https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/issue/feedJURNAL JENDELA PENDIDIKAN2023-02-27T14:58:44+00:00Heri Cahyonohericahyono@jendelaedukasi.idOpen Journal Systems<p><strong>Jurnal Jendela Pendidikan</strong> (e-ISSN: 2775-6181 p-ISSN: 2776-267X) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh <a href="https://www.jendelaedukasi.id"><strong>CV. Jendela Edukasi Indonesia</strong></a> dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan <strong>Februari, Mei, Agustus, November</strong>. Kami mengundang peneliti, praktisi, dosen, guru, serta mahasiswa untuk mempublikasikan hasil penelitian yang telah dilakukan sebagai upaya pengembangan pendidikan di Indonesia. Dalam upaya menjaga kualitas artikel di Jurnal Jendela Pendidikan, kami mengambil pakar-pakar peneliti bidang pendidikan serta menggunakan software plagiarisme artikel.</p>https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/361Pengaruh Pembelajaran Abad 21 dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK N1 Moro’o Nias Barat Pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika2022-12-27T13:31:41+00:00Oslen Parulian Sijabatoslen.parulian@student.uhn.ac.idAgustina Cahaya Berlian SihiteAgustina-Cahaya-Berlian-Sihite-9877@yahoo.comMaria Marta ManaoMaria-Marta-Manao-676a5@gmail.comFirman PangaribuanFirman-Pangaribuan-9889756@gmail.comTutiarny NaibahoTutiarny-Naibaho-9986-99@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh pembelajaran abad 21 dengan pendekatan PBL terhadap prestasi belajar siswa kelas XI OTKP 1 SMK N1 Moro’o.Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu, dengan sampel sebanyak 20 orang. Dari hasil penelitian perhitungan analisis regresi didapat persamaan regresinya: Y = 67,43 + 0,45X. pada persamaan tersebut koefisien arah regresi linier (b) = 0,45 bertanda positif dengan F<sub>hitung </sub>F <sub>tabel </sub> (17,99 <sub> </sub>4,14) tolak H<sub>0,</sub> artinya ada pengaruh pembelajaran abad 21 dengan pendekatan problem based learning (pbl) terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK N1 Moro’o Nias Barat. Dari hasil perhitungan diperoleh <em>t</em><sub>hitung</sub> diperoleh sebesar 0,730 dan <em>t</em><sub>tabel</sub> sebesar 0,688. Maka (-0,688 < 0,730 atau 0,730> 0,688) maka Ada hubungan yang berarti (signifikan) model pembelajaran PBL terhadap prestasi belajar siswa siswa kelas XI SMK N1 Moro’o Nias Barat.</p>2023-02-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKANhttps://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/412Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 6 “Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri” Kelas 1 Di SDN Sumberarum 1 Semester II Tahun Pelajaran 2021/20222023-02-06T10:36:28+00:00Supari Supariibu.supari@gmail.com<p>Jenis rancangan penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian tindakan kelas (<em>Classroom Action Research</em><em>)</em>. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 1 di SDN Sumberarum 1 sebanyak 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 2021/2022. Hasil Penelitian yang telah dilakukan yaitu pada siklus I skor aktivitas siswa sebanyak 68,7% kategori baik, sedangkan pada siklus II skor aktivitas siswa mencapai 100% kategori sangat baik. Pada hasil tes siklus I hanya ada 8 siswa atau 53% sisswa yang mencapai ketuntasan, sedangkan pada siklus II sebanyak 15 siswa atau 100% siswa tuntas.</p>2023-02-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKANhttps://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/393Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Gelombang Bunyi di Sman 1 Bongomeme2023-01-25T05:49:59+00:00I Komang Wijayakomangphysic@gmail.comDewi Diana ParamataDewi-Diana-Paramata-983672@gmail.comDewa Gede Eka Setiawandewaeka@ung.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe <em>Teams Games Tournament </em>Terhadap Hasil Belajar Fisika Di SMA. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain Post-test Only Control Group Design yang terdiri dari 1 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol sebagai kelas sampel yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bongomeme. Data yang diperoleh berupa Hasil belajar fisika siswa pada materi gelombang bunyi yang dijaring dengan menggunakan lembar tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 15 butir soal. Hasil penelitian keseluruhan menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe <em>Teams Games Tournament </em>Terhadap Hasil Belajar Fisika berpengaruh signifikan terhadap kemampuan Hasil Belajar Fisika peserta didik yang ditunjukkan dengan melalui pembuktian uji hipotesis bahwa nilai t<sub>tabel</sub>>t<sub>hitung</sub> yang menyatakan bahwa hasil belajar peserta didik paling rendah sebesar <strong>≤75</strong>.