Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Authors

  • Sippa Fauzia STKIP Modern Ngawi
  • Anwas Mashuri STKIP Modern Ngawi
  • Budi Sasomo STKIP Modern Ngawi

Keywords:

Model, Realistic Mathematic Education, Pengaruh

Abstract

Penelitian memiliki untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan pemahaman matematika siswa yang menggunakan metode Realistic Mathematics Education (RME) dan Untuk mengetahui pengaruh pengunaan metode RME terhadap hasil belajar. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian. Pada desain ini melibatkan dua kelompok, akan tetapi pengukuran atau observasi dilakukan dua kali, pre-test dan post-test. Pada penelitian ini menggunakan 2 sampel adalah seluruh siswa kelas VII C dengan jumlah 27 siswa dan kelas VII D dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan perhitungan statistik. Uji statistik yang digunakan yaitu Uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan dengan uji T diperoleh nilai t hitung (t stat) > t tabel (t critical two tail) 6,590 > 2,059 adalah maka H_0 ditolak, dapat dikatakan bahwa ada perbedaan siswa sebelum dan sesudah menerima perlakuan kegiatan Kegiatan pembelajaran dengan model RME dilihat hasil hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar

References

Alwi, H. (2007). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: balai pustaka.

Arikunto, S. (2010). Metode penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Arrinda, A. (2020). Keefektifan E-Library Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah. Madiun: Program Studi Sekolah Dasar

Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian. In Binus. www.mitrawacanamedia.com

Bonk, C. J., & Graham, C. R. (2012). The handbook of blended learning: Global perspectives, local designs. John Wiley & Sons. Disampaikan Pada Kegiatan Pelatihan Metodologi Penelitian Pendidikan, Mp. (2013). Penelitian Ex Post Facto. 1–8.

Harefa, D., Gee, E., Ndruru, M., Sarumaha, M., Ndraha, L. D. M., Ndruru, K., & Telaumbanua, T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 13. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.6602

Husamah, H. (2014). Pembelajaran bauran (Blended learning). Research Report.

Lumbanraja, L. H., & Daulay, S. (2018). Analisis Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda Pada Butir Tes Soal Ujian Tengah Semester Bahasa Indonesia Kelas Xii Sma Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Kode: Jurnal Bahasa, 6(1), 15–24. https://doi.org/10.24114/kjb.v6i1.10814

McGrath, V. (2013). The Handbook of Blended Learning: Global Perspectives, Local Designs Memorial. Canadian Journal of University Continuing Education, 33(1). https://doi.org/10.21225/d51g6h

Nurcahyo, B., & Riskayanto, R. (2018). Analisis Dampak Penciptaan Brand Image Dan Aktivitas Word of Mouth (Wom) Pada Penguatan Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(1), 14. https://doi.org/10.29407/nusamba.v3i1.12026

Pratiwi, R. A. (2019). Penerapan metode Discovery dan diskusi selama pembelajaran online. Universitas Riau, 1–8.

Widyanti, R. (2019). ( Teori Dan Konsep ) Jilid 1 Editor : Model Model Pembelajaran Tatap Muka, 1–137.

Yunarti, N., & Kuswendi, U. (2021). Pembelajaran Membaca Nyaring Pada Siswa SD Kelas III Melalui Metode Cooperative Script. Of Elementary Education, 04(03), 445–451.

Widarto (2013). Penelitian Ex Post Facto. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sujud, A. (1989). Matra Fungsional administrasi pendidikan. Yogyakarta: Purbasari.

Winardi, J., Nurkolis, N., & Yuliejantiningsih, Y. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Sekolah Efektif pada SMP Negeri Rayon Patebon Kabupaten KendaL. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 6(2).

Juana, M., & Nursafitri, L. (2022). Proses Pembelajaran Tatap Muka Di Tengah Wabah Covid-19 Di Mts Al-Iman Way Jepara. JPPG: Jurnal Pengembangan Profesi Guru, 1(1), 1-23.

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Sippa Fauzia, Anwas Mashuri, & Budi Sasomo. (2023). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JURNAL JENDELA MATEMATIKA, 1(2), 50–56. Retrieved from https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/561