JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP <p><strong>Jurnal Jendela Pendidikan</strong> (e-ISSN: 2775-6181 p-ISSN: 2776-267X) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh <a href="https://www.jendelaedukasi.id"><strong>CV. Jendela Edukasi Indonesia</strong></a> dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan merupakan Jurnal Ilmiah Terakreditasi SINTA (5) dan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan <strong>Februari, Mei, Agustus, November</strong>. Kami mengundang peneliti, praktisi, dosen, guru, serta mahasiswa untuk mempublikasikan hasil penelitian yang telah dilakukan sebagai upaya pengembangan pendidikan di Indonesia. Dalam upaya menjaga kualitas artikel di Jurnal Jendela Pendidikan, kami mengambil pakar-pakar peneliti bidang pendidikan serta menggunakan software plagiarisme artikel.</p> en-US hericahyono@jendelaedukasi.id (Heri Cahyono) anwas.mashuri.1@gmail.com (Anwas Mashuri) Sat, 30 Nov 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.2.1.3 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 An Analysis Of Students’ Difficulties In Writing Recount Text At Tenth Grade Students Of SMAN 5 Pontianak https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/965 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dihadapi siswa kelas X di SMAN 5 Pontianak dalam menulis teks recount. Teks recount adalah genre tulisan yang menceritakan kembali peristiwa atau pengalaman masa lalu secara kronologis. Meskipun bersifat naratif, siswa sering kesulitan dengan berbagai aspek menulis teks recount, termasuk penggunaan bahasa, struktur, dan pengembangan konten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, memanfaatkan observasi, wawancara, dan analisis sampel tulisan siswa untuk mengumpulkan data. Temuannya menunjukkan bahwa kesulitan utama yang dihadapi siswa meliputi keterbatasan kosa kata, kesulitan dalam mempertahankan bentuk kata kerja yang tepat, kurangnya koherensi dan kohesi, dan tantangan dalam mengatur ide secara logis. Selain itu, siswa sering kali menunjukkan kurangnya pemahaman terhadap struktur teks recount, yang berdampak pada kualitas tulisan mereka secara keseluruhan. Studi ini menyimpulkan dengan menyarankan intervensi yang ditargetkan untuk mengatasi tantangan-tantangan ini, seperti program pengayaan kosa kata, latihan tata bahasa terfokus, dan instruksi eksplisit tentang struktur dan organisasi teks. Intervensi ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dan kompetensi keseluruhan dalam memproduksi teks recount.</p> Irfan Fernando; Dewi Ismu Purwaningsih, Alvina Yolanda Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/965 Mon, 02 Dec 2024 00:00:00 +0700 Kajian Perkembangan Kognitif Dan Psikologi Anak Pada Tingkat Sekolah Dasar Kelas Rendah https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/995 <p>Proses perkembangan kognitif pada anak mencakup kemampuan berpikir, memproses informasi, dan menyelesaikan masalah yang berkembang seiring waktu. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan panduan dalam pengembangan kurikulum yang lebih baik dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan metode penilaian kualitatif dipilih atas pertimbangan situasi yang kompleks sedemikian rupa dan data diperoleh berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi.. Berdasarkan teori-teori seperti Piaget dan konsep-konsep penting dalam psikologi perkembangan, penelitian menemukan tahap-tahap perkembangan kognitif dari kelas 1 hingga kelas 3. Penekanan pada pentingnya pemahaman yang dalam terhadap perkembangan anak dalam konteks pendidikan anak sekolah dasar kelas rendah. Guru dan pendidik perlu memahami perbedaan individual dalam perkembangan anak-anak mereka untuk merancang strategi pengajaran yang efektif. Adapun aspek sosial dan emosional, abstrak ini menyoroti bagaimana anak-anak pada usia ini mulai mengembangkan hubungan sosial dan kemampuan untuk mengatur ekspresi emosi mereka secara sosial diterima. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah meningkatkan pendidikan anak usia sekolah dasar dengan memperhatikan karakteristik individu mereka, memungkinkan pendidik untuk memberikan dukungan yang lebih baik dan efektif selama proses pembelajaran mereka.