JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP <p><strong>Jurnal Jendela Pendidikan</strong> (e-ISSN: 2775-6181 p-ISSN: 2776-267X) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh <a href="https://www.jendelaedukasi.id"><strong>CV. Jendela Edukasi Indonesia</strong></a> dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan merupakan Jurnal Ilmiah Terakreditasi SINTA (5) dan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan <strong>Februari, Mei, Agustus, November</strong>. Kami mengundang peneliti, praktisi, dosen, guru, serta mahasiswa untuk mempublikasikan hasil penelitian yang telah dilakukan sebagai upaya pengembangan pendidikan di Indonesia. Dalam upaya menjaga kualitas artikel di Jurnal Jendela Pendidikan, kami mengambil pakar-pakar peneliti bidang pendidikan serta menggunakan software plagiarisme artikel.</p> en-US hericahyono@jendelaedukasi.id (Heri Cahyono) anwas.mashuri.1@gmail.com (Anwas Mashuri) Mon, 10 Feb 2025 05:39:36 +0700 OJS 3.2.1.3 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif untuk Meningkatkan Cara Berpikir Kritis https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1070 <p>Kemampuan berpikir kritis sangat penting bagi mahasiswa di era modern. Namun, metode pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru seringkali menghambat pengembangan keterampilan ini. Mahasiswa cenderung pasif dan kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kolaboratif dapat menjadi solusi yang efektif. Dengan bekerja dalam kelompok kecil, mahasiswa dapat berdiskusi, bertukar pikiran, dan memecahkan masalah bersama. Hasil penelitian membuktikan bahwa metode ini berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Mahasiswa menjadi lebih aktif, mampu mengevaluasi argumen, dan menganalisis informasi dengan lebih baik. Penerapan pembelajaran kolaboratif memberikan banyak manfaat. Selain meningkatkan pemahaman materi, metode ini juga melatih mahasiswa untuk bekerja sama, bertukar pikiran, dan berpikir secara kritis. Keterampilan-keterampilan ini sangat berguna dalam menghadapi tantangan di dunia kerja yang semakin kompleks. Oleh karena itu, penting bagi perguruan tinggi untuk mengintegrasikan pembelajaran kolaboratif dalam kurikulum. Dengan demikian, mahasiswa dapat mengembangkan potensi mereka secara optimal dan siap menghadapi masa depan.</p> Asya Izzati Virliana, Laeli shifa Nur Fauziah Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1070 Mon, 10 Feb 2025 00:00:00 +0700 Analisis Gaya Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1130 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi metode yang digunakan siswa menengah pertama dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya memahami gaya belajar siswa untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Ini terutama berlaku untuk mata pelajaran yang berkaitan dengan nilai-nilai kebangsaan dan kewarganegaraan. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain survei. Untuk mengumpulkan informasi, 38 siswa SMP Negeri 9 Kota Serang menerima kuesioner. Teori gaya belajar yang dikembangkan oleh Bobbi Deporter dan Mike Hernacki (2020) adalah dasar instrumen penelitian. Gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik dibahas dalam teori ini. Untuk menentukan gaya belajar yang dominan di kalangan siswa, penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan tes frekuensi. Hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menggunakan gaya belajar visual dan auditorial, sedangkan sebagian kecil siswa cenderung menggunakan gaya belajar kinestetik. Berdasarkan temuan ini, untuk meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap materi pelajaran, pengajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan harus disesuaikan dengan gaya belajar yang dominan.</p> Ilwan Aliansah, Ujang Jamaludin, Febrian Alwan Bahrudin Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1130 Mon, 10 Feb 2025 00:00:00 +0700 Learning Trajectory Peserta Didik Pada Materi Kubus Ditinjau Dari Kemampuan Matematis Dan Gaya Belajar https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1211 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui <em>Learning Trajectory</em> peserta didik pada proses pembelajaran materi kubus dengan meninjau pada kemampuan matematis dan gaya belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes angket gaya belajar, tes tulis <em>learning trajectory</em> dan wawancara. Hasil penelitian ini mendeskripsikan hasil analisis <em>learning trajectory</em> peserta didik dengan kemampuan matematis tinggi,sedang, dan rendah serta karakteristik gaya