https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/issue/feedJURNAL JENDELA MATEMATIKA2023-08-08T08:16:53+07:00Heri Cahyonohericahyono@live.comOpen Journal Systems<p><strong>Jurnal Jendela Matematika</strong> dengan <strong>ISSN 2985-9875</strong> (online) dan <strong>2986-7134</strong> (cetak) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh <a href="https://www.jendelaedukasi.id/"><strong>CV. Jendela Edukasi Indonesia</strong></a> dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang matematika, pendidikan matematika, statistika, pengembangan pembelajaran matematika, dan media pembelajaran matematika. Jurnal Jendela Matematika terbit 2 kali dalam satu tahun yaitu bulan <strong>Januari dan Juli. </strong>Kami mengundang peneliti, praktisi, dosen, guru, serta mahasiswa untuk mempublikasikan hasil penelitian yang telah dilakukan sebagai upaya pengembangan pendidikan dan penelitian di Indonesia. Dalam upaya menjaga kualitas artikel di Jurnal Jendela Matematika, kami mengambil pakar-pakar peneliti bidang Matematika dan Pendidikan Matematika untuk menjadi reviewer serta menggunakan software plagiarisme artikel.</p>https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/559Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Tahun Mata Pelajaran Matematika dengan Item And Test Analysis2023-08-07T22:45:20+07:00Syaifudin22204085016@student.uin-suka.ac.idArtikel ini menyajikan analisis butir soal Penilaian Akhir Tahun mata pelajaran matematika kelas X dengan menggunakan aplikasi Iteman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas butir soal, termasuk reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan distraktor. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar butir soal memenuhi kriteria reliabilitas sangat tinggi dengan nilai alpha 0,894. Meskipun tingkat kesukaran butir soal bervariasi yaitu 12,5%(mudah), 80%(sedang), dan 7,5%(tinggi), namun sebagian besar masih sesuai dengan kemampuan siswa. Daya pembeda butir soal juga terdistribusi dengan baik yaitu sebesar 82,50% soal mampu membedakan kemampuan siswa. Untuk analisis distraktor mengungkapkan keberhasilan 45% soal efektif. Penelitian ini memberikan informasi penting bagi guru dan pengembang kurikulum dalam meningkatkan pembelajaran matematika dan mengevaluasi kemampuan matematika siswa khususnya di kelas X2023-08-08T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/560Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa 2023-08-07T23:02:20+07:00Srimurnisrimurni0803@gmail.comAnwas Mashurianwas.mashuri.1@gmail.comBudi Sasomosasomo77@gmail.comPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Penelitian dilakukan di smp Negeri 4 Widodaren. Penentuan subjek penelitian menggunakan instrumen tes gaya kognitif yaitu Group Embedded Figure (GEFT). Subjek dalam penelitian ini adalah 4 siswa yang diambil dari kelas VIII B yaitu 2 siswa dengan gaya kognitif field independent dan 2 siswa dengan gaya kognitif field dependent. Dalam penelitian ini menggunakan 4 tahapan Polya. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah subjek field independent berada pada kategori baik. Subjek field independent mampu pada 4 tahap pemecahan masalah menurut Polya. Sedangkan subjek field dependent berada pada kategori cukup. Subjek field dependent hanya mampu pada tahap memahami masalah2023-08-08T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA MATEMATIKAhttps://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/561Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar2023-08-07T23:06:47+07:00Sippa Fauziasiffaf207@gmail.comAnwas Mashurianwas.mashuri.1@gmail.comBudi Sasomosasomo77@gmail.comPenelitian memiliki untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan pemahaman matematika siswa yang menggunakan metode Realistic Mathematics Education (RME) dan Untuk mengetahui pengaruh pengunaan metode RME terhadap hasil belajar. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian. Pada desain ini melibatkan dua kelompok, akan tetapi pengukuran atau observasi dilakukan dua kali, pre-test dan post-test. Pada penelitian ini menggunakan 2 sampel adalah seluruh siswa kelas VII C dengan jumlah 27 siswa dan kelas VII D dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan perhitungan statistik. Uji statistik yang digunakan yaitu Uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan dengan uji T diperoleh nilai t hitung (t stat) > t tabel (t critical two tail) 6,590 > 2,059 adalah maka H_0 ditolak, dapat dikatakan bahwa ada perbedaan siswa sebelum dan sesudah menerima perlakuan kegiatan Kegiatan pembelajaran dengan model RME dilihat hasil hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar2023-08-08T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/562Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Pada