https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/issue/feed JURNAL JENDELA MATEMATIKA 2023-02-25T14:37:03+00:00 Heri Cahyono hericahyono@live.com Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Jendela Matematika</strong> dengan <strong>ISSN 2985-9875</strong> (online) dan <strong>2986-7134</strong> (cetak) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh <a href="https://www.jendelaedukasi.id/"><strong>CV. Jendela Edukasi Indonesia</strong></a> dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang matematika, pendidikan matematika, statistika, pengembangan pembelajaran matematika, dan media pembelajaran matematika. Jurnal Jendela Matematika terbit 2 kali dalam satu tahun yaitu bulan <strong>Januari dan Juli. </strong>Kami mengundang peneliti, praktisi, dosen, guru, serta mahasiswa untuk mempublikasikan hasil penelitian yang telah dilakukan sebagai upaya pengembangan pendidikan dan penelitian di Indonesia. Dalam upaya menjaga kualitas artikel di Jurnal Jendela Matematika, kami mengambil pakar-pakar peneliti bidang Matematika dan Pendidikan Matematika untuk menjadi reviewer serta menggunakan software plagiarisme artikel.</p> https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/395 Pendekatan Open-Ended Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar 2023-01-27T15:55:51+00:00 Oki Ribut Yuda Pradana okirbt@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan Open-Ended dalam pembelajaran matematika siswa sekolah dasar mampu meningkatkan prestasi belajar pada materi bangun ruang. Populasi berjumlah 50 dan sampel dua kelas dengan jumlah masing-masing 25 siswa. Instrumen penelitian adalah soal pilian ganda yang sudah dilakukan uji keabsahan dan kelayakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Anava satu jalan sel sama. Hasil menunjukkan tidak ada perbedaan antara kedua model pembelajaran. Hal ini dilihat berdasarkan nilai F hitung &gt; F tabel sebesar 4.45 &gt; 4.03. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima. Artinya pendekatan Open-Ended dalam pembelajaran matematika siswa sekolah dasar mampu meningkatkan prestasi belajar. Sehingga, pembelajaran dengan pendekatan Open Ended lebih baik dari pembelajaran konvensional. Penelitian serupa sangat dibutuhkan untuk perkembangan pembelajaran di Indonesia.</p> 2023-02-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA MATEMATIKA https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/398 Model Pembelajaran Audio-Visual untuk Menumbuhkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IX di MTs Darul Hikmah Ngompak 2023-01-27T15:54:55+00:00 Heri Cahyono hericahyono@live.com <p>Guru sebagai ujung tombak keberhasilan pendidikan, harus berperan aktif untuk menstimulus siswa pada proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran menarik sesuai perkembangan IPTEK. Disamping itu juga guru bertujuan untuk merangsang siswa fokus terhadap bahan pelajaran yang disampaikandan disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada. Dalam menyampaikan materi, guru diupayakan untuk menguasai berbagai macam strategi/model pembelajaran untuk menumbuhkan minat belajar siswa agar terhindar dari rasa bosan dan jenuh saat mengikuti proses belajar mengajar. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas IX MTs Darul Hikmah Ngompak dengan jumlah responden 8 orang. Permasalahan dalam penelitian adalah bagaimana pemanfaatan model pembelajaran Audio-Visual&nbsp; siswa Kelas IX di MTs Darul Hikmah Ngompak serta pengaruh model pembelajaran Audio-Visual untuk menumbuhkan minat belajar siswa Kelas IX di MTs Darul Hikmah Ngompak. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu dengan menggunakan metode observasi dan wawancara yang dilakukan kepada guru&nbsp; serta metode kuesioner melalui google form yang diberikan kepada siswa untuk mengetahui hasil dari penerapan model pembelajaran Audio-Visual. Hasil survey peneliti menunjukkan bahwa 63% dari 8 responden yang setuju untuk dilaksanakan model pembelajaran Audio-Visual dan 12 % dari 8 responden yang sangat setuju dengan penerapan model pembelajaran Audio-Visual untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Kelas IX di MTs Darul Hikmah Ngompak.</p> 2023-01-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA MATEMATIKA https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/403 Metode Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Operasi Hitung Bilangan Cacah Di SD Negeri 71 Lubuklinggau 2023-01-31T10:39:21+00:00 Budi Sasomo sasomo77@gmail.com Robiyana Robiyana Robiyana7762776@yahoo.com <p>Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan materi Operasi Hitung Bilangan di kelas IV SD Negeri 71 Kota Lubuklinggau. Kajian ini diharapkan dapat lebih mengembangkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika materi Operasi Hitung Bilangan di kelas IV SD Negeri 71 Lubuklinggau dengan menerapkan metode pembelajaran Snowball Throwing. Metodologi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diselesaikan dalam 2 siklus pembelajaran dengan perulangan 2 kegiatan di setiap siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, instrumen tes dan dokumentasi. Data hasil penelitian yang telah diolah dan dianalisis diperoleh menunjukkan bahwa efek samping pembelajaran siswa pada pembelajaran Matematika materi Operasi Hitung Bilangan dengan diterapkannya metode pembelajaran Snowball Throwing di kelas IV SD Negeri 71 Lubuklinggau telah mengalami peningkatan terbukti diperoleh data dari hasil pembelajaran siklus I siswa mendapat nilai ≥65 ke atas (KKM)= 9 orang atau 45% dengan nilai rata-rata 61. Sedangkan hasil pembelajaran siklus II siswa yang mendapat nilai ≥65 (KKM)=19 orang atau 95% dengan nilai rat-rata 92. Data tersebut menunjukkan bahwa pemanfaatan metode pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa.</p> 2023-02-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA MATEMATIKA https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/394 Model Pembelajaran Student Teams Archivement Divisions (STAD) Berbasis Media Power Point dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa 2023-01-27T15:56:20+00:00 Oki Ribut Yuda Pradana okirbt@gmail.com Heri Cahyono omcahyo899@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kolaboratif tipe <em>Student Teams Archivement Divisions</em> (STAD) berbasis media PowerPoint dalam rangka meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Populasi berjumlah 162 dan sampel dua kelas dengan jumlah 64 siswa. Instrumen penelitian adalah soal pilian ganda yang sudah dilakukan uji keabsahan dan kelayakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Anava satu jalan sel sama. Hasil menunjukkan tidak ada perbedaan antara kedua model pembelajaran. Hal ini dilihat berdasarkan nilai F hitung &lt; F tabel sebesar 0,08&lt; 3,99. Hal ini menunjukkan bahwa Ho diterima, Penelitian serupa sangat dibutuhkan untuk perkembangan pembelajaran di Indonesia.</p> 2023-02-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA MATEMATIKA https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/407 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Siswa Kelas III SD 2023-02-01T22:21:21+00:00 Putri Meribet Puspita Ningrum putrimeribet6@gmail.com <p>Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 2 Bogem melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division (STAD). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Bogem sebanyak 30 orang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 14 orang perempuan dengan tingkat kemampuan heterogen. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah lembar pengamatan dan tes hasil belajar matematika. Tindakan dikatakan berhasil jika jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat pada ulangan harian I dan ulangan harian II. Dari analisis kualitatif deskriptif naratif terlihat bahwa terjadi perbaikan proses pembelajaran dari sebelum tindakan ke siklus I siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM dari skor dasar dengan persentase 59,17%, ulangan harian I dengan persentase 66,9%, dan ulangan harian II dengan persentase 74,13%. berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan penerapan pembelajaran kooperati tipe Student Team Achievment Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 2 Bogem pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021.</p> 2023-02-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA MATEMATIKA https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/424 Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar 2023-02-25T14:37:03+00:00 Nur Rokhima nurrokhima@unimudasorong.ac.id Dwi Pamungkas dwipamungkas1@gmail.com <p>Hasil PISA menunjukkan literasi matematika siswa Indonesia masih tergolong rendah. Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan literasi matematika mahasiswa calon guru sekolah dasar Fakultas Pendidikan Bahasa, Sosial, dan Olahraga Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong berdasarakan kemampuan matematika. Mahasiswa dikelompokkan sesuai tingkat kemampuan awal rendah, sedang dan tinggi. Sehingga diperoleh 3 mahasiswa yang dijadikan sebagai subjek penelitian yakni mahasiswa berkemampuan rendah (MR), mahasiswa berkemampuan sedang (MS), dan mahasiswa berkemampuan tinggi (MT). Kemudian, diberikan tes kemampuan literasi matematika yang telah diuji keabshanan dan kevalidannya. Selanjutnya dilakukan wawancara untuk mengetahui level masing-masing subjek penelitian sesuai indikator kemampuan literasi matematika. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan: (1) mahasiswa berkemampuan rendah belum mampu menuliskan jawaban secara tepat, namun mampu memberikan argumentasi sehingga memenuhi pada level 1 indikator kemampuan literasi matematika. (2) mahasiswa berkemampuan sedang mampu menuliskan jawaban secara tepat dan disertai argumentasi berdasarkan penafsiran sehingga memenuhi pada level 2 indikator kemampuan literasi matematika. (3) mahasiswa berkemampuan tinggi mampu menuliskan jawaban dan argumentasi yang runut secara tepat, sehingga memenuhi indikator kemampuan literasi matematika level 4.</p> 2023-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA MATEMATIKA