belajar peserta didik audio, visual dan kinestetik. Terdapat keberagaman <em>learning trajectory</em> pada peserta didik dalam memahami materi kubus, dimana <em>Hypothetical</em> <em>Learning</em> <em>Trajectory</em> yang disusun peneliti sebagai alur pemahaman materi kubus. Peserta didik dengan kemampuan matematis tinggi telah mampu memahami materi kubus sebagaimana hasil wawancara memperkuat jawaban hasil tes. Subjek yang memiliki kemampuan matematis sedang telah mampu memahami sebagian materi kubus. Subjek dengan kemampuan matematis rendah belum sesuai dengan capaian <em>Hypothetical</em> <em>learning</em> <em>trajectory</em> yang disusun peneliti karena belum memahami materi penunjang kubus. Selanjutnya peserta didik yang bergaya belajar audio memahami materi kubus ketika benar-benar memperhatikan guru menjelaskan, Subjek yang bergaya belajar visual, menunjukkan pemahaman jika subjek dibantu dengan gambar materi yang jelas. Selain itu subjek dengan gaya belajar kinestetik akan mempelajari hal-hal yang konkrit.</p> Siti Hanipah, Iman Solahudin, Azi Nugraha Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1211 Mon, 10 Feb 2025 00:00:00 +0700 Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa melalui Penerapan Media Diorama Pada Materi Ekosistem Kelas 3 di SDN Pegambiran 2 Kota Cirebon https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1207 <p>Keaktifan belajar adalah salah satu indikator keberhasilan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan observasi, keaktifan belajar siswa kelas 3 SDN Pegambiran 2 masih rendah dengan persentase 47,5%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa kelas 3 SDN Pegambiran 2 Kota Cirebon melalui penerapan media diorama ekosistem. Penelitian tindakan kelas dilakukan di kelas 3 dengan siswa yang berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, siswa menjadi aktif belajar (rata-rata= 2,5) dan termasuk kriteria sedang (62,5%). Sedangkan pada siklus II, siswa menjadi sangat aktif belajar (rata-rata= 3,2) dan termasuk kriteria tinggi (80%). Sehingga, setiap siklusnya terjadi peningkatan yaitu dari pra-siklus (47,5%) ke siklus I (62,5%) sebesar 15%, dan dari siklus I ke siklus II (80%) sebesar 17,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan media diorama ekosistem dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas 3 SDN Pegambiran 2 Kota Cirebon.</p> Siti Rahma, Arief Hidayat Afendi; Fahrur Rizal, Slamet Hidayat Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1207 Mon, 10 Feb 2025 00:00:00 +0700 Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas III SD Berbantuan Pot Penjumlahan https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1214 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penggunaan media pot penjumlahan dan model pembelajaran STAD dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan rancangan One Groupe Pretest-Posttest Design. Populasi dan dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD 6 Getassrabi sebanyak 15 siswa. Data yang menggunakan Teknik tes berupa soal essay. Data dianalisis menggunakan statistic uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 16,14 yang terlihat pada nilai rata-rata posttest sebesar 77,47 lebih baik dari nilai rata-rata pretest sebelumnya yaitu 61,33. Selain itu hasil uji N-Gain menunjukkan adanya peningkatan dengan hasil sebesar 43,14 berada pada kategori sedang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pot ppenjumlahan dan model STAD efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SD kelas III SD 6 Getassrabi.</p> Naily Putri Rahmawati, Diana Ermawati, Much Arsyad Fardani Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1214 Mon, 10 Feb 2025 00:00:00 +0700 Pengaruh Karakter Strength Apresiasi Keindahan terhadap Relasi Positif pada Mahasiswa Perguruan Tinggi https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1172 <p>Perguruan tinggi merupakan tempat di mana seseorang mampu menghayati kepelbagaian yang begitu beragam. Mahasiswa sebagai pembelajar mandiri dengan budaya, adat istiadat, dan latar belakang berbeda tersebut berkolaborasi bersama untuk menjadi pribadi yang unggul. Selain aspek kognitif, mereka dituntut berbudi pekerti dan memiliki nilai humaniora. Hal ini akan membantu mereka memiliki relasi positif yang berdasarkan riset sebelumnya, relasi positif mampu meningkatkan keseluruhan well-being. Adapun kesatuan dalam keberagaman atau unity-in-diversity merupakan prinsip dari keindahan secara filosofi dan riset. Artikel ini bertujuan melihat pengaruh dari apresiasi keindahan terhadap relasi positif. Studi ini mengambil data 190 partisipan mahasiswa usia 18-25 tahun dengan analisis regresi. Hasil penelitian menjelaskan kontribusi yang kuat dan signifikan apresiasi keindahan terhadap relasi positif. Dengan koefisien korelasi R sebesar .802 dan R2 sebesar .643 yang cukup tinggi pada model regresi. Saran untuk penelitian selanjutnya adanya intervensi penguatan traits apresiasi keindahan untuk memelihara relasi positif mahasiswa selama mereka belajar di perguruan tinggi.</p> Fadhilah Ahmad Qaniah, Nicki Yutapratama, Reska Putri Ismail Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1172 Mon, 10 Feb 2025 00:00:00 +0700 Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Magnet dengan Menggunakan Media Pembelajaran Diorama Dikelas V SDN Pegambiran 2 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1205 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi magnet dengan menggunakan media pembelajaran diorama. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yang digunakan model spiral C. Kemmis &amp; Mc Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Pegambiran 2 yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes. Instrumen penelitian dengan menggunakan butir soal. Teknik analisis data yaitu secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan rerata dan ketuntasan nilai hasil belajar IPAS materi magnet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada pra-siklus, rata-rata hasil belajar yaitu sebesar 59,20 termasuk kategori cukup dan presentase ketuntasan belajar sebesar 48%. Pada siklus 1, rata-rata hasil belajar peserta didik 77,00 termasuk kategori baik dan presentase ketuntasan belajar sebesar 70%. Siklus I belum memenuhi indikator keberhasilan tindakan dan perlu dilakukan perbaikan. Peneliti melakukan refleksi dan lebih memanfaatkan media diorama dalam proses pembelajaran. Pada siklus II rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 84,50 termasuk dalam kategori sangat baik dan persentase ketuntasan belajar 100%. Dengan demikian, penggunaan media diorama dapat meningkatkan hasil belajar IPAS materi magnet pada peserta didik kelas V.</p> Siti Zahra Fatimah, Arief Hidayat Afendi; Fahrur Rizal, Slamet Hidayat Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1205 Mon, 10 Feb 2025 00:00:00 +0700 Efektivitas Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran PAI Di Kelas V SD Negeri 104188 Desa Medan Krio https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1200 <p>Metode demonstrasi cocok untuk peserta didik Sekolah Dasar usia 7 hingga 11 tahun. Pada usia ini, peserta didik wajib menggunakan pengalaman langsung, konkret, untuk memahami dunia mereka. Seperti yang terjadi pada penelitian yang menunjukkan bahwa "kemampuan anak pada usia ini (7-11 tahun) masih pada bentuk nyata, mereka belum bisa berpikir secara abstrak. Oleh karena itu, peneliti ingin menguji efektivitas metode demonstrasi di kelas V Sekolah Dasar Negeri 104188 pada desa Medan Krio dengan memakai metode observasi untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dan metode kajian pustaka sebagai landasan teori.Dan hasil dari kegiatan penerapan strategi pembelajaran demonstrasi yang telah peneliti lakukan pada kelas V SDN 104188 dapat dikatakan efektif dalam memberikan pemahaman mengenai materi pelajaran yang disampaikan oleh pendidik.</p> Arlina Arlina, Intan Insyani Harahap, Ade Khoirina Anasta Nasution, Syaiful Bahri Sitompul Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1200 Mon, 10 Feb 2025 00:00:00 +0700 Dari Teman ke Tindakan: Hubungan antara Konformitas Teman Sebaya dengan Agresivitas Verbal Remaja SMP X Kota Samarinda https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1234 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi dengan fenomena agresivitas verbal yang terjadi di kalangan remaja. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif, bermaksud mengidentifikasi hubungan antara konformitas teman sebaya dan agresivitas verbal remaja. Subjek penelitian terdiri dari 100 remaja yang bersekolah di SMP X kota Samarinda, berusia antara 13 hingga 16 tahun, yang diambil melalui teknik <em>purposive sampling</em>. Metode pengumpulan data menggunakan model skala likert yaitu skala agresivitas verbal, dan skala konformitas teman sebaya. Data dikumpulkan menggunakan skala Likert, yang mencakup skala agresivitas verbal dan skala konformitas teman sebaya. Analisis statistik memakai metode korelasi <em>product moment</em>. Hasil analisis menunjukkan nilai koefisien korelasi r = 0,641 dan p = 0,000 p &lt; 0,05 (signifikan), artinya terdapat korelasi yang kuat antar konformitas teman sebaya dan agresivitas verbal di kalangan remaja SMP X Kota Samarinda.</p> Della Amelia, Aulia Suhesty Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1234 Mon, 10 Feb 2025 00:00:00 +0700 Pengembangan Modul Pembelajaran Digital Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI di SMAS Muhammadiyah 1 Pontianak https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1197 <p>Masalah dalam penelitian ini adalah media pembelajaran yang digunakan di sekolah berupa buku LKS dan modul pembelajaran berupa cetakan sehingga siswa belum memiliki pegangan buku sendiri yaitu modul pembelajaran Geografi elektronik untuk belajar mandiri dirumah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul pembelajaran digital pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI DI SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Metode yang digunakan yatu <em>Research and Development</em> (RnD) atau penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (<em>Analysis, Design, Development, Implementation, and Evalution). </em>Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, lembar wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu pengembangan modul pembelajaran digital menggunakan model pengembangan ADDIE. Kelayakan ahli media diperoleh skor yaitu 4,6 termasuk dalam kategori Sangat Layak, sedangkan untuk ahli materi diperoleh skor 4,05 dengan katagori kategori layak. Sedangkan untuk respon siswa diperoleh skor 3,28 termasuk dalam kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis android layak digunakan oleh siswa dalam proses pembelajaran.</p> Nurbani Nurbani, Henny Puspitasari, Sri Koriaty Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1197 Mon, 10 Feb 2025 00:00:00 +0700 The Effectiveness Of Using Ice Breaking In Teaching Speaking At Students Of Junior High School https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1232 <p>This study aims to determine the effect of using ice breaking method on speaking skills of SMP Negeri 5 Pontianak students in English learning. The research design used is Dependent sample t-test, while the research method is quantitative with ice breaking method as the independent variable (X), while teaching speaking as the dependent variable (Y). The participants in this study were all 30 students of SMP Negeri 5 Pontianak, 16 female students and 14 male students, the data in the study were collected using an instrument (oral test), then normality test, homogeneity test and descriptive statistics were used to evaluate the requirements of data analysis. While the dependent t test analysis was used to test the hypothesis using computer software assistance through the SPSS (Statistcal Package For the Scial Sciens) version 22 for windows program. Based on the research findings and discussion, the following conclusions can be drawn: There is an effect of using ice breaking method on students' speaking skill at SMP Ngeri 5 Pontianak. This is indicated by the t-test result, which is t count (-9.421) &gt; t table (1.699) with a significance level of 0.05. This shows that there is a positive effect of using ice breaking method on speaking skills in English learning, this means Ha is accepted and Ho is rejected.</p> Tasya Suriyawan; Alvina Yolanda, Muhammad Yassin Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1232 Mon, 10 Feb 2025 00:00:00 +0700 Evaluasi E-Modul Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII Tema Salat Fardhu Dalam Kondisi Tertentu https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1233 <p>Fenomena media belajar digital menciptakan peluang baru dalam dunia pendidikan, meningkatkan keterlibatan siswa, serta memberikan akses yang lebih luas terhadap sumber belajar. Peneliti ingin mengevaluasi e-modul berbasis canva pada mata pelajaran Fikih kelas VII tema Salat Fardhu dalam Kondisi tertentu di MTs Andini. Metodologi dalam penelitian ini adalah research and development dengan melibatkan 24 guru dan 50 siswa. Proses pengambilan data dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan instrumen berupa angket. Responden menjawab dan menilai kualitas e-modul tersebut. Hasil rata-rata analisis deskriptif e-modul berbasis canva untuk guru dan siswa aspek Kelayakan Isi adalah M = 4,49 dan SD = 0,06 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. Untuk aspek Tampilan adalah M = 4,43, SD = 0,07, termasuk Sangat Baik. Sedangkan aspek Kemudahan adalah M = 4,35, SD = 0,10, juga termasuk Sangat Mudah. Selanjutnya untuk aspek Efektifitas adalah M = 4,37, SD = 0,06, masuk kategori Sangat Efektif. Maka e-modul ini efektif digunakan dalam pembelajaran Fikih dalam memahami salat fardhu pada kondisi tertentu. Jadi e-modul berbasis Canva dapat digunakan sebagai alternatif media dalam mata pelajaran Fikih.