Eksperimentasi Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Terhadap Pemahaman Konsep Matematika

indonesia

Authors

  • Junita Ulfa Munah Wati STKIP Modern Ngawi
  • Anwas Mashuri STKIP Modern Ngawi
  • Arum Dwi Rahmawati STKIP Modern Ngawi

Keywords:

Model Pembelajaran AIR, Pemahaman Konsep

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemahaman konsep pada pelajaran matematika siswa kelas X SMKN 1 Gerih dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR). Penelitian ini dilakukan menggunakan desain penelitian true experimental design dengan bentuk pretest-posttest control grup design. Penelitian yang peneliti teliti terdiri dari dua kelompok yang memiliki distribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis yang digunakan yaitu uji-t tidak berpasangan (independent). Kesimpulan dari hasil penelitian diantaranya yaitu (1) diperoleh perbedaan dan peningkatan pemahaman konsep matematika menggunakan model pembelajaran AIR dengan rerata 76,931 dan model pembelajaran konvensional mendapat rerata 69,793. (2) penerapan model pembelajaran AIR lebih baik terlihat dari (3) respon siswa positif dan kebanyakan setuju terhadap penerapan model pembelajaran AIR.

References

ainun. (2020). Pengertian Pendidikan: Fungsi, Jenis, Tujuan Pendidikan (Ahli & Umum). Salamadian.

Derawi, D., Suaedi, & Ilyas, M. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran. 6, 163–175.

Ernawati, E. (2020). Deskripsi Pemahaman Konsep Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Integral. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 42–57. Https://Doi.Org/10.30605/Pedagogy.V5i1.271

Kholidah, I. R., & Sujadi, A. A. (2017). 230378302. 12–13.

Mustamin, S. H., & Kusumayanti, A. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Pada Siswa. Alauddin Journal Of Mathematics Education, 1(2), 90. Https://Doi.Org/10.24252/Ajme.V1i2.10967

Mz, Z. A. (2013). Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 15. Https://Doi.Org/10.24014/Marwah.V12i1.511

Nur Choiro Siregari. (2016). Bangun Ruang Sisi Datar. 1, 118–127.

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. Https://Doi.Org/10.24256/Jpmipa.V1i2.88

Rahmat, F. L. A., Suwatno, S., & Rasto, R. (2018). Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Teams Games Tournament (Tgt): Meta Analisis. Jurnal Manajerial, 17(2), 239. Https://Doi.Org/10.17509/Manajerial.V17i2.11783

Ramdani, R., Firdaus, A. M., Muzaini, M., Makassar, U. M., Palopo, U. C., Matematika, P., & Pendahuluan, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Elpsa ( Experiences , Language , Pictures , Symbols , And Application ) Terhadap Pembelajaran Matematika Siswa. 5(20), 27–37.

Sarniah, S., Anwar, C., & Putra, R. W. Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Journal Of Medives : Journal Of Mathematics Education Ikip Veteran Semarang, 3(1), 87. Https://Doi.Org/10.31331/Medivesveteran.V3i1.709

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Ke-28). Alfabeta, Cv.

Sugiyono. (2021). Statistika Untuk Penelitian (Ke-31). Alfabeta.Cv.

Wedan, M. (2016). Pengertian Pendidikan Dan Tujuan Pendidikan Secara Umum. Silabus.

Yuandari, E., & Rahman, A. T. (2017). Metodologi Penelitian Dan Statistik (ke-1). In Media.

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Junita Ulfa Munah Wati, Anwas Mashuri, & Arum Dwi Rahmawati. (2023). Eksperimentasi Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Terhadap Pemahaman Konsep Matematika: indonesia. JURNAL JENDELA MATEMATIKA, 1(2), 77–85. Retrieved from https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/565