Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Gelombang Bunyi di Sman 1 Bongomeme

Authors

  • I Komang Wijaya Universitas Negeri Gorontalo
  • Dewi Diana Paramata Universitas Negeri Gorontalo
  • Dewa Gede Eka Setiawan Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.393

Keywords:

Kooperatif Tipe Teams Games Tournament, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Fisika Di SMA. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen  dengan desain Post-test Only Control Group Design yang terdiri dari 1 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol sebagai kelas sampel yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bongomeme. Data yang diperoleh berupa Hasil belajar fisika siswa pada materi gelombang bunyi yang dijaring dengan menggunakan lembar tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 15 butir soal. Hasil penelitian keseluruhan menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Fisika berpengaruh signifikan terhadap kemampuan Hasil Belajar Fisika peserta didik yang ditunjukkan dengan melalui pembuktian uji hipotesis bahwa nilai ttabel>thitung yang menyatakan bahwa hasil belajar peserta didik paling rendah sebesar ≤75.

References

Mustika, I. wayan. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika. Jurnal IKA, 53(9), 1689–1699.

Tyasning, D., Haryono, H., & Nurhayati, N. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Tgt (Teams Games Tournaments) Dilengkapi Lks Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Minyak Bumi Pada Siswa Kelas X-4 Sma Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 1(1), 124832.

Anggun Glaura, N., Mujusam, & Wahyu Widiyah, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas Xi Ipa Di Sma Yapis Manokwari. Pancaran, 17(2), 103–118.

Darwis. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dengan Menggunaan Kartu Indeks pada Peserta Didik Kelas XI MIPA1 UPT SMA Negeri 4 Sinjai. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan, 2(3), 306–316.

Yudianto, W. D., Sumardi, K., & Kamin Sumardi, E. T. B. (2014). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk. Journal Of Mechanical Engineering Education, 1(2), 110. Https://Doi.Org/10.26623/Philanthropy.V3i2.1622

Purwanto, & Annisa, J. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Menggunakan Media Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 2(2), 35.

Sudjana, N. dan I. (2005). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Sinar Baru.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Sugioyono, Ed.) 66 (ke 23). Alafabeta cv.

Ismah, Z., & Ernawati, T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Viii Smp Ditinjau Dari Kerjasama Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 82. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.576

Rahmayani, & Sahyar. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Terhadap Hasil the Effect of Cooperative Learning Model Type Teams Game Tournament (TGT) on Outcome Learning of Conceptual. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 55–61.

Joys Prima Perangin Angin, P. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Usaha Dan Energi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 5(3), 14–20.

Downloads

Published

2023-02-19

How to Cite

Wijaya, I. K., Paramata, D. D., & Setiawan, D. G. E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Gelombang Bunyi di Sman 1 Bongomeme. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(01), 16–22. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.393