JURNAL JENDELA MATEMATIKA https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM <p><strong>Jurnal Jendela Matematika</strong> dengan <strong>ISSN 2985-9875</strong> (online) dan <strong>2986-7134</strong> (cetak) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh <a href="https://www.jendelaedukasi.id/"><strong>CV. Jendela Edukasi Indonesia</strong></a> dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang matematika, pendidikan matematika, statistika, pengembangan pembelajaran matematika, dan media pembelajaran matematika. Jurnal Jendela Matematika terbit 2 kali dalam satu tahun yaitu bulan <strong>Januari dan Juli. </strong>Kami mengundang peneliti, praktisi, dosen, guru, serta mahasiswa untuk mempublikasikan hasil penelitian yang telah dilakukan sebagai upaya pengembangan pendidikan dan penelitian di Indonesia. Dalam upaya menjaga kualitas artikel di Jurnal Jendela Matematika, kami mengambil pakar-pakar peneliti bidang Matematika dan Pendidikan Matematika untuk menjadi reviewer serta menggunakan software plagiarisme artikel.</p> en-US hericahyono@live.com (Heri Cahyono) anwas.mashuri.1@gmail.com (Anwas Mashuri) Wed, 31 Jul 2024 22:54:24 +0700 OJS 3.2.1.3 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Analisis Bibliometrik : Tren Penelitian Penggunaan LKPD berbasis STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP (2019-2024) https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/906 <p>LKPD berbasis STEM dapat berguna untuk meningkatkan bahan ajar disekolah guna meningkatkan kompetensi siswa, salah satunya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tren dan fokus penelitian terkait LKPD berbasis STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Sebanyak 500 artikel yang sesuai dengan kriteria kata kunci hasil penelusuran data menggunakan aplikasi Publish or Perish (PoP) pada tahun 2019-2024. Data disimpan dalam bentuk Microsoft Excel sebagai bahan pengolahan data dan disimpan dalam bentuk RIS untuk digunakan pada software VOSviewer untuk mendapatkan pemetaan dalam mencari tren publikasi. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa topik yang jarang diteliti terkait studi Mathematical Creative Thinking terkait dengan Pendekatan STEM. Celah ini akan menjadi ide dasar untuk Mathematical Creative Thinking selanjutnya. Ini merupakan gap penelitian yang dapat bermanfaat bagi penelitian selanjutnya atau menjadi novelty dalam penelitian selanjutnya. Keterbatasan penelitian ini adalah data yang diambil berasal dari Google Scholar, diharapkan untuk penelitian selanjutnya bisa mengambil sumber dari database yang berbeda seperti database Scopus.</p> Siti Ulwiyah, Rifqi Hidayat, Jajang Rahmatudin Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA MATEMATIKA https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/906 Wed, 31 Jul 2024 00:00:00 +0700 Penerapan Metode Newton Raphson Untuk Pendugaan Parameter Regresi Non Linear Cobb-Douglas https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/916 <p>Inference in Cobb-Douglas model problems is a form of statistical inference that helps solve inference problems that involve a combination of several distributions. One form of distribution is a parametric distribution, and the other is a nonparametric distribution. To model the nonlinear Cobb-Douglas distribution and perform inference, such as determining test statistics, you can use maximum likelihood and then continue using the Newton rapshon method. Parameter estimates for the Cobb-Douglas nonlinear regression model were determined using the maximum likelihood method which was assumed to be normally distributed. then analyze the estimator first to obtain the Cobb-Douglas regression model estimator using the second order Taylor series approach to obtain the Newton Rapshon method. Based on the research results, it was found that the general form of parameter estimation for the Cobb-Douglas nonlinear regression model using the Newton-Raphson iterative method is:<br />-<br />So the parameter estimator is in scalar form.</p> Binti Karomah Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA MATEMATIKA https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/916 Wed, 31 Jul 2024 00:00:00 +0700