Penerapan Model Pembelajaran Probyng Prompting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor Di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo

Authors

  • Nurhidayah Nurhidayah Universitas Negeri Gorontalo
  • Trisnawaty Junus Buhungo Universitas Negeri Gorontalo
  • Dewa Gede Eka Setiawan Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v4i03.914

Keywords:

Model Probyng Prompting, PTK, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 3. Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas (PTK) dengan bentuk penelitian tindakan yang di terapkan langsung dalam aktivitas pembelajaran di kelas dengan menggunakan Model Pembelajaran Probyng Prompting. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 4 Kota Gorontalo yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata adalah dengan presentase 80%, pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 20 orang siswa dan kategori tidak tuntas sebanyak 10 orang siswa. Data hasil belajar pada siklus II yang meningkat menjadi 90%  dengan ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 27 orang siswa sedangkan yang tidak tuntas adalah 3 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian diatas disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 4 Kota Gorontalo melalui penerapan model pembelajaran Probyng Prompting.

References

Angga Ardianto, Dodik Mulyono, Sri Handayani. 2019. “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP.” Jurnal Inovasi Matematika 1(1): 31–37.

Anton, Suwito. 2015. “Pendekatan Parade Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Tent ang Materi Sistem Pemerintahan Melalui Pemanfaatan Media Voucher Pada Kelas Xii Ips 2 Sma Negeri 1 Lasem.” Jurnal Ilmiah CIVIS Volume 5(No. 2): 843–54.

Apriyanti, Eka, Wahyuni Amaliah, Dan Emilia Ndia, and Universitas Patompo Makassar. 2022. “Studi Literatur: Penerapan Model Pembelajaran Probyng-Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Biology and Education Journal 2(2): 44–54.

Bayanah, Siti, and Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. 2019. “Pengaruh Suasana Kelas Terhadap Hasil Belajar Pembuatan Busana Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan.” Jurnal KELUARGA 5(1): 1–2.

Bomantara, GUPW, and Z Zulherman. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Probyng-Prompting Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu … 3(5): 3105–12. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1227.M

Giancoli Douglas C, Fisika Edisi Kelima Jilid 1 ,(Jakarta : Erlangga 2001)

Jaya, Pandau. 2022. “Sarmadhan Lubis – Penerapan Model Pembelajaran Probyng Prompting Untuk Kemampuan Page 176.” 11(2): 176–89.

Jayanti, Raahmawati. 2018. “Pembelajaran Menggunakan Teknik Probyng Prompting Berbantuan Edmodo Blended Learning Pada Materi Persamaan Diferensial Matematis Mahasiswa Di Universitas Pgri Palembang.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.

Jewett Serway, Fisika Untuk Sains Dan Teknik, ( Jakarta : Salemba Teknika 2010).

Junaedi, Ifan. 2019. “Proses Pembelajaran Yang Efektif.” Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research 3(2): 19–25.

Khairuddin, K. 2022. “Peranan Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Lingkup Pendidikan. ”Jurnal Pendidikan Tambusai 6(1):405

Maliasih, Hartono, and P Nurani. 2017. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments Dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA.” Jurnal Profesi Keguruan 3(2): 222–26.

Mayasari, Y. 2014. Penerapan Teknik Probyng Prompting Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTSN Lubuk Buaya Padang. Volume 2, No. 1 (Diakses tanggal 18 Januari 2017).

Megariati. 2014. “Materi Turunan Fungsi Menggunakan Teknik Probyng Prompting Di Kelas XI Ipa 1 Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Palembang.” Jurnal Pendidikan Matematika 5(1): 74–94.

Mukhtar, Muhammad, Ummi Rosyidah, and Astri Setyawati. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probyng Prompting Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa.” Mathema Journal 4(1): 50–57. https://www.almufi.com/index.php/AJMAEE/article/view/2.

Murdaka Bambang & Tri Kuntoro, Fisika Dasar Untuk Mahasiswa Ilmu-ilmu Eksata dan Teknik, (Yogyakarta: Andi, 2008)

Na’imah, Hilda Roikhatun. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Probyng Prompting Dalam Pembelajaran Menganalisis Struktur Dan Kebahasaan Surat Dinas Siswa Kelas VII SMPN 2 Balen Bojonegoro.” Bapala 8(5): 71–82.

Nurjanah, Siti et al., 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Probyng Prompting Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Kelas X MA Ahsanul ’Ibad Taman Fajar.” Mathema Journal 4(2): 2022.

Novena, Viola Vesa, and Kriswandani Kriswandani. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Probyng Prompting Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Self-Efficacy.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 8(2): 189–96.

Novita Laumarang, S., Haris Odja, A., & artikel, R. (2023). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Pemanasan Global Info Artikel ABSTRAK. http://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii

Pbl, Model. 2022. “Machine Translated by Google Perbandingan Antara Probyng Prompting Model Pembelajaran Dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VI SMPN 1 Cempa.”

Suhendri, Huri. 2011. “Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 1(1): 29–39.

Suastini, Ni Putu. 2019. “Model Pembelajaran Probyng-Promting Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris.” Journal of Education Action Research 3(4): 366.

Utami, Dian. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Probyng Prompting Dalam Pembelajaran Mengabstraksi Teks Negosiasi Pada Siswa Kelas X SMA/MA.” Riksa Bahasa 2(2): 151–58.

Young & Freedman, Fisika Universitas Edisi Kesepuluh Jilid I, (Jakarta: Erlangga,2002).

Association. (2019). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (4th ed.). Washington, DC: Author.

Booth-LaForce, C., & Kerns, K. A. (2014). Child-parent attachment relationships, peer relationships, and peer-group functioning. In K. H. Rubin, W. M. Bukowski, & B. Laursen (Eds.), Handbook of peer interactions, relationships, and groups (pp. 490-507). New York, NY: Guilford Press.

Keller, T. E., Cusick, G. R., & Courtney, M. E. (2015). Approaching the transition to adulthood: Distinctive profiles of adolescents aging out of the child welfare system. Social Services Review, 81, 453- 484.

Koo, D. J., Chitwoode, D. D., & Sanchez, J. (2018). Violent victimization and the routine activities/lifestyle of active drug users. Journal of Drug Issues, 38, 1105-1137. Retrieved from http://www2.criminology.fsu.edu/~jdi/

Senior, B., & Swailes, S. (2017). Inside management teams: Developing a teamwork survey instrument. British Journal of Management, 18, 138-153. doi:10.1111/j.1467-8551.2006.00507.x

Downloads

Published

2024-08-26

How to Cite

Nurhidayah, N., Buhungo, T. J. ., & Setiawan, D. G. E. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Probyng Prompting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor Di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 4(03), 310–321. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i03.914