https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/issue/feed JURNAL JENDELA PENDIDIKAN 2024-02-25T11:45:25+07:00 Heri Cahyono hericahyono@jendelaedukasi.id Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Jendela Pendidikan</strong> (e-ISSN: 2775-6181 p-ISSN: 2776-267X) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh <a href="https://www.jendelaedukasi.id"><strong>CV. Jendela Edukasi Indonesia</strong></a> dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan <strong>Februari, Mei, Agustus, November</strong>. Kami mengundang peneliti, praktisi, dosen, guru, serta mahasiswa untuk mempublikasikan hasil penelitian yang telah dilakukan sebagai upaya pengembangan pendidikan di Indonesia. Dalam upaya menjaga kualitas artikel di Jurnal Jendela Pendidikan, kami mengambil pakar-pakar peneliti bidang pendidikan serta menggunakan software plagiarisme artikel.</p> https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/675 Membangun Keadaban Digitalisasi Warga Negara Indonesia dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan 2024-01-21T13:59:59+07:00 Wafa Khairunisa wafachachakhairunisa@gmail.com Ari Febrian Ari-Febrian-jjp411@gmail.com Dadang Sundawa Dadang-Sundawa-98676@yd.id Rahmat Rahmat RahmatRahmatRahmat@jendela.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki keterkaitan antara Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dalam mengembangkan keadaban Warga Negara Indonesia di tengah era digitalisasi. Dengan memanfaatkan metode penelitian kualitatif dan tinjauan literatur, studi ini menyoroti aspek-aspek PKn, kewarganegaraan digital, dan unsur-unsur digital citizenship. Proses pengumpulan data yang digunakan dengan cara mengevaluasi secara mendalam terhadap teori PKn, kewarganegaraan digital, dan unsur-unsur <em>digital citizenship</em>. Metode analisis data yang diterapkan yaitu reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PKn memegang peran penting dalam membentuk kepribadian warga negara yang dapat beradaptasi di era digital. Konsep kewarganegaraan global dan unsur-unsur digital citizenship memberikan dasar yang komprehensif untuk merancang kurikulum PKn yang responsif terhadap tuntutan zaman.</p> 2024-02-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/683 Kajian Permasalahan Bidang Kurikulum Merdeka Belajar Pada Sekolah Dasar 2024-01-28T22:40:23+07:00 Heni Purwulan heni.purwulan@udn.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Kurikulum Merdeka Belajar, hambatan yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikannya, serta tindakan yang diambil oleh guru untuk mengatasi hambatan tersebut di SDN 1 Jiwan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan melibatkan kepala sekolah, guru, dan siswa kelas I dan IV sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan menguji keabsahan data melalui Teknik Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SDN 1 Jiwan, telah diterapkan Kurikulum Merdeka Belajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis proyek, asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif, serta pembelajaran berbasis mata pelajaran. Namun, guru menghadapi sejumlah hambatan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran, seperti kesulitan dalam menganalisis CP, merumuskan TP, menyusun ATP dan Modul Ajar, menentukan metode dan strategi pembelajaran, serta keterbatasan kemampuan dalam menggunakan teknologi dan sumber belajar. Untuk mengatasi hambatan tersebut, guru melakukan upaya seperti pertemuan rutin dengan Kelompok Kerja Guru, mendapatkan pendampingan dari Pengawas, serta mendapatkan bimbingan khusus dari kepala sekolah. Mereka juga menggunakan buku abjad, membuat lembar kerja, dan mengembangkan format proyek sendiri. Selain itu, guru melanjutkan proyek di rumah, membuat catatan, dan mengikuti pelatihan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar sebagai langkah untuk mengatasi permasalahan yang muncul dalam penerapan kurikulum tersebut.</p> 2024-02-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/653 Hakikat Filsafat Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Kepribadian Muslim dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Kontemporer 2024-01-09T00:35:51+07:00 Rivaldi Darmawan rivaldiibs@gmail.com <p>Artikel ini mendialogkan pendidikan karakter dalam membentukan kepribadian muslim yang kemudian direlevansikan dengan proses mewujudkan nilai-nilai karakter pada ranah pendidikan islam kontemporer. Seperti diketahui bersama fakta dilapangan menunjukkan jika pendidikan hari ini masih menemui problem dalam mendidik karakter. Terbentuknya karakter yang luhur merupakan salah satu cita-cita dan tujuan dari pendidikan. Mirisnya perkembangan zaman semakin menjauhkan pendidikan dari cita-citanya menghasilkan karakter yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research) melalui penelusuran data pustaka yang terdapat dalam buku kemudian dilengkapi dengan sumber pustaka lain artikel ilmiah yang berhubungan dengan pembahasan artikel ini. Artikel ini menyimpulkan peran dari hakikat filsafat dalam menjalankan pendidikan karakter dalam hal ini dilakukan dengan cara Moral acting, knowing, feeling dan loving, dan moral modelling. Pendidikan karakter tersebut kemudian direlevansikan dengan pendidikan kontemporer antara lain dalam hal Integrasi nilai-nilai islam, pendidikan moral dan etika, pendidikan integritas dan nilai kejujuran serta pendidikan toleransi. Dari kesimpulan tersebut artikel ini berimplikasi pada satuan pendidikan nasional harus memandang aspek filosofis dalam mengembangkan pendidikan karakter.