JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP <p><strong>Jurnal Jendela Pendidikan</strong> (e-ISSN: 2775-6181 p-ISSN: 2776-267X) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh <a href="https://www.jendelaedukasi.id"><strong>CV. Jendela Edukasi Indonesia</strong></a> dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan <strong>Februari, Mei, Agustus, November</strong>. Kami mengundang peneliti, praktisi, dosen, guru, serta mahasiswa untuk mempublikasikan hasil penelitian yang telah dilakukan sebagai upaya pengembangan pendidikan di Indonesia. Dalam upaya menjaga kualitas artikel di Jurnal Jendela Pendidikan, kami mengambil pakar-pakar peneliti bidang pendidikan serta menggunakan software plagiarisme artikel.</p> en-US hericahyono@jendelaedukasi.id (Heri Cahyono) anwas.mashuri.1@gmail.com (Anwas Mashuri) Mon, 26 Aug 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.2.1.3 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict- Observe-Explain) Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Fluida Statis https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/792 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran poe (<em>predict- observe-explain</em>) terhadap keterampilan proses sains pada materi fluida statis. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain penelitian <em>one group pretest posttest design</em>. Tempat pelaksanaan penelitian di SMA Negeri 1 Telaga Biru kelas XI IPA dengan subjek penelitian Kelas XI IPA 6 dengan jumlah 28 siswa. Teknik Pengumpulan data menggunakan tes berbentuk uraian sebanyak 12 soal dengan indikator keterampilan proses sains. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji hipotesis, dan uji n-gain. Hasil penelitian pada uji normalitas menunjukkan bahwa data terdistribusi normal. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh t<sub>hitung</sub> 11,01 dan t<sub>tabel </sub>2,03, jadi t<sub>hitung &gt;=</sub><sub> </sub>t<sub>tabel</sub> sehingga H<sub>0 </sub>terima dan h<sub>1</sub> ditolak<sub>. </sub>Berdasarkan hasil analisis N-Gain memperoleh nilai sebesar 0,78 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran poe (<em>predict- observe-explain</em>) terhadap keterampilan proses sains pada materi fluida statis.</p> Rika Firasmawaty Bau, Dewi Diana Paramata, Nova Elysia Ntobuo Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/792 Mon, 26 Aug 2024 00:00:00 +0700 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Pada Materi Getaran Gelombang Dan Bunyi Untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/788 <p>Penelitian ini dilakukan di SMP PGRI OTAM , bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika yang berkualitas denga mengguankan model <em>discovery learning,</em> perangkat yang dikembangkan menggunakan model 4D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan berkualitas. Perangkat pembelajaran dikatakan layak untuk digunakan dengan sedikit revisi, dilihat berdasarkan hasil rata-rata validasi dengan nilai 3,4–3,5, tingkat keefektifan perangkat pembelajaran dilihat dari peningkatan Pemecahan masalah <em>(problem solving)</em> peserta didik yang terdiri dari ranah kognitif diperoleh N Gain 0,54, dengan kriteria N gain sedang, ranah sikap dengan rata-rata presentase sebesar 81,02% serta rata-rata presentase pada ranah keterampilan 86,60%&nbsp; dan hasil pengamatan aktivitas peserta didik selama 3 kali pertemuan sebesar 79,66% dengan kriteria baik. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis berdasarkan rata-rata presentase hasil keterlaksanaan pembelajaran selama 3 pertemuan sebesar 86,67.</p> Dewi Shintia Mokodompit, Trisnawaty J. Buhungo, Abdul Haris Odja Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/788 Mon, 26 Aug 2024 00:00:00 +0700 Analisis Kepraktisan Penggunaan Model Problem Based Learning Berbasis Phet Simulation Untuk Meningkatkan Pengetahuan Konseptual Fisika Pada Materi Elastisitas & Hukum Hooke https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/794 <p>Penelitian ini adalah penelitian pengembangan <em>(Research and Development)</em> yang bertujuan untuk melihat tingkat kepraktisan penggunaan model <em>problem based learning</em> berbasis <em>phet simulation</em> untuk meningkatkan pengetahuan konseptual fisika pada materi elastisitas dan hukum hooke. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dan diujicobakan di kelas XI IPA 6 SMA Negeri 1 Kabila. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu <em>Anlysis</em> (analisis), <em>Design </em>(perancangan)<em>, Development </em>(pengembangan),<em> Implementation</em> (penerapan)<em>, </em>dan<em> Evaluation</em> (evaluasi)<em>. </em>Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk melihat kepraktisan perangkat pembelajaran terdiri dari lembar keterlaksanaan pembelajaran, angket respon guru dan angket respon peserta didik. Hal ini terlihat dari hasil analisis data penelitian yang menunjukkan tingkat keterlaksanaan pembelajaran sebesar 92,5 % dengan kriteria sangat baik, hasil keseluruhan angket guru memenuhi kriteria baik, Dan hasil angket peserta didik mencapai rata – rata 92.01 % dengan kriteria baik, oleh karena itu, perangkat pembelajaran ini praktis untuk digunakan.</p> Sintian S. Yakop, Muhammad Yusuf, Trisnawaty Junus Buhungo Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/794 Mon, 26 Aug 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Token Ekonomi Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Anak Tunagrahita Di SLB E Bhina Putera Surakarta Tahun Ajaran 2023/2024 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/881 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dampak token ekonomi dalam meningkatkan perilaku kedisiplinan anak tunagrahita kelas X di SLB E Bhina Putera Surakarta, Tahun Ajaran 2023/2024. Perilaku kedisiplinan yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah perilaku kedisiplinan di lingkungan sekolah, yang meliputi aspek disiplin dalam hal waktu, dan disiplin dalam hal perbuatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain subjek tunggal atau <em>Single Subject Research </em>(SSR). Subjek penelitian adalah 1 orang anak kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi terstruktur. Teknik validitas data menggunakan validitas isi, dimana instrumen yang disusun berdasarkan teori kemudian dikonsultasikan kepada para ahli. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik statistik deskriptif, di mana data disajikan dalam bentuk grafik dan tabel untuk memberi gambaran mengenai perubahan data pada setiap sesi. Hasil penelitian membuktikan bahwa token ekonomi memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kedisiplinan anak tunagrahita kelas X di SLB E Bhina Putera Surakarta yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai perilaku kedisiplinan pada <em>baseline-</em>1 sebesar 24,07% (rendah), meningkat menjadi 53,33% (sedang) saat fase intervensi, lalu meningkat lagi saat fase <em>baseline</em>-2 yaitu sebesar 62,03% (sedang).</p> Dyah Nanda Rizkianti, Herry Widyastono, Tias Martika Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/881 Mon, 26 Aug 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Ekosistem Kelas VII https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/847 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> (PBL) yang didukung oleh video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII di MTs Mamba’ul Hikmah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah <em>Pre-test Post-test Control Group Design</em>, yang melibatkan dua kelas, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara <em>random sampling </em>di MTs Mamba’ul Hikmah. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol, dengan total sampel sebanyak 46 siswa dari populasi 69 siswa kelas VII di MTs Mamba’ul Hikmah. Data dikumpulkan menggunakan tes yang terdiri dari 10 soal esai untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Analisis data dilakukan menggunakan Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor Pre-test kelas eksperimen adalah 81,86, sementara kelas kontrol memperoleh rata-rata 77,33. Berdasarkan uji t, nilai t hitung untuk kelas eksperimen adalah 3,728, yang lebih besar dari t tabel sebesar 1,680. Sementara itu, t hitung untuk kelas kontrol adalah 3,632, yang juga lebih besar dari t tabel sebesar 1,680. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model <em>Problem Based Learning</em> (PBL) yang didukung video animasi terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa.</p> Alfinatul Lutfiah, Desi Nuzul Agnafia, Qurrotul Anfa Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/847 Mon, 26 Aug 2024 00:00:00 +0700 The Effectiveness Of Wordwall Game As Media To Teach Students' English Vocabulary Mastery Of Eighth-Grade https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/937 <p>This study evaluates the effectiveness of Wordwall Media as a game-based learning tool for teaching English vocabulary mastery to eighth-grade students at MTS Al Hadari An-Nawawi. Using a quantitative pre-experimental approach with a one-group pretest-posttest design, the research involved 30 female students. The results indicate a significant improvement in vocabulary mastery, with an average pretest score of 56.43 and a posttest score of 74.67. Statistical analysis revealed a T-Count value (-11.345) that was greater than the T-Table value (1.699), indicating a statistically significant difference. The null hypothesis (H0) was rejected, and the alternative hypothesis (H1) was accepted, demonstrating a significant difference following the intervention. In conclusion, the use of Wordwall Media as a game-based learning method produced positive results in English vocabulary mastery for students. This research supports the use of game technology as an innovative educational method that provides a more dynamic and interactive learning experience, motivating students to be more engaged in the learning process.</p> Nurammida Nurammida; Nizarrahmadi Nizarrahmadi, Alvina Yolanda Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/937 Mon, 26 Aug 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Synergetic Teaching Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/842 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan antara pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe <em>Synergetic Teaching </em>dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian <em>Quasi Eksperimen </em>dengan desain <em>Pretest Posttest Control Group Design</em>. Peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Kampar TA 2014/2015 sebanyak 818 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran aktif tipe <em>Synergetic Teaching </em>dan kelas X IPS4 sebagai kelas control dengan pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama tujuh kali, yaitu satu kali melaksanakan <em>pretest</em>, lima pertemuan menerapkan pembelajaran aktif tipe <em>Synergetic Teaching </em>dan satu kali mengadakan <em>posttest</em>. Untuk mengetahui hasil penelitian mengenai pemahaman konsep matematika siswa dilakukan uji t. Pengambilan keputusan dilakukan dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dimana nilai thitung adalah 2,33 dan nilai ttabel adalah 1,999. Oleh karena itu, thitung &gt; ttabel karena 2,33&gt;1,999, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan antara pemahaman konsep dan siswa kelas kontrol. Selain itu, berdasarkan hasil <em>posttest </em>nilai rata-rata kelas eksperimen juga lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas matematika siswa yang belajar menggunakan pembelajaran aktif tipe <em>Synergetic Teaching </em>dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Adanya perbedaan tersebut juga dilihat dari <em>mean </em>kelas eksperimen yang lebih tinggi dari <em>mean </em>kelas control yang menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran aktif tipe <em>Synergetic Teaching </em>memberikan pengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMA Negeri 1 Kampar</p> Asnidar Asnidar, Novita Sari Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/842 Mon, 26 Aug 2024 00:00:00 +0700 Analisis Kesalahan Mahasiswa Pada Sistem Persamaan Linear Dengan Operasi Baris Elementer Kelas Aljabar Linear Dan Matriks https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/810 <p>Kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika perlu menjadi perhatian bagi pendidik dan perlu dicari solusi terbaik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui informasi tentang kesalahan-kesalahn yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linier menggunakan OBE dan faktor yang mempengaruhi. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kualitatif denga teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Penelitian dilakukan pada mahasiswa UNMARIS semester II kelas ekstensi (kelas sore) sebanyak 15 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan-kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan tes SPL dengan metode OBE sebagai berikut: 1). Kesalahan konsep, 2) kesalahan procedural , 3) kesalahan komputasi dan 4) kesalahan penarikan kesimpulan. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan antara lain : 1). Mahasiswa tidak memahami konsep dasar dari materi matriks meliputi definisi, notasi; 2). Mahasiswa cenderung diam dan tidak aktif diskusi saat materi dijelaskan sehingga bingung mengerjakan soal; 3). Mahasiswa kurang konsentrasi dalam menghitung; 4) Mahasiswa lebih memilih mengisi jawaban akhir dibandingkan menuliskan jawaban secara prosedural; 5) Mahasiswa malas mengoreksi kembali jawaban sebelum dikumpul.