https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/issue/feed JURNAL JENDELA MATEMATIKA 2025-07-22T11:09:03+07:00 Heri Cahyono hericahyono@live.com Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Jendela Matematika</strong> dengan <a href="https://portal.issn.org/custom-search/print/2985-9875/public"><strong>ISSN 2985-9875</strong></a> (online) dan <a href="https://portal.issn.org/custom-search/print/2986-7134/public"><strong>2986-7134</strong></a> (cetak) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh <a href="https://www.jendelaedukasi.id/"><strong>CV. Jendela Edukasi Indonesia</strong></a> dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang matematika, pendidikan matematika, statistika, pengembangan pembelajaran matematika, dan media pembelajaran matematika. Jurnal Jendela Matematika terbit 2 kali dalam satu tahun yaitu bulan <strong>Januari dan Juli. </strong>Kami mengundang peneliti, praktisi, dosen, guru, serta mahasiswa untuk mempublikasikan hasil penelitian yang telah dilakukan sebagai upaya pengembangan pendidikan dan penelitian di Indonesia. Dalam upaya menjaga kualitas artikel di Jurnal Jendela Matematika, kami mengambil pakar-pakar peneliti bidang Matematika dan Pendidikan Matematika untuk menjadi reviewer serta menggunakan software plagiarisme artikel.</p> https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/1314 Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Bentuk Geometri 2025-04-11T22:23:26+07:00 Nabila Nurhaliza Ali nabilanurhaliza97@gmail.com Fitri Astuty fitriastuty02@gmail.com Nina Herningsih ninaherningsih@gmail.com Ayi Nida Nursaidah ayinidanursyaidahn@gmail.com <p>Penggunaan media pembelajaran memiliki peran penting dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik, sehingga diharapkan dapat meningkatkan motivasi serta hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran dalam mengidentifikasi bentuk geometri pada peserta didik kelas 3 SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan <em>one group pretest-posttest design</em>. Pada desain ini terdapat pre-test sebelum diberikan perlakuan dan post-test setelah diberikan perlakukan. Penelitian dilaksanakan pada November 2024 di salah satu sekolah di Kabupaten Ciamis dengan subjek 15 peserta didik kelas 3 SD. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes identifikasi bentuk geometri berdasarkan indikator dalam Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan geoboard efektif dalam meningkatkan kemampuan peserta didik. Uji statistik t menghasilkan nilai p sebesar 0.000 (p &lt; 0.005), yang menunjukkan perbedaan signifikan sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran.</p> 2025-07-20T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA MATEMATIKA https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/1408 Eksplorasi Etnomatematika Pada Bangunan Masjid Al-Karomah Syekh Syarief Abdurrahman 2025-05-14T11:29:21+07:00 Dendi Aditama dendiaditama8@gmail.com Jajang Rahmatudin jajang@umc.ac.id Arwanto Arwanto adearwan49@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi konsep etnomatematika pada bangunan Masjid Al-Karomah Syekh Syarief Abdurrahman di Cirebon, Jawa Barat. Masjid ini tidak hanya memiliki nilai spiritual tinggi, tetapi juga mencerminkan kekayaan budaya dan pengetahuan lokal yang diwariskan turun-temurun. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung, wawancara dengan juru kunci masjid, dokumentasi foto, dan catatan lapangan. Tujuan utama penelitian ini adalah mengungkap penerapan unsur-unsur matematika dalam struktur arsitektur masjid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep matematika diterapkan secara alami dalam berbagai elemen bangunan. Konsep geometri tampak pada bentuk bangun datar dan ruang, seperti pola lantai persegi panjang, kubah setengah bola, dan ornamen ukiran yang menunjukkan prinsip simetri. Transformasi geometri seperti refleksi, rotasi, dan translasi juga tampak dalam susunan dan pola hiasan di bagian dalam maupun luar masjid. Selain itu, konsep rasio dan proporsi pada perancangan menunjukkan adanya pemahaman mendalam masyarakat terhadap estetika dan keseimbangan matematis. Masjid ini menjadi contoh nyata integrasi antara nilai religius, budaya, dan ilmu matematika dalam bentuk arsitektur.</p> 2025-07-20T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA MATEMATIKA https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/1444 Implementasi Motion Graphic Sebagai Media Edukasi Pembelajaran Matematika 2025-05-25T20:56:55+07:00 Wisnugroho Wicaksono Tobias wisnugrohotobi25@gmail.com Gendhy Dwi Harlyan Gendhy-Dwi--Harlyan@gmail.com <p>Matematika adalah mata pelajaran yang membutuhkan strategi khusus untuk membuat siswa tertarik dan memahaminya. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu guru dalam proses belajar mengajar dan menguji kinerja <em>motion graphic</em> sebagai media pembelajaran dengan menggunakan desain satu <em>group pre-test-post-test. </em>Penelitian ini melibatkan 35 siswa kelas 10 dari SMA Kristen Immanuel di Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam. <em>Motion graphic </em>dapat membantu siswa belajar <em>trigonometri.</em> Studi ini menggunakan villamil molina yang terdiri dari 5 tahapan produksi dimulai dari tahapan <em>development, pra-produksi, produksi, post-produksi dan delivery</em>. Motion graphic sebagai media pembelajaran sangat efektif ketika digunakan dengan media eksperimental. H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil daftar distribusi t dengan taraf sifikansi pada 0.05 dan db = 35-1. Nilai t tabel adalah 2.03, dan nilai t hitung adalah 8,99 lebih besar dari t tabel. Oleh karena itu, hipotesis menunjukkan bahwa cara siswa memahami Trigonometri setelah melihat video <em>motion graphic </em>berubah.</p> 2025-07-20T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA MATEMATIKA https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/1518 Penerapan Media Wordwall Terhadap Minat Literasi dan Motivasi Belajar Siswa SMP Pada Materi Himpunan 2025-06-10T10:13:00+07:00 Nabil Rullah mr.rullah1011@gmail.com Yuli Fitrianti yulifitrianti_uin@radenfatah.ac.id Arvin Efriani arvinefriani_uin@radenfatah.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran berbasis Wordwall tehadap minat literasi dan motivasi belajar siswa SMP dalam mata pelajaran matematika pada materi himpunan. Penelitian yang di gunakan merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas VIII.5 SMP 40 PALEMBANG. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif guna melihat minat siswa dalam literasi matematika dan motivasi belajar mereka. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa minat literasi 86% dan motivasi belajar siswa 84% pada pembelajaran matematika menggunakan media Wordwall terkategori sangat baik.</p> 2025-07-20T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA MATEMATIKA https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/1607 Analisis Kestabilan Model Diskrit Predator Prey Leslie-Gower dengan Pemberian Racun pada Predator 2025-07-02T21:14:43+07:00 Leidi Sigar einsigar03@gmail.com Nurainsyah Mohamad Nurainsyah90Mohamadiiu@gmail.com Nur Miftah Muhammad Nur-Miftah-Muhammad8867@gmail.com Verawati Moha Verawati-Mohau876787@gmail.com Nunung Usman Nunung90Usman88@gmail.com <p>Penelitian ini membahas tentang model <em>predator-prey</em> dengan asumsi pemberian racun pada <em>predator</em>. Penelitian ini bertujuan untuk memodifikasi model kontinu yang telah dikembangkan dalam penelitian sebelumnya dengan melakukan proses nondimensionalisasi, mendiskritisasi model tersebut, menganalisis kestabilan titik-titik kesetimbangan pada model diskrit yang dihasilkan, serta melakukan simulasi numerik untuk memvisualisasikan dinamika sistem dan memverifikasi hasil analisis kestabilan secara teoretis. Hasil penelitian mengungkapkan adanya dua titik kesetimbangan, di mana kestabilan masing-masing titik bergantung pada kondisi tertentu.</p> 2025-07-20T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA MATEMATIKA https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/1628 Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Aljabar Linear Mahasiswa 2025-07-02T21:47:57+07:00 Lina Rumiati linarumiati@stkipmodernngawi.ac.id Pratiwi Novitasari Pratiwi-Novitasari-78@gmail.com <p>Salah satu mata kuliah dasar di Program Studi Pendidikan Matematika adalah Aljabar Linear. Mata kuliah Aljabar Linear membutuhkan pemahaman matematis yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Pemahaman matematis merupakan dasar esensial yang digunakan dalam proses berpikir untuk menyelesaikan permasalahan matematika. Oleh karena itu, dalam pembelajaran aljabar, diperlukan baik pemahaman matematis agar mahasiswa mampu menyelesaikan persoalan aljabar secara tepat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan matematis mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal Aljabar Linear yang telah diberikan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan matematis mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan pada materi Aljabar Linear. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes pemahaman matematis berdasarkan indikator yang telah ditentukan serta wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman matematis mahasiswa dalam mata kuliah Aljabar Linear, khususnya pada materi determinan matriks, menunjukkan distribusi sebagai berikut 2 mahasiswa memperoleh skor kurang dari atau sama dengan 60, sebanyak 4 mahasiswa memperoleh skor antara 61 hingga 70, sebanyak 10 mahasiswa berada pada rentang skor 71 hingga 80, kemudian 2 mahasiswa memperoleh skor antara 81 hingga 90, dan 1 mahasiswa memperoleh skor di atas 90.