</p> 2024-02-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/613 Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Kecanduan Game Online Pada Remaja di Kota Bekasi 2024-01-09T00:26:11+07:00 Abdul Azis abdul.azis19@mhs.ubharajaya.ac.id Nurwahyuni Nasir nurwahyuni.nasir@dsn.ubharajaya.ac.id <p><em>Game online </em>merupakan sebuah hiburan yang mudah di dapatkan dan dilakukan jika dibandingkan dengan hiburan lainnya. Game online adalah permainan yang dapat dimainkan oleh banyak orang pada waktu bersamaan melalui jaringan internet<em>,</em> bermain <em>game online </em>selain memberikan individunya kesenangan, <em>game online </em>pun dapat menimbulkan masalah potensial seperti kecanduan. Banyak dikalangan remaja yang mengalami kecanduan <em>game online, </em>sehingga berdampak pada beberapa aspek kehidupan, seperti aspek kesehatan, aspek psikologis, aspek akademik, aspek sosial dan aspek keuangan. Subjek yang digunakan pada penelitian ini merupakan remaja SMA/SMK, berusia 16-18 tahun, berdomisili di Kota Bekasi. Hasil uji kategorisasi didapatkan bahwa kebanyakan siswa mngalami kecanduan <em>game online </em>dan tidak bisa mengontrol dirinya dalam bermain <em>game online.</em></p> 2024-02-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/689 Pengaruh Media Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas 4 SD 2024-02-05T20:41:33+07:00 Mega Amalia virgipratama02@gmail.com Muhamad Virgi Pratama Muhamad-Virgi-Pratama-09@gmail.com Niken Ayu Pratiwi Niken-Ayu-Pratiwi-9988@gmail.com Ari Fujiarti Ari-Fujiarti-jjp@gmail.com <p>Untuk meningkatkan pengaruh media interaktif terhadap minat belajar siswa, maka guru membuat strategi pembelajaran yang melibatkan media interaktif di dalamnya. Media interaktif menjadi pedoman baru bagi guru saat ini untuk membantu siswa dan guru dalam memberikan dan menerima pelajaran. Jenis penelitian ini adalah studi literatur dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yang hasil dari penelitian ini bersumber pada 10 jurnal nasional. Berdasarkan hasil analisis 10 jurnal nasional adalah bahwa media pembelajaran interaktif memiliki kesan positif dalam meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar.</p> 2024-02-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/688 Meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak usia dini melalui permainan congklak: studi literatur 2024-02-05T04:49:48+07:00 Benedicta Audrey Putri Trisnadewi dictaudrey@gmail.com Ervina Kumalasari ervinakumalasari.ek@gmail.com Elalita Rumondang Tobing elalitatobing@gmail.com <p>Permainan tradisional congklak memiliki peran penting dalam perkembangan kognitif, motorik halus dan sosial emosional anak usia dini. Artikel ini bertujuan untuk memahami lebih dalam efektivitas bermain congklak dengan aspek-aspek perkembangan, seperti perkembangan kognitif, sosio-emosional, dan motorik halus pada individu. Melalui studi literatur, faktor-faktor yang mempengaruhi psikologi individu dalam konteks permainan congklak telah diidentifikasi. Hasil studi literatur menemukan bahwa permainan congklak efektif meningkatkan perkembangan kognitif, motorik halus dan sosial-emosional anak. Dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional congklak dapat dianggap sebagai alat pembelajaran yang tidak hanya memberikan hiburan tetapi juga mendukung perkembangan psikologis anak.</p> 2024-02-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/691 Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Video Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa 2024-02-08T11:08:33+07:00 Rahmatia Rahmatia rahmatiamadrus18@gmail.com Ritin Uloli Ritin-UloliRitin-Uloli@gmail.com Abdul Haris Odja Abdul-Haris-Odja-12688@yahoo.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model <em>Problem Based Learning </em>berbantuan video terhadap keterampilan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 1 Lakea. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi kelas XI dan diambil sebagai sampel 2 kelas. Pengumpulan data menggunakan tes uraian dengan indicator berpikir kritis sebanyak 10 jumlah soal. Teknik pengmpulan data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, dan uji hipotesis. Nilai rata-rata pretes kelas eksperimen memperoleh sebesar 18.53 dan kelas kontrol 14.96 sedangkan pada nilai rata-rata posttest kelas eksperimen memperoleh nilai 75.82. dan kelas kontrol 68.86. nilai uji homogenitas f<sub>hitung </sub>1.69 f<sub>tabel</sub> 2.01 maka H<sub>0</sub> diterima, nilai rata-rata uji N-gain kelas eksperimen 0.701 (tinggi) sedangkan kelas kontrol 0.632 (sedang), dengan nilai hasil uji hipotesis diperoleh nilai t<sub>hitung</sub> sebesar 2.86 dan t<sub>tabel </sub>sebesar 2.01 sehingga H<sub>0</sub> ditolak, dapat disimpulkan bahwa model <em>problem based learning </em>berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 1 Lakea.