</p> Mitra Permata Ayu, Yemy Maria Bouk, Alexander Talu Popo Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/810 Mon, 26 Aug 2024 00:00:00 +0700 Penerapan Model Pembelajaran Probyng Prompting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor Di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/914 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 3. Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas (PTK) dengan bentuk penelitian tindakan yang di terapkan langsung dalam aktivitas pembelajaran di kelas dengan menggunakan Model Pembelajaran<em> Probyng Prompting. </em>Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 4 Kota Gorontalo yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata adalah dengan presentase 80%, pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 20 orang siswa dan kategori tidak tuntas sebanyak 10 orang siswa. Data hasil belajar pada siklus II yang meningkat menjadi 90% dengan ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 27 orang siswa sedangkan yang tidak tuntas adalah 3 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian diatas disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 4 Kota Gorontalo melalui penerapan model pembelajaran <em>Probyng Prompting</em>.</p> Nurhidayah Nurhidayah, Trisnawaty Junus Buhungo, Dewa Gede Eka Setiawan Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/914 Mon, 26 Aug 2024 00:00:00 +0700 Analisis Profiling Dan Gaya Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Bojongsari https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/912 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik kelas V SD Negeri 2 Bojongsari masih rendahnya memahami profiling dan gaya belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil peserta didik kelas V dan gaya belajar peserta didik kelas V SD Negeri 2 Bojongsari dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri 2 Bojongsari, Kecamatan Kembaran, sebanyak 15 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi profiling dan angket gaya belajar. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Temuan dalam penelitian ini setiap indikator profiling peserta didik mendapatkan hasil yang menunjukkan perkembangan positif, peserta didik sudah baik mengenal profilingnya dan indikator gaya belajar peserta didik mendapatkan kecenderungan gaya belajar peserta didik kelas V adalah gaya belajar visual. Hasil penelitian menjelaskan bahwa peserta didik kelas V telah mengetahui profiling dengan baik, guru kelas menjalankan perannya untuk selalu memberikan bimbingan dan arahan agar karakteristik peserta didik kelas V berkembang baik. Gaya belajar peserta didik kelas V SD Negeri 2 Bojongsari menunjukkan bahwa gaya belajar visual mendapatkan presentase 95% dengan jumlah 12 peserta didik, gaya belajar auditori mendapatkan presentase 76% dengan jumlah 2 peserta didik, dan gaya belajar kinestik mendapatkan presentase 68% dengan jumlah 1 peserta didik.</p> Laeli Nur Azizah, Sony Irianto Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/912 Mon, 26 Aug 2024 00:00:00 +0700 Komunikasi Pendidikan: Analisis Persepsi Wali Kelas dan Guru Kelas Terkait Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Islam Uwais Al Qorni Depok https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/777 <p>Motivasi belajar siswa adalah hal penting, termasuk motivasi belajar siswa di SDI Uwais Al Qorni Depok. Tujuan penelitian adalah menggali persepsi guru dan wali kelas terkait motivasi belajar siswa kelas 3 dan kelas 4 di SDI Uwais Al Qorni. Lokasi penelitian adalah SDI Uwais Al Qorni, subyek penelitian adalah motivasi belajar siswa, dan obyek penelitian adalah wali kelas dan guru kelas. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan metode analisis deskriptif (pendekatan kasus), teknik pengambilan sampel purposif, dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa SDI Uwais Al Qorni ditentukan oleh beberapa faktor, seperti penanaman motivasi tauhid dan kesadaran pada diri siswa, perhatian dan motivasi orang tua, memberikan apresiasi kepada siswa, metode pembelajaran yang tepat, dan kelengkapan sarana dan fasilitas belajar sekolah.