Materi Pola Bilangan2023-08-07T23:11:22+07:00Wito CahyonoWitocahyono555@gmail.comArum Dwi Rahmawatiarum.dr21@gmail.comAnwas Mashurianwas.mashuri.1@gmail.comBagi individu, pendidikan dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas manusia seperti pemahaman, pengetahuan, pengembangan keterampilan, kesempatan kerja, untuk pengembangan karir dimasa depan. Hasil dari analisis komunikasi matematis di ambil dari penyebaran angket kemudian pengisian uji komunikasi dan selanjutnya adalah pengiat dari hasil yang ada. Dalam data angket terdapat 17 siswa visual, 6 anak auditorial, dan 6 anak dengan gaya belajar kinestetik. Setelah penyebarab angket dari tiap gaya bahaya itu diambil sampel untuk melakukan uji kemampuan komunikasi matematis. Dari hasil komunikasi matematis itu akan berlanjut ke wawancara yang bertujuan untuk menggali informasi lebih lanjut tentang kemampuan komunikasi matematis yang ada. Dari paparan data dan hasil maka dari situ dapat di ambil kesimpulan gaya belajar mana yang efektif dan komunikasi matematis gaya belajar apa yang dapat diterima peserta didik2023-08-08T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/563Eksperimentasi Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kasreman2023-08-07T23:18:45+07:00Tika Sindi Fardanitikacindy55@gmail.comArum Dwi Rahmawatiarum.dr21@gmail.comAnwas Mashurianwas.mashuri.1@gmail.comTujuan penelitian ini untuk melihat perbedaan model CPS dengan pembelajaran langsung terhadap kemampuan berfikir kritis matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Kasareman materi statistika. teknik pengambilan yang digunakan adalah sampel Cluster Random Sampling. yang terdiri dari dua kelas, Kelas eksperimen (VIII B) diberikan model CPS, sedangkan kelas kontrol (VIII C) diberikan pembelajaran langsung. Pengujian hipotesis dilakukan dengan Uji-t. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah (1) Didapatkan perbedaan hasil belajar matematika CPS rata-rata 75,17, dan pembelajaran langsung mendapat rata-rata 61,55. (2) Model CPS memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran langsung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model CPS lebih efektif dari pada pembelajran langsung ditinjau dari hasil pretest dan posttes yang meningkat. kelas dengan perlakuan Model CPS yang memiliki rata-rata lebih tinggi terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa2023-08-08T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/564Pengaruh model inside outside circle berbantu media audio visual terhadap hasil belajar matematika2023-08-07T23:22:45+07:00Dia Wahyunidiawahyunistkip1234@gmail.comBudi Sasomosasomo77@gmail.comAnwas Mashurianwas.mashuri.1@gmail.comTujuan penelitian ini adalah untuk melihat dampak penggunaan model Inside Outside Circle menggunakan media audio visual dengan metode pembelajaran konvensional pada hasil belajar matematika siswa. Populasi yang digunakan ialah siswa SMPN 2 Sine, peneliti dalam penelitian ini menerapkan metode true eksperimental menggunakan teknik sampling mengkluster populasi. Data yang digunakan peneliti ialah data nilai Ulangan Akhir Semester Ganjil dan hasikl nilai tes akhir matematika. Hasil akhir penelitian terdapat hasil 1) terdapat perbedaan hasil belajar matematika dalam Inside Outside Circle dibantu media audio visual diperoleh rata-rata 71,09 dan konvensional 62,8 dengan tobs = 2,55 lebih besar 2) Pendekatan pembelajaran Inside Outside Circle, dibantu oleh media audiovisual, lebih tepat daripada pembelajaran konvensional di kelas2023-08-08T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/565Eksperimentasi Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Terhadap Pemahaman Konsep Matematika2023-08-07T23:26:44+07:00Junita Ulfa Munah Watijunitaulfa17@gmail.comAnwas Mashurianwas.mashuri.1@gmail.comArum Dwi Rahmawatiarum.dr21@gmail.comTujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemahaman konsep pada pelajaran matematika siswa kelas X SMKN 1 Gerih dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR). Penelitian ini dilakukan menggunakan desain penelitian true experimental design dengan bentuk pretest-posttest control grup design. Penelitian yang peneliti teliti terdiri dari dua kelompok yang memiliki distribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis yang digunakan yaitu uji-t tidak berpasangan (independent). Kesimpulan dari hasil penelitian diantaranya yaitu (1) diperoleh perbedaan dan peningkatan pemahaman konsep matematika menggunakan model pembelajaran AIR dengan rerata 76,931 dan model pembelajaran konvensional mendapat rerata 69,793. (2) penerapan model pembelajaran AIR lebih baik terlihat dari (3) respon siswa positif dan kebanyakan setuju terhadap penerapan model pembelajaran AIR.2023-08-08T00:00:00+07:00Copyright (c) 2023