</p> Suhernawati Suhernawati, Rian Vebrianto Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1233 Mon, 10 Feb 2025 00:00:00 +0700 The Effect of Parents’ Income on Students’ English Achievement https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1230 <p>This study aims to determine whether there is an effect of parents' income on student English achievement at Senior High School 1 Rasau Jaya. The research design used is Analysis Of Variance test, while the research method is quantitative. Discussion method as the independent variable (X) is parents’ income (low, Middle and High), while English learning achievement as the dependent variable (Y). The participants in this study were students selected using random sampling technique, namely students from Senior High School 1 Rasau Jaya totaling 100 people, namely 32 from the low income group, 36 students from the middle income group and 32 students from the high income group. Data in the study were collected using instruments (questionnaires), then assessed normality test, homogeneity test used to evaluate the requirements of data analysis. While analysis of variance analysis was used to test the hypothesis using computer software assistance through the SPSS (Statistcal Package for the Scial Sciens) version 24 for windows program. Based on the research findings and discussion, the following conclusions can be drawn: There is no effect of parents' Income on English Achievement. This is indicated by the result of the significance level of Analysis of variance 0.974 &gt; 0.05. This shows that there is no influence between parents' income on student English achievement. This means Ho is accepted and Ha is rejected.</p> Miftakul Jannah; Muhammad Yassin, Alvina Yolanda Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1230 Mon, 10 Feb 2025 00:00:00 +0700 Analisis Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Di Sekolah Dasar https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1212 <p>Profil pelajar pancasila adalah gambaran profil lulusan yang mencerminkan karakter dan kompetensi yang diharapkan, sekaligus memperkuat nilai-nilai luhur pancasila bagi peserta didik. Pembelajaran akidah akhlak tidak lepas dari pembentukan karakter maka tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan penguatan profil pelajar pancasila dalam membentuk karakter siswa pada pembelajaran akidah akhlak. Penelitian ini berbasis kajian literatur, mencakup rangkuman tertulis yang diambil dari jurnal, buku, serta dokumen lain yang menguraikan teori dan menyediakan informasi mengenai peristiwa masa lalu dan kini, yang diorganisir berdasarkan topik dan kebutuhan dokumen. Hasil Penelitian ini menjelaskan bahwa pembentukan karakter siswa dipengaruhi oleh faktor bawaan dan lingkungan, serta diperkuat melalui profil pelajar pancasila yang menginternalisasi nilai-nilai moral dan etika. Enam karakter utama dalam profil pelajar pancasila menjadi landasan penting, terutama dalam kaitannya dengan mata pelajaran akidah akhlak yang mengajarkan nilai-nilai agama dan akhlak Islami. Guru berperan sentral dalam menanamkan nilai-nilai tersebut melalui contoh, disiplin, dan kegiatan pembelajaran, sehingga menghasilkan generasi yang tangguh, berakhlak mulia, dan adaptif terhadap tantangan zaman.</p> Munawir Munawir, Nishfatul Lailiyah Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1212 Mon, 10 Feb 2025 00:00:00 +0700 Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Agresivitas Verbal Pada Siswa SMP X Di Samarinda https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1242 <p>Kontrol diri merupakan salah satu faktor internal individu yang mempengaruhi perilaku agresivitas verbal remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan agresivitas verbal pada siswa SMP X di Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi Pearson Product Moment. Sampel penelitian berjumlah 100 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui skala kontrol diri dan skala agresivitas verbal berbasis Likert. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan signifikan antara kontrol diri dan agresivitas verbal, di mana semakin tinggi kontrol diri siswa, semakin rendah tingkat agresivitas verbal yang ditunjukkan. Penelitian ini menekankan pentingnya upaya pengembangan kontrol diri pada siswa untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan positif.</p> Nur Qurratul Nabila, Aulia Suhesty Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1242 Mon, 10 Feb 2025 00:00:00 +0700 Analisis Literasi Keberlanjutan Peserta Didik Fase E SMA Negeri 2 Padang pada Materi Keanekaragaman Hayati https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1246 <p>Literasi keberlanjutan menjadi salah satu keterampilan penting abad ke-21, khususnya dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan. Literasi keberlanjutan merupakan kemampuan yang penting dimiliki oleh peserta didik dalam menerapkan nilai-nilai keberlanjutan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam menghadapi masalah yang berkaitan dengan keanekaragaman hayati. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan instrumen berupa soal tes literasi keberlanjutan. Data dianalisis untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam memahami, menganalisis, dan mengambil keputusan terkait isu keberlanjutan pada keanekaragaman hayati. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi keberlanjutan peserta didik fase E di SMA Negeri 2 Padang pada materi keanekaragaman hayati melalui tiga aspek utama, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan pola pikir. Penelitian dilakukan pada peserta didik Fase E sebanyak 90 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor tingkat literasi keberlanjutan peserta didik Fase E SMA Negeri 2 Padang sebesar 51,11 dengan kategori sangat rendah. Skor masing-masing aspek literasi keberlanjutan yaitu aspek pengetahuan 56,69 (rendah), aspek keterampilan memiliki skor 48,02 (sangat rendah) dan aspek pola pikir 42,44 (sangat rendah).</p> Anindita Fildzah Sani, Suci Fajrina, Ardi Ardi, Ganda Hijrah Selaras Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1246 Mon, 10 Feb 2025 00:00:00 +0700 Efektivitas Media Pembelajaran Augmented Reality Assemblr Edu Pada Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD Kelas V https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1241 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektiv media berbasis <em>augmented reality assemblr EDU </em>pada pembelajaran IPAS terhadap berpikir kreatif siswa kelas V SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitaif dengan kuasi eksperimen. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VA dan VB di SD IT Nurussalam yang berjumlah 40 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan metode kuantitaif dengan instrument <em>pre-test </em>dan <em>post-test </em>dapat diketahui bahwa kelas yang menggunakan media AR <em>assemblr EDU </em>dalam pembelajaran lebih tinggi berpikir kreatifnya dari pada kelas yang hanya menggunakan buku mata pelajaran dalam pembelajaran. Dengan demikian media <em>augmented reality asssemblr EDU </em>berpengaruh pada pembelajaran IPAS terhadap berpikir kreatif siswa kelas V SD IT Nurussalam.</p> Annisa Ulfa Khaira, Neni Hermita, Jesi Alexander Alim Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1241 Mon, 10 Feb 2025 00:00:00 +0700 Interferensi Budaya Asing Terhadap Perilaku Mahasiswa Di lingkungan Universitas Kaltara https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1260 <p>Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, munculah globalisasi. Globalisasi merupakan sebuah proses meghadirkan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dari setiap individu tanpa dibatasi oleh wilayah. Globalisasi juga dapat disebut dengan proses integrasi yang terjadi karena adanya pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Globalisasi tidak semata berdampak positif, tetapi ada pula dampak negatif. Globalisasi menggeser nilai-nilai Nasionalisme dan kebudayaan yang telah ada di Indonesia. Globalisasi menimbulkan berbagai masalah dalam bidang budaya, contohnya memudarkan budaya asli suatu daerah dan menurunkan rasa Nasionalisme serta Patriotsime dan juga menghilangkan sifat kekeluargaan serta gotong royong. Kebudayaan Asing yang masuk akibat globalisasi ke Indonesia telah mengubah perilaku dan kebudayaan Nasional.</p> Tias Pornamasari Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1260 Mon, 10 Feb 2025 00:00:00 +0700 Analisis Kemampuan Pemahaman Isi Puisi Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1259 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman isi puisi melalui pendekatan keterampilan proses pada pelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Responden penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 46 Gresik yang terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman isi puisi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman isi puisi siswa meningkat setelah diberikan pembelajaran melalui pendekatan keterampilan proses. Terdapat peningkatan yang signifikan pada aspek pemahaman makna kata, pemahaman makna kalimat, pemahaman makna paragraf, serta pemahaman makna keseluruhan puisi. Oleh karena itu, pendekatan keterampilan proses dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman isi puisi pada pelajaran Bahasa Indonesia.