</p> Bambang Mudjiyanto, launa, Muhammad Daffa Shilbi, Afkar Khaibar Al-Faruqi Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/777 Fri, 30 Aug 2024 00:00:00 +0700 An Analysis Of Students’ Difficulties In Reading Comprehension At MTs Hidayatul Ulum Karang Anyar https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/947 <p>Reading is taught to the eight grades students of junior high school. The aim of the research was to find out what is the most difficult aspect in reading comprehension faced by the eight grade students at MTs Hidayatul Ulum Karang Anyar.The design of this research is a descriptive research design. The population of the research was the ninth grade of MTs Hidayatul Ulum Karang Anyar from 1 classe, with the population were 13 students and the sample was from each class. So, the sample of the research was 13 students. The sample was selected by using simple random sampling technique. To get the data, the researcher gave questionnaire, interview and then analyzed the data by using descriptive statistic calculated by Ms. Excel program. After analyzing the data, the result showed that the most difficult aspect in reading comprehension was the fisth indicator. It is “Students get difficulties in determine main idea” with percentage 78%.</p> Kurrotul A'yun, Nizarrahmadi Nizarrahmadi, Alvina Yolanda Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/947 Fri, 30 Aug 2024 00:00:00 +0700 The Effectivenes Of Using Flash Cards To Teach Students' Vocabulary Mastery At SMP Darut Tauhid https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/948 <p>Vocabulary is an essential element of language ability and serves as a foundation for pupils' speaking, listening, reading, and writing abilities.This study aims to determine the effectivenes of using flash cards to teach students’ vocabulary mastery at SMP Darut Tauhid. The research design is independent sample t-test, while the research method is quantitative. The participants in this study all student`classVII totaling 60 people, 30 male students and 30 female students. the data in this study were collected using instruments pre-test and posh-test (multiple choice), then normality test, homogeneity test and descriptive statistics were used to evaluate data analysis requirements. in this study the independent sample t test analysis was used to test the hypothesis using computer software assistance through the SPSS (Statistcal Package For the Scial Sciens) version 25 for windows program. Based on the results of research and discussion, the following conclusions can be drawn: There is an effectivenes of using flash cards to teach students’ vocabulary mastery at SMP Darut Tauhid. This is indicated by the results of the significance (2-tailed) of 0.000 &lt; 0.05 then as the basis for the performance of the decision in the independent sample test, it can be concluded that H0 is rejected and Ha is accepted. Thus, it can be concluded that there is The use of Flash cards effective on students‟ vocabulary at SMP Darut Tauhid.</p> Nursih Nursih, Nizarrahmadi Nizarrahmadi, Muhammad Yassin Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/948 Fri, 30 Aug 2024 00:00:00 +0700 Penggunaan Model Pembelajaran Kooperative Tipe Team Games Tournamet (TGT) untuk Meningkatkan Kolaborasi Siswa Kelas V di SDN 134 Panorama Kota Bandung https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/905 <p>Proses pembelajaran yang dilaksanakan selama ini, masih kurangnya keterampilan siswa kelas V untuk berkolaborasi dalam kelompok dan cenderung lebih memilih untuk mengerjakan tugas sendiri. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan siswa yang terlalu sering menggunakan ponsel pintar (hp) dan kurangnya interaksi dengan teman sekelas. Dampak yang ditimbulkan dari pola pembelajaran ini adalah kurangnya interaksi kolaboratif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kolaborasi antar peserta didik dalam diskusi kelompok pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V A SDN 134 Panorama dengan model pembelajaran kooperatif tipe <em>Team Games Tournament</em> (TGT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (<em>Classroom Action Research</em>). Subjek penelitian melibatkan 27 peserta didik dari kelas V ABpada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Proses penelitian terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui lembar observasi dan dokumentasi. Hasil rata-rata persentase kolaborasi antar peserta didik dalam diskusi kelompok menunjukkan peningkatan dari siklus pertama (66,05%) menjadi siklus kedua (85,21%). Dengan demikian, hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe <em>Team Games Tournament</em> (TGT) berhasil meningkatkan kolaborasi antar peserta didik.</p> Sandi Budi Irawan, Enung Nurlaela, Lucia Christin Sembiring Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/905 Fri, 30 Aug 2024 00:00:00 +0700