifikasi masalah pada soal dan ditanyakan dengan jawaban tepat, siswa mengubah soal menjadi model matematika dengan baik, siswa dapat merangkum dan menjelaskan pekerjaannya dan mencari alternatif pemecahan masalah.</p> Mei Linda Alfa Hidayah, Anwas Mashuri, Arum Dwi Rahmawati Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA MATEMATIKA https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/681 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0700 Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/580 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah matematika siswa ditinjau dari gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, gaya belajar kinestetik. Penentuan subjek penelitian menggunakan angket gaya belajar yang diberikan kepada 27 siswa kelas VII B kemudian dipilih 2 dalam setiap gaya belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa yang diambil dari kelas VII B, yaitu 2 siswa gaya belajar visual, 2 siswa gaya belajar auditorial, dan 2 siswa gaya belajar kinestetik. Dalam penelitian ini menggunakan 5 tahapan berpikir kritis. Hasil penelitian ini subjek dengan gaya belajar visual, untuk subjek 1 mampu dalam dalam 5 tahapan berpikir kritis pada soal 1 dan 2, namun subjek 2 tidak mampu dalam menuliskan kesimpulan pada soal 1 dan 2. Subjek dengan gaya belajar auditorial, untuk subjek 1 mampu dalam 5 tahapan berpikir kritis pada soal 1 dan 2, namun subjek 2 tidak mampu dalam mengidentifikasi masalah yang relevan pada soal 1 dan mampu dengan 5 tahapan berpikir kritis pada soal 2. Subjek dengan gaya belajar kinestetik yaitu subjek 1 dan 2 mampu dengan 5 tahapan berpikir kritis pada soal 1 dan 2.</p> Anwas Mashuri, Budi Sasomo, Mega Septia Dwi Lestari Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA MATEMATIKA https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/580 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0700