Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa

Authors

  • Srimurni STKIP Modern Ngawi
  • Anwas Mashuri STKIP Modern Ngawi
  • Budi Sasomo STKIP Modern Ngawi

Keywords:

pemecahan masalah, gaya kognitif field independent, gaya kognitif field dependent

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Penelitian dilakukan di smp Negeri 4 Widodaren. Penentuan subjek penelitian menggunakan instrumen tes gaya kognitif yaitu Group Embedded Figure (GEFT). Subjek dalam penelitian ini adalah 4 siswa yang diambil dari kelas VIII B yaitu 2 siswa dengan gaya kognitif field independent dan 2 siswa dengan gaya kognitif field dependent. Dalam penelitian ini menggunakan 4 tahapan Polya. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah subjek field independent berada pada kategori baik. Subjek field independent mampu pada 4 tahap pemecahan masalah menurut Polya. Sedangkan subjek field dependent berada pada kategori cukup. Subjek field dependent hanya mampu pada tahap memahami masalah

References

Al-Salameh, E. M. (2011). A Study of Al-Balqa’ Applied University Students Cognitive Style. International Education Studies, 4(3), 189–193. https://doi.org/10.5539/ies.v4n3p189

Asdar, S. A. A. R. (2015). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dan Efikasi Diri Pada Siswa Kelas Viii Unggulan Smpn 1 Watampone. Jurnal Daya Matematis, 3(1), 20. https://doi.org/10.26858/jds.v3i1.1313

Husna, E, F., Dwina, F., & Murni, D. (2014). Penerapan Strategi REACT dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Batang Anai. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).

Khoiriyah, M. (2018). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematic Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Sma Negeri 1 Angkola Selatan. Mathematic Education Journal)MathEdu, 1(2), 54. http://journal.ipts.ac.id/index.php/

Masfingatin, T. (2014). Proses Berpikir Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Teori Van Hiele. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(1), 144–149. https://doi.org/10.25273/jipm.v3i1.496

Nasution, muhammad isa ansai. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Pada Peserta Didik Kelas Ix Smp Negeri 2 Kuala.

Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 139–148. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano%0AProfil

Prabawa, E. A. dan Z. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa pada Model Project Based Learning Bernuansa Etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Eduction Research, 6(1), 120–129.

Ramadhani, V. D., Roebyanto, G., & Umayaroh, S. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V pada Materi Geometri Ditinjau dari Gaya Kognitif. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(2), 80–90. https://doi.org/10.17977/um009v28i22019p080

Reno, P., Geni, L., & Hidayah, I. (2017). Unnes Journal of Mathematics Education Research Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Abstrak. 6(1), 11–17.

Siahaan, E. M., Dewi, S., & Said, H. B. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent Pada Pokok Bahasan Trigonometri Kelas X Sma N 1 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 100. https://doi.org/10.33087/phi.v2i2.37

Sukrening, E., Lambertus, Kodirun, & Busnawir. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 5(1), 1–12.

Tambychik, T., & Meerah, T. S. M. (2010). Students’ difficulties in mathematics problem-solving: What do they say? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.020

Vendiagrys, L., & Junaedi, I. (2015). Unnes Journal of Mathematics Education Research SETIPE TIMSS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Abstrak. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(1), 34–41.

Wulan, E. R., & Anggraini, R. E. (2019). Gaya Kognitif Field-Dependent dan Field-Independent sebagai Jendela Profil Pemecahan Masalah Polya dari Siswa SMP. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(2), 123–142. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i2.1503

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Srimurni, Anwas Mashuri, & Budi Sasomo. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa . JURNAL JENDELA MATEMATIKA, 1(2), 43–49. Retrieved from https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/560