</p> Heni Purwulan Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/995 Mon, 02 Dec 2024 00:00:00 +0700 Analisis Tingkat Pengetahuan Guru PAUD Pada Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Di Kabupaten Magetan https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/994 <p>Pendidik anak usia dini dituntut untuk mengelola dan membantu anak-anak dengan kebutuhan khusus. Faktanya, pendidik anak usia dini menghadapi tantangan dalam hal mengajar anak-anak dengan kebutuhan khusus karena mereka tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman yang diperlukan. Penelitian ini berusaha untuk memastikan apakah kemampuan pendidik anak usia dini sebelum dan sesudah pelatihan dalam bekerja dengan kebutuhan khusus berbeda. Guru-guru PAUD dari Kab. Magetan berpartisipasi dalam penelitian ini. Penelitian ini melibatkan tiga puluh lima instruktur prasekolah sebagai partisipan. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimen satu kelompok pra-tes-pasca-tes. Kuesioner respons guru dan instrumen tes digunakan dalam alat penelitian ini. Tes yang diberikan sebelum dan sesudah dimulainya perawatan digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Temuan penelitian menunjukkan peningkatan yang cukup besar dalam kemampuan pendidik anak usia dini untuk mengajar anak-anak penyandang disabilitas. Ini menunjukkan bagaimana pelatihan meningkatkan kemampuan pendidik anak usia dini.</p> Santi Yudhawati Darmo Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/994 Mon, 02 Dec 2024 00:00:00 +0700 Analisis Model Pembelajaran Kelas Rangkap dalam Penerapan Pembelajaran Untuk Sekolah Dasar https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/992 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah dan 3 orang guru SDN 1 Gajah Muktik. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode intraktif <em>(Intractive Model of Analysis)</em> yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Simpulan dari Penelitian yaitu pelaksanaan pembelajaran kelas rangkap di <em>SDN 1 Gajah Muktik </em>membantu siswa dalam memahami pembelajaran di sekolah dasar.</p> Nila Fitri Mawaddah, Shinta Amelia, Eka Wahyuningsih, Kufita Nur Hidayah Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/992 Sat, 30 Nov 2024 00:00:00 +0700 Studi Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Dalam Dunia Pendidikan https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1028 <p>Dalam dunia pendidikan, aktivitas ilmu dipengaruhi oleh tiga masalah pokok. Pertama, apa yang ingin diketahui; kedua, bagaimana cara mendapatkan pengetahuan tersebut; dan ketiga, apa nilai dari pengetahuan yang diperoleh. Untuk menjawab pertanyaan- pertanyaan tersebut, diperlukan pendekatan berpikir yang radikal, sistematis, dan universal. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pustaka (<em>library research</em>), yakni penelitian yang obyek kajiannya menggunakan data pustaka berupa hasil penelitian dan buku-buku sebagai sumber datanya. Kesimpulan hasil penelitian bahwa Hubungan antara filsafat dan dunia pendidikan seperti halnya hubungan dua sisi mata uang, yaitu dua aspek dari hakikat yang satu, sebab pendidikan pada hakikatnya merupakan aplikasi praktis dari filsafat. Filsafat pendidikan mengkhususkan masalah pendidikan sebagai objek kajian yang terbagi dari ketiga persoalan, yaitu ontologis, epistemologi dan aksiologis.</p> Dian Purnomo, Amril Mansur Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1028 Sat, 30 Nov 2024 00:00:00 +0700 Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Teorema Pythagoras Berdasarkan Self-Efficacy https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1039 <p>Self-efficacy merupakan faktor penting dalam pencapaian tujuan pembelajaran, khususnya dalam pemecahan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII pada materi Teorema Pythagoras berdasarkan tingkat self-efficacy. Penelitian menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif di SMP Negeri 3 Paron dengan subjek 6 siswa, terdiri atas dua siswa dengan self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah. Data dikumpulkan melalui angket, tes, dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan NVIVO 12. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Siswa dengan self-efficacy tinggi memenuhi semua indikator pemecahan masalah secara sistematis; (2) Siswa dengan self-efficacy sedang memahami masalah tetapi kurang teliti dalam perencanaan, pelaksanaan, dan kesimpulan; (3) Siswa dengan self-efficacy rendah mengalami kesulitan di semua tahap pemecahan masalah. Guru disarankan menyesuaikan pembelajaran dengan tingkat self-efficacy siswa, memberikan bimbingan tambahan pada siswa dengan self-efficacy sedang dan rendah, serta mempertimbangkan karakteristik individu dalam penelitian lanjutan.