</p>2023-02-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKANhttps://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/388Pengaruh Konseling Behavioral dengan Pemberian Reinforcement Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP2023-01-15T14:13:31+00:00Amy Novalia Esmiatiamynovalia18@gmail.comAmelia Putri NirmalaAmelia-Putri-Nirmala-82567@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling behavioral dengan pemberian <em>reinforcement </em>terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas VII SMP yang memiliki motivasi belajar rendah, dan berintelegensi rendah dibuktikan dengan tes intelegensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian konseling behavioral dengan <em>reinforcement </em>positif dapat memberikan dampak positif bagi siswa, diantaranya siswa lebih tertarik pada pelajaran, memiliki perhatian pada pembelajaran, berkonsentrasi. bersedia mengerjakan tugas.</p>2023-02-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKANhttps://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/351Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Berkarakter Materi Asean Untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar2022-12-05T09:41:35+00:00Yuli Virawativirayuli47@gmail.comErwin Putera PermanaErwin-Putera-Permana-526644@gmail.comFarida Nurlaila ZunaidahFarida-Nurlaila-Zunaidah-518865@gmail.com<p>Penelitian hasil observasi kelas VI SD Negeri 1 Cengkok. Ditemukan bahwa guru masih menggunakan metode ceramah ketika proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana validitas, kepraktisan, keefektifan media pembelajaran permainan ular tangga berkarakter materi ASEAN untuk siswa kelas VI SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran permainan ular tangga berkarakteristik materi ASEAN untuk siswa kelas VI SD. Metode penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan ADDIE (Tahap Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan tes. Produk yang dikembangkan adalah media pembelajaran permainan ular tangga berkarakteristik materi ASEAN untuk siswa kelas VI SD. Media pembelajaran permainan ular tangga ini telah divalidasi dengan validasi materi dan validasi media, hasil uji kepraktisan angket respon guru dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini, bahwa pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga dengan karakteristik materi ASEAN memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif digunakan.</p>2023-02-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKANhttps://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/372Pengembangan Media Pop Up Book Materi Kenampakan Permukaan Bumi di UPT SD Negeri 87 Gresik2022-12-29T23:52:03+00:00Devi Agustinadeviagustina130@gmail.comNataria Wahyuning SubayaniNataria-Wahyuning-Subayani-09800@gmail.comArya Setya NugrahaArya-Setya-Nugraha-776@gmail.com<p>Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas 3 UPT SD Negeri 87 Gresik,</p> <p>terdapat pernyataan bahwa dalam kegiatan pembelajaran IPA guru masih menggunakan metode ceramah dan memberi latihan soal. Hal ini membuat peserta didik menjadi kurang aktif dan kurang semangat. Maka dari itu, peneliti melakukan penelitian ini bertujuan untuk menyajikan inovasi media pembelajaran yaitu berupa media <em>Pop Up Book </em>pada pembelajaran IPA kelas 3 materi kenampakan permukaan bumi di UPT SD Negeri 87 Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE <em>(Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). </em>Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas 3 UPT SD Negeri 87 Gresik dengan jumlah 10 peserta didik. Media pembelajaran <em>Pop Up Book </em>(Kenampakan Permukaan Bumi) telah melalui serangkaian validasi ahli materi dan validasi ahli media. Hasil akhir dari validasi kelayakan media memperoleh skor rata-rata sebesar 92,58 dengan kategori “sangat layak”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media <em>Pop Up Book </em>kenampakan permukaan bumi dapat digunakan dalam proses pembelajaran.