Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Pada Siswa Kelas 2 SD Negeri Ngadirejo 03
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v4i02.751Keywords:
Model TGT, Keaktifan Belajar, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Negeri Ngadirejo 03 yang berjumlah 31 siswa. penelitian yang di lakukan menggunakan penelitian tindakan kelas yang di lakukan dengan menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdapat tahapan yang di lakukan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes. Instrumen penelitian yang di lakukan menggunakan observasi secara langsung. Teknik analisis data menggunakan teknik kooperatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Peningkatan terlihat pada siklus I pada kategori “Tinggi” jumlah siswa 8 orang dengan presentase 25, 80%. Kategori “Sedang” jumlah siswa 18 orang dengan presentase 58,06%. Kategori “Rendah” jumlah siswa sebanyak 5 orang dengan presentase 16,12%. Kategori “Sangat Rendah” jumlah siswa sebanyak 0 dengan presentase 0,00%. hasil siklus II dengan beberapa perbaikan yang sudah di implementasikan model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Tournament (TGT) memperoleh hasil pada kategori “Tinggi” jumlah siswa sebanyak 24 orang dengan presentase 77,41%. Kategori “Sedang” sebanyak 7 orang dengan jumlah presentase 22,58%. Kategori ‘Rendah” sebanyak 0 siswa yabg mana presentase 0,00%. Kategori “Sangat Rendah” jumlah siswa sebanyak 0 dengan presentase 0,00%. Tindakan pada siklus ke II ini mengalami peningkatan dari siklus ke I.
References
Astuti, W., & Kristin, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 155. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.10471
Endah, N. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbantuan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 96. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2131
Fitria, A., Suryadi, & Nurlaela, E. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbantuan Media Group Card Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 2548–6950.
Hartanto, H., & Mediatati, N. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3224–3252. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2928
Mahayasa, I. D. M. (2023). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Indonesian Journal of Instruction, 4(2), 85–92. https://doi.org/10.23887/iji.v4i2.60888
Nurhayati, Egok, A. S., & Aswarliansyah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 3.
Parhusip, G. D., & Kristanto, Y. D. (2023). Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament ( TGT ). 11(2), 293–306.
Pendidikan, S. N., Semarang, U. M., Aulia, J., Fatichatul, F., Semarang, U. M., Kimia, D. P., & Semarang, U. M. (2002). ANALISIS KEAKTIFAN SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL TEAMS GAMESTOURNAMENTS ( TGT ) PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI IPA 5 DI keywords : Teams games tournament , active , cooperative learning. 416–425.
Sahmar, S. W., Idawati, & Quraisy, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi, Keaktifan dan Hasil Belajar IPS pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 9(4), 891–892. https://id.wikipedia.org/wiki/Sang_Pencerah#/media/Berkas:Sang_Pencerah.jpg
Saputra, R. Y., & Harjono, N. (2024). Model Kooperatif Teams Games Tournament dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa SD. 10(1), 88–97.
Sekolah, D. I., Virgo, D., & Ambarawa, M. (2014). Alumni Program Studi S1 PGSD FKIP - Universitas Kristen Satya Wacana. 121–136.
Wahyuni, M., Riza, N., Asna, R., Zikri, S., Rahman, Y., Matematika, P., Pahlawan, U., Tambusai, T., Tournament, T. G., & Sama, K. (n.d.). Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Peminatan melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe. 4(3), 1543–1547.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