</p> Lina Rumiati Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1039 Sat, 30 Nov 2024 00:00:00 +0700 Terapi EFT (Emotional Freedom Technique) Dalam Mengatasi Kecemasan Peserta Didik Menghadapi Ujian https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1059 <p>Pada prinsipnya, ujian bertujuan untuk mengetahui perubahan tingkah laku, baik potensial maupun aktual dan kecakapan baru yang dicapai oleh siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Tetapi sering kali siswa menganggap ujian sebagai masalah besar sehingga timbul kecemasan ketika harus menghadapi ujian. Kecemasan tersebut disebabkan kurang rileksnya tubuh dan pikiran saat menghadapi suatu persoalan sehingga menjadi tegang seperti adanya persepsi yang kuat dalam diri siswa, di mana nilai ujian yang baik merupakan tanda kesuksesan belajar sedangkan nilai ujian yang rendah merupakan kegagalan dalam belajar. Adanya persepsi tersebut membuat siswa menganggap bahwa nilai satu-satunya indikator dalam melihat keberhasilan sehingga prestasi belajar siswa tidak sesuai dengan harapan. Oleh karena itu upaya mencegah atau meminimalisir kecemasan siswa tersebut melalui <em>emotional freedom technique</em>. Prinsip kerja <em>Emotional freedom technique</em>, adalah menyelaraskan dan memperbaiki kembali sistem energi dalam tubuh yang tergangu, lewat stimulasi pada titik-titik energi tubuh yang disebut sebagai meridian dengan menggunakan tapping (ketukan ringan). Prosedur <em>emotional freedom technique </em>yaitu <em>the set up (the set up words), the tune-in, the tapping, the nine gamut prosedure</em> dan <em>the tapping again</em>.</p> Zeka Kurniawan, Salami Mahmud Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1059 Sat, 30 Nov 2024 00:00:00 +0700 Penerapan Quantum Teaching dalam Pembelajaran Siswa MIN 13 Nagan Raya https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1062 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan model pembelajaran <em>Quantum Teaching</em> dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 13 Nagan Raya. <em>Quantum Teaching</em> merupakan pendekatan inovatif yang dirancang untuk memaksimalkan keterlibatan siswa melalui integrasi teknik pembelajaran yang menyentuh berbagai dimensi pengalaman belajar, seperti motivasi, keterlibatan, dan penerapan konsep dalam konteks kehidupan nyata. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain <em>pre-test</em> dan <em>post-test</em> untuk mengukur perubahan hasil belajar siswa sebelum dan setelah intervensi. Data penelitian dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi kelas, wawancara dengan siswa dan guru, serta kuesioner tentang persepsi siswa terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan <em>Quantum Teaching</em> secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, model ini juga meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman siswa terhadap materi IPAS. Penelitian ini merekomendasikan penerapan lebih luas Quantum Teaching sebagai strategi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan di berbagai jenjang sekolah.</p> Zubaili Zubaili, Salami Mahmud Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1062 Sat, 30 Nov 2024 00:00:00 +0700 The The Effectiveness of IBL and PBL Models in Terms of Self-Confidence and Students’ Metacognitive Ability https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1057 <p>This study aims to describe and compare the effectiveness of the IBL and PBL models in terms of students' self-confidence and metacognitive abilities. The research is carried out at SMA Negeri 1 Sewon class XI with the application material of algebraic function derivatives. The type of research used is an experiment with a quantitative approach, and the design used is quasi-experimental. The results showed that both IBL and PBL were effective the terms of self-confidence and metacognitive ability. Based on the comparison of learning models on self-confidence, there is no difference between the two models of the metacognitive ability of the PBL model is better than the IBL</p> Fani Yunida Anggraheni Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1057 Sat, 30 Nov 2024 00:00:00 +0700 Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Matematika https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1058 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) proses dan pengembangan media pembelajaran yang dengan aplikasi <em>Geogebra</em>, 2) apakah kemampuan literasi numerasi mahasiswa yang menggunakan media pembelajaran dengan <em>Geogebra</em> lebih baik daripada keterampilan literasi numerasi mahasiswa yang menggunakan media pembelajaran yang ada (buku). Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&amp;D). Penelitian ini dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap uji coba atau eksperimen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan kualitas media pembelajaran berdasarkan kriteria validitas, praktikalitas dan efektivitas media pembelajaran. Penentuan produk akhir dilakukan dengan cara focus group discussion (FGD) antara peneliti dan praktisi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut: 1) tahap pengembangan menyimpulkan diperoleh validitas dengan rata-rata 3,57 dari ahli media, 3,67 dari ahli materi; Kepraktisan telah melampaui kriteria di atas 75% dan keefektifan diperoleh rata-rata respon peserta didik sebesar 93,25%, 2) pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran <em>Geogebra</em> lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi mahasiswa dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang sudah ada (buku).</p> Sigit Rimbatmojo Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1058 Sat, 30 Nov 2024 00:00:00 +0700 Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas VIII Di SMP Pesantren Temulus Ngawi Ditinjau Dari Gaya Belajar https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1050 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa kelas VIII SMP Pesantren Temulus Ngawi dalam menyelesaikan soal cerita materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ditinjau dari gaya belajar beserta faktor-faktor penyebab kesalahannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan meliputi angket gaya belajar, tes soal cerita matematika, dan pedoman wawancara. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII D SMP Pesantren Temulus dengan 29 siswa. Dari 29 siswa diambil 6 siswa sebagai subjek penelitian diantaranya 2 siswa dari gaya belajar visual, 2 siswa dari gaya belajar auditorial dan 2 siswa dari gaya belajar kinestetik, masing-masing terdiri dari 1 siswa gaya belajar tinggi dan 1 siswa gaya belajar rendah. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual cenderung melakukan kesalahan dalam transformasi masalah. Siswa dengan gaya belajar auditorial cenderung melakukan kesalahan dalam transformasi masalah, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. Siswa dengan gaya belajar kinestetik cenderung melakukan kesalahan dalam memahami masalah, transformasi masalah, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir.</p> Adnan Kevin wijaya, Anwas Mashuri, Budi Sasomo Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1050 Sat, 30 Nov 2024 00:00:00 +0700 Penerapan Teori Beban Kognitif dalam Pengajaran Matematika Dalam Mengurangi Beban Kognitif Tak Esensial https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1112 <p>Meminimalkan beban kognitif siswa, terutama beban kognitif ekstrinsik yang tidak perlu, merupakan hal yang sangat penting agar materi yang disampaikan oleh guru dapat dengan baik diolah oleh siswa menjadi pengetahuan yang bermakna. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang cara mengembangkan dan merancang strategi pembelajaran yang dapat mengurangi beban kognitif siswa. Metode penelitian ini adalah studi kepustakaan, dan data diperoleh melalui pencarian online menggunakan sumber seperti <em>Google Scholar</em>, <em>Science Direct</em>, dan <em>Education Resources Information Center </em>(ERIC). Artikel-artikel yang ditemukan kemudian dianalisis dengan metode analisis isi. Hasil dari penelitian ini mengidentifikasi berbagai strategi yang dapat digunakan dalam merancang pembelajaran matematika berdasarkan prinsip <em>Cognitive Load Theory</em>, seperti efek tanpa tujuan (<em>goal-free effect</em>), efek contoh kerja (<em>worked example effect</em>), efek perhatian terpecah (<em>split-attention effect</em>), efek redundansi (<em>redundancy effect</em>), efek modalitas (<em>modality effect</em>), efek interaktivitas elemen (<em>element interactivity effect</em>), efek imajinasi (<em>imagination effect</em>), dan efek redupnya panduan (<em>guidance fading effect</em>).</p> Arum Dwi Rahmawati, Ferri Ardianzah, Pratiwi Novitasari Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1112 Sat, 30 Nov 2024 00:00:00 +0700