</p> 2024-02-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/680 Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama IT Az-Zuhra Islamic School Pekanbaru 2024-02-12T16:31:26+07:00 Novita Sari novitasari@institutazzuhra.ac.id <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan representasi matematika siswa SMP IT Az-Zuhra <em>Islamic School </em>Pekanbaru<em>. </em>Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan representasi matematika antara siswa yang diterapkan model <em>problem based learning </em>dan siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain <em>non equivalent control group design. </em>Peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Pertama IT Az-Zuhra <em>Islamic School </em>Pekanbaru tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 250 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.A sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model <em>problem based learning </em>dan kelas VII.B sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu satu kali pertemuan <em>pretest</em>, empat kali pertemuan dengan menggunakan model <em>problem based learning</em><em>, </em>dan satu pertemuan lagi dilaksanakan <em>posttest</em>. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus uji-<em>t </em>untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan representasi matematika siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh nilai t<sub>hitung </sub> sebesar 2,93 dan nilai t<sub>tabel </sub>pada taraf signifikan 5% sebesar 2, 01 maka t<sub>hitung </sub>&gt; t<sub>tabel </sub>atau 2,93 &gt; 2, 01, sehingga H<sub>a </sub>diterima dan H<sub>o</sub> ditolak. Artinya terdapat perbedaan kemampuan representasi matematika antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Selain itu, berdasarkan hasil <em>posttest </em>nilai rata-rata kelas eksperimen juga lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol yaitu kelas eksperimen memperoleh 72,81 dan kelas kontrol memperoleh 61,11. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model <em>problem based learning </em>memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan representasi matematika siswa.</p> 2024-02-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/685 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa 2024-02-02T11:29:04+07:00 Lica Perta Juliyas Muharni licapertajuliyas@institutazzuhra.ac.id <p>Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan penalaran matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bahwa kemampuan penalaran matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Treffinger lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan penalaran matematika siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian <em>Quasi Eksperimen</em> dan desain yang digunakan adalah <em>Postest Only Grup Design. </em>Dalam penelitian ini peneliti berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII putri MTs Darul Hikmah Pekanbaru sebanyak 138 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan penalaran matematika siswa. Hasil penelitian diperoleh nilai t<sub>obtained</sub> = 2,74, dengan taraf signifikan 5% dan dk = 51 dari daftar distribusi t diperoleh t<sub>table</sub> = 1,67. Oleh karena itu nilai t<sub>obtained</sub> &gt; t<sub>table</sub> karena 2,74&gt;1,67, sehingga t<sub>a</sub> diterima dan t<sub>0 </sub>ditolak artinya kemampuan penalaran matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Treffinger lebih tinggi dari pada kemampuan penalaran matematika siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional.</p> 2024-02-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/694 Literatur Review : Pengaruh Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar 2024-02-09T11:05:59+07:00 Ari Fujiarti Arifujiarti2@gmail.com Diva Kartika Meilania divakartika238@gmail.com Mita Angraeni mitaangraeni9@gmail.com Rani Nur Umah ranikarmachameleon@gmail.com <p>Pembelajaran merupakan suatu proses pembelajaran yang memerlukan metode, media serta strategi pembelajaran, yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, e-modul merupakan salah satu contoh dari media pembelajaran yang berbasis digital, media pembelajaran merupakan wadah atau cara yang digunakan para pendidik untuk melakukan proses pembelajaran dimana media dapat memudahkan pendidik dalam proses penyampaian materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh E-Modul dalam proses pembelajaran khususnya pada hasil belajar peserta didik, dan terbukti dari beberapa penelitian terdahulu bahwa terdapat pengaruh E-Modul terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan literature review dari penelitian-penelitian terdahulu dalam google scholar jurnal tahun 2019-2023. Dari semua penelitian yang digunakan menghasilkan bahwa terdapat pengaruh e-modul terhadap hasil belajar siswa dengan melihat hasil validitas, kepraktisan dan keefektifan dalam penelitian tersebut menunjukan memang e-modul layak dijadikan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar, karena adanya pengaruh digitalisasi dengan pembelajaran menjadikan proses pembelajaran menjadi tak biasa dan menarik sehingga mampu meningkatkan minat siswa dalam belajar yang mempengaruhi hasil dari pembelajaran tersebut.