Pengaruh model inside outside circle berbantu media audio visual terhadap hasil belajar matematika

indonesia

Authors

  • Dia Wahyuni STKIP Modern Ngawi
  • Budi Sasomo STKIP Modern Ngawi
  • Anwas Mashuri STKIP Modern Ngawi

Keywords:

Inside Outside Circle, media audio visual, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dampak penggunaan model Inside Outside Circle menggunakan media audio visual dengan metode pembelajaran konvensional pada hasil belajar matematika siswa. Populasi yang digunakan ialah siswa SMPN 2 Sine, peneliti dalam penelitian ini menerapkan metode true eksperimental menggunakan teknik sampling mengkluster populasi. Data yang digunakan peneliti ialah data nilai Ulangan Akhir Semester Ganjil dan hasikl nilai tes akhir matematika. Hasil akhir penelitian terdapat hasil 1) terdapat perbedaan hasil belajar matematika dalam Inside Outside Circle dibantu media audio visual diperoleh rata-rata 71,09 dan konvensional 62,8 dengan tobs = 2,55 lebih besar 2) Pendekatan pembelajaran Inside Outside Circle, dibantu oleh media audiovisual, lebih tepat daripada pembelajaran konvensional di kelas

References

Ahlaro, S. R. (2020). Kriteria Metode Pembelajaran Yang Baik dan Efektif. (JUMPA) Jurnal Masalah Pastoral, 8(1).

Andini, A. M., Soenarko, B., & Basori, M. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inside Outside Circle Didukung Media Visual Pada Pembelajaran IPA Dalam Upaya Pelestarian Sumber Daya Alam. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(3). https://doi.org/10.37905/aksara.6.3.249-264.2020

Azmi, N. (2015). MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC)) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.180

Budiyono.(2016) Statitiska Untuk Penelitian..Surakarta;Uns Press

Dewi Fahmi Ats-tsanny. (2020). Penerapan Standar Kompetensi Dan Kualifikasi Guru Terhadap Pengelolaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Tk Negeri 2 Yogyakarta. Jurnal Qurroti, 2(1).

Eliza, F., Suriyadi, S., & Yanto, D. T. P. (2019). Peningkatan Kompetensi Psikomotor Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di SMKN 5 Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(2). https://doi.org/10.24036/invotek.v19i2.427

Fakhrurrazi, F. (2018). HAKIKAT PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF. At-Tafkir, 11(1). https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529

Isnaini, F., Kuliyatun, K., & ... (2020). Implementasi Model Pembelajaran Inside Outside Circle (Ioc) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Smp Ppakmt Imadul …. … Pendidikan Agama Islam, 1(1).

Jurnal, B., & Teknologi, P. (2018). No Title. 3, 8–12.

Mardiani, N., & Hermawan, B. (2020). PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL. Jurnal Kesehatan, 7(1). https://doi.org/10.38165/jk.v7i1.122

Muh Judrah. (2019). KONSEP PEMBELAJARAN TUNTAS. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 4(1). https://doi.org/10.47435/jpdk.v4i1.92

Muhammad Ikhsan, & Muhammad Syafiq Humaisi. (2021). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM MENGEMBANGKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.21154/jiipsi.v1i1.45

Nabillah Tasya & Abadi Agung Prasetyo. (2021). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1).

Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1). https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Parta, I. (2020). √ Pengertian Audio Visual, Jenis, Ciri, Fungsi, Kelebihan & Manfaat. Https://Pendidikan.Co.Id/Pengertian-Audio-Visual-Jenis-Ciri-Fungsi-Kelebihan-Manfaat/.

Ridho, M. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Miftahul Ulum Pandanwangi. E-DuMath, 8(2).

Sahid Raharjo. (2021). Cara Uji Normal Probability Plot dalam Model Regresi dengan SPSS. Spssindonesia.Com.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. In AR-RUZZ MEDIA (Issue Yogyakarta).

Solichin, M. (2017). Analisis Daya Beda Soal, Taraf Kesukaran, Validitas Butir Tes, Interpretasi Hasil Tes dan Validitas Ramalan dalam Evaluasi Pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen & Pendidikan Islam, 2(2).

Sugiyono. (2016) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung;Alfabeta

Usmadi, U. (2020). PENGUJIAN PERSYARATAN ANALISIS (UJI HOMOGENITAS DAN UJI NORMALITAS). Inovasi Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Dia Wahyuni, Budi Sasomo, & Anwas Mashuri. (2023). Pengaruh model inside outside circle berbantu media audio visual terhadap hasil belajar matematika: indonesia. JURNAL JENDELA MATEMATIKA, 1(2), 69–76. Retrieved from https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/564