</p> 2025-07-20T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA MATEMATIKA https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/1634 Prediksi Rata-Rata Harga Emas 24 Karat Di Kota Medan Dengan Metode Arima 2025-07-03T21:07:45+07:00 Wenni Marlina Wenni-Marlina788@gmail.com Raisha zuhiara Dongoran raisha0703212064@uinsu.ac.id Tri Kinanti Tri-Kinanti---@yahoo.com Iren Salsalina Br Ginting Iren-Salsalina-Br-Ginting@gmail.com Rina Widyasari Rina-Widyasari888@gmail.com <p>Fluktuasi harga emas yang dipengaruhi oleh berbagai faktor ekonomi global dan domestik mendorong pentingnya prediksi harga yang akurat sebagai dasar pengambilan keputusan investasi. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan dan memprediksi harga emas 24 karat di Kota Medan dengan menggunakan metode Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA). Data yang digunakan merupakan data sekunder bulanan dari Januari 2020 hingga Desember 2023 yang diperoleh dari BPS Kota Medan. Melalui tahapan identifikasi stasioneritas, estimasi parameter, dan uji diagnostik model, ditemukan bahwa model terbaik adalah ARIMA (1,2,1). Model ini menunjukkan nilai Mean Absolute Percentage Error (MAPE) sebesar 9,13%, yang mengindikasikan tingkat akurasi prediksi yang sangat baik. Hasil prediksi menunjukkan tren kenaikan harga emas sepanjang tahun 2024, dengan nilai tertinggi mencapai Rp1.109.817 pada bulan Desember. Temuan ini diharapkan dapat memberikan informasi strategis bagi masyarakat dan investor dalam merencanakan investasi emas yang lebih bijak.</p> 2025-07-20T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA MATEMATIKA https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/1649 Penerapan RMS dengan Aplikasi Mindomo: Dampaknya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Analitis Matematis Peserta Didik 2025-07-06T16:54:29+07:00 Ruruh Rachmawati rachmaruruh@gmail.com Bambang Sri Anggoro Bambang-Sri-Anggoro9878@gmail.com Siska Andriani Siska-Andriani886@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak model pembelajaran RMS mindomo application terhadap kemampuan berpikir kritis dan analitis matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experiment Design dengan rancangan penelitian faktorial 2 × 3. Sampel dalam penelitian ini adalah Peserta didik kelas VIII C, VIII D dan VIII F MTS Al-Hikmah Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling yaitu pengambilan sampel dari populasi secara acak atau dengan undian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian eksperimen Quasy Eksperimental Design yaitu dengan memberi tiga perlakuan berbeda terhadap tiga kelas. Sebelum menguji hipotesis penelitian, uji normalitas dilakukan. Dalam penelitian ini Multivariate Analysis of Variance (Manova) digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil pengujian hipotesis memiliki tingkat signifikansi &lt; 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada kemampuan berpikir kritis dan kemampuan analitis matematis. Hasil pengujian hipotesis diperoleh signifikansi &lt; 0.05 yang menunjukan bahwa terdapat dampak pada kemampuan berpikir kritis dan analitis matematis yang diberikan model RMS minomo application daripada pembelajaran RMS dan pembelajaran ekspositori. Oleh karena itu, terdapat dampak model pembelajaran RMS mindomo application terhadap kemampuan berpikir kritis dan analitis matematis pada peserta didik kelas VIII MTS Al-Hikmah Bandar Lampung.</p> 2025-07-20T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA MATEMATIKA https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/1663 Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas X di SMK Negeri 4 Tangerang 2025-07-15T20:12:23+07:00 Ruruh Rachmawati rachmaruruh@gmail.com Rina Nurmaladewi Rina-Nurmaladewi676@gmail.com Fitroh Handayani Fitroh--Handayani7766@gmail.com Huri Suhendri Huri-Suhendri-9977@gmail.com Siska Andriani Siska--Andriani654@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kesulitan belajar matematika dari dua perspektif, yaitu guru dan siswa, di kelas X Teknik Mesin dan X Desain Gambar Mesin SMK Negeri 4 Tangerang. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan campuran (mixed methods). Data kuantitatif diperoleh dari hasil Ujian Akhir Semester (UAS) matematika, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui wawancara terhadap dua guru matematika dan lima siswa dari masing-masing kelas. Hasil wawancara siswa menunjukkan bahwa meskipun metode pengajaran guru sudah bervariasi dan menggunakan media pembelajaran digital, sebagian siswa masih mengalami kesulitan terutama pada materi yang abstrak dan kompleks. Guru memberikan perhatian individual dan metode remedial untuk membantu siswa yang kesulitan, namun masih menghadapi tantangan motivasi belajar dan kemampuan dasar berhitung siswa yang rendah. Data nilai UAS menunjukkan bahwa mayoritas siswa memperoleh nilai pada rentang 55–74 dengan rata-rata 61, mengindikasikan kemampuan matematika yang sedang dengan variasi cukup besar antar siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan pembelajaran matematika sangat dipengaruhi oleh kombinasi metode pengajaran yang adaptif, penggunaan media yang tepat, dan peran aktif guru dalam memahami karakteristik siswa. Rekomendasi diberikan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru serta mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih kreatif dan kontekstual.</p> 2025-07-20T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA MATEMATIKA https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/1673 Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau Dari Gaya Belajar 2025-07-15T20:50:12+07:00 Fitri Nur Hamidah fitrinrhaa@gmail.com Siti Inganah Siti-Inganah---@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal matematika kontekstual ditinjau dari gaya belajar VARK (Visual, Audio, Read/Write, dan Kinestetik). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 2 Batu. Subjek penelitian adalah empat siswa kelas VIII yang masing-masing mewakili satu gaya belajar berbeda. Penelitian ini menggunakan kuisioner gaya belajar, pedoman wawancara, dan dua soal matematika kontekstual. Soal kontekstual disusun berdasarkan indikator berpikir kreatif menurut Torrance (1996), yaitu kelancaran, kebaruan, fleksibilitas, dan elaborasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa gaya belajar yang berbeda memiliki kecenderungan tertentu untuk menampilkan elemen berpikir kreatif. Siswa dengan gaya belajar visual menunjukkan elaborasi dan fleksibilitas, siswa dengan gaya belajar Audio menunjukkan kelancaran, siswa dengan gaya belajar membaca dan menulis menonjol dalam kelengkapan penjabaran, dan siswa dengan gaya belajar kinestetik menunjukkan kebaruan dan keaktifan dalam menyelesaikan soal. Hasil ini menunjukkan bahwa gaya belajar memengaruhi cara siswa berpikir kreatif saat menyelesaikan masalah matematika kontekstual. Oleh karena itu, memahami gaya belajar siswa dapat digunakan sebagai dasar untuk membuat strategi pembelajaran yang membantu siswa mengembangkan kreativitas matematis.</p> 2025-07-20T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA MATEMATIKA https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/1662 Pengaruh Pembelajaran Think Pair Share pada Materi Analisis Variansi 2025-07-17T15:13:28+07:00 Rengga Mahendra renggamahendra7@gmail.com Aldila Candra Kusumaningrum aldila.candra18@gmail.com <p>Analisis variansi merupakan salah satu materi yang ada pada mata kuliah statistik dasar dan dianggap sulit bagi mahasiswa. Hal ini terlihat dari sangat minimnya mahasiswa yang menggunakan analisis variansi sebagai teknik analisis data penelitiannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan <em>Think Pair Share</em> pada materi analisis variansi. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen yang menggunakan dua kelas jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam yang dipilih dengan teknik <em>simple random sampling</em>. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa <em>Think Pair Share</em> dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi analisis variansi secara signifikan. Hal ini dikarenakan mahasiswa yang dikenai pembelajaran <em>Think Pair Share</em> terbiasa aktif dalam mengkonstruksi pengetahuan untuk memahami konsep yang dipelajari dan juga aktif dalam presentasi. Maka dari itu, model pembelajaran <em>Think Pair Share</em> cocok diterapkan dalam perkuliahan, khususnya pada pembahasan materi analisis variansi. Lebih lanjut, dampaknya dapat meningkatkan persentase mahasiswa jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam yang menggunakan analisis variansi sebagai teknik analisis data dalam penelitiannya.</p> 2025-07-20T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA MATEMATIKA https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/1706 Analisis Diskriminan untuk Mengetahui Faktor yang Mempengaruhi Pilihan Peminatan pada Program Studi Matematika Di UINSU 2025-07-22T11:09:03+07:00 Nur Cellia Clara cellia0703212074@uinsu.ac.id Hani Maulida Hasibuan Hani-Maulida99asibuan888@gmail.com Afrila Ayunda Afrila--Ayunda999@gmail.com Sabila Khairani Sabila-Khairani---@gmail.com Hendra Cipta hendracipta@uinsu.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pemilihan peminatan mahasiswa pada Program Studi Matematika di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU). Terdapat dua peminatan yang ditawarkan, yaitu Statistika dan Operasi Riset. Data diperoleh dari 84 mahasiswa yang terbagi dalam dua kelompok peminatan, dan dianalisis menggunakan metode analisis diskriminan. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel minat dan bakat serta peluang kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan peminatan, sedangkan lingkungan sosial tidak memberikan pengaruh yang berarti. Fungsi diskriminan yang dibentuk mampu mengklasifikasikan peminatan mahasiswa dengan tingkat akurasi sebesar 76,2%. Temuan ini menekankan pentingnya pengenalan minat pribadi dan prospek karier dalam proses bimbingan akademik mahasiswa.</p> 2025-07-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA MATEMATIKA