</p> 2024-02-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/695 Pengaruh Metode Silaba Berbantuan Macromedia Flash Interaktif Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Negeri Banjaragung 2024-02-17T19:46:50+07:00 Ahmad Nur Taufiq taufiqahmadnur02@gmail.com Agrissto Bintang Aji Pradana agrisstobintang@unimma.ac.id Puji Rahmawati puji.rahmawati@unimma.ac.id <p>Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode silaba berbantuan <em>macromedia flash</em> interaktif terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 di SD Negeri Banjaragung tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan jenis penelitiannya <em>Pre-Eksperimental Pretest and Posttest Design.</em> Untuk subjek penelitian yang dipilih secara total sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri Banjaragung dengan jumlah siswa 12 anak. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data hasil unjuk kerja <em>pretest</em> dan <em>posttest</em>. Perbedaan skor rata-rata hasil unjuk kerja <em>pretest</em> dan <em>posttest</em> yaitu <em>prestest</em> 68,64 &lt; <em>posttest</em> 82,5. Dalam uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas sedangkan analisis data memakai teknik <em>statistic parametrik</em> dengan <em>paired sample t-test</em> berbantuan SPSS <em>statistics</em> 29 dengan hasil yaitu sig. 0,001 kurang dari 0,05 diartikan bahwa terjadi perbedaan rata-rata keterampilan membaca permulaan siswa dari penilaian <em>pretest</em> ke <em>posttest</em>. Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan keterampilan membaca permulaan terhadap metode silaba berbantuan <em>macromedia</em> <em>flash</em> interaktif.</p> 2024-02-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/697 Penerapan Model Pembelajaran SSCS untuk Menganalisis Kemampuan Berpikir Aljabar dan Pemahaman Konsep dan Kebiasaan Berpikir Matematis Siswa 2024-02-23T08:09:53+07:00 Vingky Zulfa Asria vingkyzulfa@institutazzuhra.ac.id Suci Nurhayati Suci-Nurhayati-jjp89@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir aljabar dan pemahaman konsep matematika siswakebiasaan berpikir matematis siswa menggunakan model pembelajaran SSCS. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan informasi kepada siswa dalam pembelajaran matematika dan analisis untuk melihat peningkatan kemampuan matematika siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan dan kemampuan konsep serta kebiasaan berpikir matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran SSCS mempunyai pemahaman konseptual yang baik. Selain itu, siswa juga mempunyai kebiasaan berpikir matematis yang baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil angket yang menunjukkan sesuai dengan jawaban yang diberikan siswa dan berada pada tingkat yang cukup tinggi.</p> 2024-02-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/698 Pengaruh Ice Breaking terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar 2024-02-24T21:38:46+07:00 Prima Rias Wana premiumpower21@gmail.com Marina Gusnia Ruchiyat niaruchiyat23@gmail.com Siti Nurhidayah powerpremium666@gmail.com <p>Secara umum, Siswa sering merasa malas dalam belajar. Hal ini mengakibatkan rendahnya motivasi belajar. Motivasi belajar yang rendah dapat ditingkatkan guru melalui pembelajaran yang menyenangkan. Salah satu caranya yaitu pemberian ice breaking untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Peneliti hendak mengetahui pengaruh ice breaking terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar di Indonesia. Metode penelitian ini berupa systematic literature review menggunakan google scholar untuk mendapat literatur ilmiah. Rentang waktu literatur sejak tahun 2018 hingga 2022 yang berlokasi di sekolah dasar atau setara di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ice breaking berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar di Indonesia. Ice breaking bisa meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar, tapi persentasenya berbeda di setiap jenjang kelas dan sekolah. Penelitian selanjutnya dapat mengetahui jenis ice breaking yang pengaruhnya paling besar terhadap peningkatan motivasi belajar siswa sekolah dasar di Indonesia.</p> 2024-02-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN