Analisis kemampuan berpikir aljabar siswa ditinjau dari Adversity Quotien (AQ) di Kelas VIII SMPN 2 Jogorogo Tahun 2023
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjm.v2i01.681Keywords:
Adversity Quetiont, Kemampuan Berpikir, AljabarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyeselesaikan permasalahan yang terkait dengan aljabar berdasarkan Adversity Quetiont (AQ) yang dimiliki. Penelitian dilaksanakan di Kelas VIII SMPN 2 Jogorogo. Penentuan subyek penelitian dilakukan menggunakan Adversity Response Profile guna menentukan tipe AQ. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 siswa meliputi 2 siswa quitters, 2 siswa campers dan 1 siswa climbers. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan trianggulasi metode. Teknik analisis yaitu model Milles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) Tipe quitters, memenuhi 1 indikator kemampuan berpikir aljabar. Siswa mampu menjelaskan hasil penyelesaiannya meskipun hasil tidak benar. (2) Tipe campers memenuhi 4 indikator kemampuan berpikir aljabar. Siswa dapat mengidentifikasi masalah dengan baik, dapat mengubah masalah menjadi model matematika, meringkas dan menjelaskan karyanya. (3) Tipe climbers memenuhi 5 indikator kemampuan berpikir aljabar. Siswa dapat mengidentifikasi masalah pada soal dan ditanyakan dengan jawaban tepat, siswa mengubah soal menjadi model matematika dengan baik, siswa dapat merangkum dan menjelaskan pekerjaannya dan mencari alternatif pemecahan masalah.
References
Amalliyah, N., Wardono, W., & Mulyono, M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Visual Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i2.3335
Faranita, S., Kadir, & Sudia, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP yang Bergaya Kognitif Impulsif – Reflektif Ditinjau dari Gender. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 3(1), 49–60.
Iskandar, R. S. F., & Novitasari, D. (2015). Pengaruh Adversity Quotient terhadap Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Analisis Real. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 439–444.
Istikomah, Astuti, E. P., & Kurniawan, H. (2020). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Climber dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 6(2), 96. https://doi.org/10.30595/alphamath.v6i2.8117
Juwana, I. D. P., & Sastra Wiguna, D. G. . (2019). Determinasi Konsep Diri dan Ketahanmalangan ( Adversity Quotient ) terhadap Kreativitas Mahasiswa Jurusan S1 Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bali. Emasains, VIII(2), 112–121. http://repository.uin-suska.ac.id/20488/7/7. 2018205TMPI_BAB II.pdf
Rahmawati, R. (2020). Analisis Adversity Quotient Mahasiswa Pgmi dalam Mengatasi Masalah. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(2), 99. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i2.3122
Rumarubun, W. O. H. (2021). ANALISIS PROSES BERPIKIR ALJABAR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH SOAL CERITA DI KELAS VIII MTS HASYIM ASY’ARI AMBON. IAIN Ambon.
Sanit, I. N., Subanji, S., & Sulandra, I. M. (2019). Profil Penalaran Aljabaris Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(9), 1213. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i9.12711
Utama, I. K. A. B., & Surya, I. B. K. (2019). Pengaruh Religiusitas, Adversity Quotientdan Lingkungan Kerja Non Fisik Terhadap Stres Kerja. E-Jurnal Manajemen, 8(5), 3138–3165.