</p> Muhammad Nurul Azmi, Nanang Khoirul Umam, Ismail Marzuki Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1259 Mon, 10 Feb 2025 00:00:00 +0700 Studi Literatur: Efektivitas Pendekatan STEM dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1254 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dalam berbagai disiplin ilmu terhadapnya meningkatnya kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan literatur (literature review) yang mencakup analisis terhadap 20 studi relevan yang diterbitkan antara tahun 2020 hingga 2024. Hasil dari tinjauan ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan STEM secara signifikan berkontribusi pada peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Melalui pengalaman belajar yang berbasis proyek dan eksperimen, siswa terlibat secara aktif dalam pemecahan masalah kompleks, yang mendorong mereka untuk berpikir secara kritis dan menganalisis informasi dengan lebih mendalam. Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi pendekatan STEM dalam kurikulum pendidikan dasar, sehingga siswa dapat dipersiapkan menghadapi tantangan abad ke-21 dengan lebih baik.</p> Trinanda Zalsa, Amelia Fitri, Faisal Ali Nurdin, Lulu Dhiyana Shita, Nadia Ananta Ramadaniah Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1254 Mon, 10 Feb 2025 00:00:00 +0700 Penggunaan Media Paprik untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Meminjam Siswa Kelas II SD https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1223 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung pengurangan meminjam melalui media papan pengurangan interaktif (Paprik). Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas model Kemmis &amp; Mc. Taggart. Data penelitian ini dikumpulkan melalui hasil tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Pegambiran 2 yang berjumlah 30 siswa, yakni 11 orang Perempuan dan 19 orang laki-laki. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media Paprik dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung pengurangan meminjam bagi siswa kelas II SDN Pegambiran 2 Kota Cirebon. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan dari pra siklus, siklus I, II, dan III. Pada pra siklus rata-rata nilai diperoleh 45, meningkat pada siklus I dan II menjadi 68, pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 70. Jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan pada pra siklus sebanyak 5 orang atau sebesar 16%, pada siklus I meningkat menjadi 16 orang atau sebesar 53%, pada siklus II meningkat lagi menjadi 18 orang atau sebesar 60%, begitupun pada siklus III meningkat menjadi 20 orang atau sebesar 66%.</p> Siti Nursya'adah, Arief Hidayat Afendi, Fahrur Rizal, Slamet Hidayat Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1223 Mon, 10 Feb 2025 00:00:00 +0700 Analisis Penerapan Hidden Curriculum dalam Mewujudkan Kebhinekaan Global di Sekolah Dasar https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1210 <p><em>Hidden curriculum</em> dapat menjadi fondasi penting dalam mendidik generasi yang siap menghadapi tantangan global dengan pemahaman yang mendalam tentang keberagaman. Penelitian ini bertujuan untuk memperluas perspektif tentang hidden curriculum sebagai instrumen penting dalam mendidik siswa dengan nilai-nilai kebhinekaan global, tidak hanya melalui keterlibatan guru tetapi juga melalui lingkungan sekolah secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 12 Karanggondang, Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas VI, guru agama dan siswa kelas VI yang berjumlah 15 siswa. Perayaan hari besar agama Islam dan Kristen serta pembiasaan membaca Asmaul Husna dan menyanyikan lagu rohani menjadi langkah efektif dalam menanamkan nilai toleransi dan penghargaan terhadap perbedaan. Hubungan yang kuat antara siswa dan guru serta dukungan orang tua merupakan faktor pendukung utama, sementara keterbatasan kegiatan ekstrakurikuler menjadi hambatan dalam pelaksanaan <em>hidden curriculum.</em></p> Marthata Cahya Tria Mustikaweni, Syailin Nichla Choirin Attalina, Hamiddaturohmah Hamiddaturohmah Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1210 Mon, 10 Feb 2025 00:00:00 +0700