</p>2023-02-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKANhttps://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/409Upaya Peningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Persiapan Mengajar Guru2023-02-05T04:24:33+00:00Ahmadi Ahmadiahmadi@relawanjurnal.idSofyan Hadiheriyadiheriyadi12@gmail.com<p>Dunia pendidikan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman, maka mutu pendidikan harus sesuai dan selaras dengan perkembangan zaman yang semakin kompleks. Dalam hal ini pendidikan memiliki peranan penting dalam mengembangkan potensi sumber daya manusia secara optimal karena pendidikan merupakan sarana investasi untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan keahlian sebagai modal pembangunan bangsa. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya peningkatkan kualitas pembelajaran melalui persiapan mengajar guru di SMP Tahfidz Al-Amien Prenduan dan Untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam upaya peningkatkan kualitas pembelajaran melalui persiapan mengajar guru di SMP Tahfidz Al-Amien Prenduan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam upaya peningkatkan kualitas pembelajaran melalui persiapan mengajar guru di SMP Tahfidz Al-Amien Prenduan. Dengan menggunakan metode kualitatif lapangan. Adapun hasil dalam penelitian ini yaitu Upaya Peningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Persiapan Mengajar Guru Persiapan meliputi. (a) Meningkatan SDM dari guru mulai dari keaktifan efektifitas pembelajaran serta ketercapaian materi dan pemahaman siswa dalam belajar. (b) Menggerakkan guru untuk menerapkan metode kooperatif learning, dengan senantiasa menentukan metode dan strategi dalam memahami karakter peserta didik. (c) Meningkatkan pengalaman melalui pelatihan dan persiapan mengajar. (d) Menyetorkan I’dad Tadris atau RPP ke guru master dan langsung diperikas dan didampingi. (e) Memperbaiki guru, sebagai tolak ukur kesuksesan pembelajaran. (f) Menunjang kualitas pembelajaran mengoptimalkan kinerja guru dan memilih sesuai kemampuan. Faktor pendukung upaya peningkatan kualitas pembelajaran meliputi: (a) Adanya keinginan dari para guru untuk membuat <em>idad tadris </em>yang dapat memudahkan mereka dalam proses pembelajaran. (b) Diberikanya sanksi bagi mereka yang mengajar tanpa menggunakan <em>idad tadris.</em> (b) Munculnya kesadaran yang tinggi, dan pemahaman yang kuat dalam diri seorang guru. (c) Adanya dukungan sarana dan pra-sarana yang memadai untuk menunjang kualitas pembelajaran. Adapun Faktor penghambatnya dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran yaitu: (a) Dalam proses persiapan pembelajaran menggambarkan ketidaksiapan guru dalam mengajar. (b) Adanya guru yang masih merasa berat menerima tugas mengajar. (c) Tidak adanya komitmen seorang guru dalam menyiapkan pembelajaran. (d) Kuranya kesadaran tentang pentingnya kualitas persiapan pembelajaran.</p>2023-02-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKANhttps://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/396Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Portal Rumah Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Negeri 2 Palembang2023-01-25T06:04:59+00:00Yuriza Maulidiayurizamaulidia11@gmail.comHudaidah HudaidahHudaidahHudaidah-7887@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis web untuk peserta didik agar mampu memahami pelajaran sejarah khususnya tentang sejarah kemerdekaan Indonesia. Pengembangan media pembelajaran berbasis Canva materi sejarah kemerdekaan Indonesia, didasari oleh pembelajaran yang hanya menggunakan satu jenis media saja hal ini membuat peserta didik menjadi jenuh. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Palembang pada tanggal 20 September 2022. Media ini dikembangkan menggunakan aplikasi editor Canva dengan jenis media berupa audio visual yang kemudian di unggah pada laman Portal Rumah Belajar. Adapun pada uji validasi yang dilakukan oleh validator ahli menunjukkan hasil penilaian sangat baik, dengan begitu media pembelajaran ini dinyatakan layak untuk di uji cobakan kepada peserta didik. Hasil uji coba yang dilakukan kepada peserta didik menunjukkan peningkatan motivasi serta hasil belajar yang sangat baik.</p>2023-02-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKANhttps://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/408Efektivitas Metode Pembelajaran Sorogan Pada Pembelajaran Hidayatus Shibyan Santri Madrasah Diniyah Kelas 1 Nurul Jadid Blumbang Pragaan Daya Sumenep2023-02-05T04:27:00+00:00Faizun NajahFaizunnajah@gmail.comAch Murajiz Bashrimurajizku918@gmail.com<p>Penelitian ini memiliki latar belakang masalah yaitu masih terdapat beberapa santri yang mengikuti pembelajaran kitab Hidayatus Shibyan dengan menggunakan metode sorogan namun masih belum maksimal dalam memahami isi kitabnya. bacaan kitabnya sudah baik namun tidak mengetahui kedudukan tajwid dalam Al-Qur’an. Padahal metode sorogan adalah metode yang efektif karena Ustadz/Kyai dapat berhadapan langsung berhadapan langsung dengan murid atau santri Melalui sorogan, perkembangan intelektual santri dapat di ketahui oleh Asatidz secara utuh dan dapat memberikan bimbingan penuh kejiawaan sehingga dapat memberi tekanan pengajaran kepada santri tertentu atas dasar observasi langsung terhadap tingkat kemampuan dasar dan kapasitas para santri. Dengan metode sorogan, pembelajaran santri untuk memahami kitab lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran sorogan pada pembelajaran hidayatus shibyan santri madrasah diniyah Nurul Jadid Blumbang Pragaan Sumenep. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kualitatif, dengan responden kepala sekolah Madrasah Diniyah, Guru mata pelajaran dan santri. Dengan menggunakan Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas penggunaan metode pembelajaran sorogan dalam pembelajaran kitab hidayatus shibyan, dengan metode sorogan santri lebih fokus, karena santri akan berhadapan langsung dengan guru mata pelajarannya. Santri lebih faham atau mengerti akan pelajaran, karena setiap salah pengertian dalam pelajaran akan langsung difahamkan oleh guru mata pelajaran. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat strategi yang diterapkan guru madin dalam meningkatkan kemampuan pemahaman tajwid siswa adalah datang dari siswanya sendiri misalnya keaktifan siswa pada saat pembelajaran dilaksanakan sehingga mereka lebih disiplin mengikuti proses pembelajaran, begitu juga sebaliknya jika siswa kelelahan biasanya siswa pasif dalam proses pembelajaran.</p>2023-02-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKANhttps://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/413Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Program Studi Biologi Pada Matakuliah Kimia2023-02-07T10:47:32+00:00Reni Andrianireniandriani836@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar kimiamahasiswa di program studti biologi FMIPA UNW Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini dilakukan pada semester awal/ganjil pada tahun pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui instrumen angket yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan persentase skor rata-rata sebesar 70 yang termasuk ke dalam kriteria sedang. Sedangkan rata-rata untuk tiap aspek yang teridentifikasi menyebabkan kesulitan belajar siswa pada matakuliah kimia diantaranya aspek minat mahasiswa diperoleh sebesar 74% (kriteria sedang), aspek motivasi mahasiswa sebesar 73% (kriteria sedang), aspek Guru sebesar 78% (kriteria sedang), aspek model/pendekatan pembelajar sebesar 76.5% (kriteria tinggi), aspek materi kimia sebesar 74,5% (kriteria sedang), aspek kemampuan siswa sebesar 68% (kriteria sedang), aspek sumber belajar sebesar 56,75% dan aspek keadaan sebesar 62% (kriteria sedang).</p>2023-02-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKANhttps://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/416Kepraktisan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Materi Kalor di SMP Negeri 1 Tapa2023-02-10T01:28:52+00:00Indah Parawangsa Umarindahumar30@gmail.comRitin UloliRitin-Uloli-783667@gmail.comMohamad JahjaMohamad-Jahja-ioiue889@yahoo.com<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepraktisan dari media pembelajaran berbasis komik. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tapa dan diujicobakan di kelas VII-6. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model penembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thigarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu: pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis komik sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran dengan memperoleh rata-rata persntase keterlaksanaan pembelajaran adalah 98,13% dengan kategori sangat baik serta respon peserta didik memperoleh rata-rata persentae 90,17%. Dengan kriteria sangat baik dan respon dari guru memperoleh presentase 84,95% denan kategori baik.</p>2023-02-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKANhttps://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/411Pengembangan Media Pembelajaran IPS Peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia Berbasis Website Untuk Siswa Kelas IV SDN Maron2023-02-05T11:23:27+00:00Citra Anggula Saricitraanggulasari4@gmail.comMuhamad BasoriMuhamad-Basori-6736hhg@gmail.comKarimatus SaidahKarimatus-Saidah-7736ggf@gmail.com<p>Penelitian hasil observasi dan observasi kelas IV di SDN Maron, ditemukan bahwa guru menggunakan metode ceramah dan guru tidak menggunakan media pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan media pembelajaran IPS, validitas media pembelajaran IPS, kepraktisan media pembelajaran IPS, dan keefektifan media pembelajaran IPS Warisan Kerajaan Islam di Indonesia berdasarkan website untuk siswa kelas IV SDN Maron. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media, mengetahui validitas, kepraktisan, keefektifan produk pengembangan media pembelajaran IPS Pusaka Kerajaan Islam di Indonesia berbasis website untuk siswa kelas IV SDN Maron. Metode penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan ADDIE (Tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Produk yang dikembangkan adalah Pengembangan Media Pembelajaran IPS Peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia Berbasis Website Untuk Siswa Kelas IV Sdn Maron. Media pembelajaran IPS ini telah divalidasi dengan validasi materi dan media, hasil uji kepraktisan dari angket respon guru dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini bahwa pengembangan media pembelajaran IPS warisan kerajaan Islam di Indonesia berbasis website untuk siswa kelas IV SDN MARON memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif digunakan.</p>2023-02-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKANhttps://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/421Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Membuat Kalimat Pada Siswa SMP2023-02-14T07:56:42+00:00Ririn Sabriadiririnsabriadi00@gmail.comNurhikmah NurhikmahNurhikmahNurhikmah-0@gmail.comSitti Zulliani ZSitti-ZullianiZ-088@gmail.comIrfandi Idrisfandiidris85@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk kesalahan penggunaan bahasa Indonesia dalam membuat kalimat; (2) faktor penyebab terjadinya kesalahan dalam membuat kalimat siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Sorong; dan (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesalahan penggunaan berbahasa tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif pendekatan analisis isi dengan sampel hasil membuat kalimat serta observasi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Sorong. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, bentuk kesalahan berbahasa yang ditemukan dalam membuat kalimat siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Sorong kesalahan penyusunan kalimat. Kedua, faktor penyebab kesalahan berbahasa dalam membuat kalimat siswa disebabkan oleh empat faktor, antara lain: penguasaan kaidah kebahasaan siswa kurang; ketidaktelitian dalam menulis; kurangnya motivasi menulis; dan kurangnya kosakata siswa. Ketiga, upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesalahan berbahasa dalam membuat kalimat siswa, antara lain: melaksanakan pembelajaran menulis dengan pendekatan proses, meningkatkan penguasaan kaidah bahasa siswa dengan membaca, dan memperbanyak latihan menulis.</p>2023-02-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKANhttps://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/404Pengembangan Media Komik Berbasis Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup Untuk Peserta Didik Kelas 5 SD2023-01-31T10:32:18+00:00Tedi Yustiansyahbeggotedi@gmail.comNataria Wahyuning SubayaniNataria-Wahyuning-Subayani-087@gmail.comArya Setya NugrohoArya-Setya-Nugroho-9865@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media komik materi cerita di UPT SDN 45 Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitia : n ini adalah model pengembangan RnD (<em>Research and Development</em>) analisis kebutuhan, rancangan pembuatan media, pengumpulan objek rancangan media, desain media, pembuatan media, validasi ahli, perbaikan desain, penilaian produk. Subjek dalam penelitian ini adalah validator hali materi yakni guru kelas 5 UPT SDN 45 Gresik dan validator ahli media yakni Amin Syifa’, S.Kom. Dikarenakan adanya wabah pandemi COVID-19, dan sekolah belum dibuka, maka peneliti hanya membatasi penelitiannya melalui validator saja. Media pembelajaran komik berbasis upaya pelestarian lingkungan telah melalui serangkaian validasi ahli materi dan validasi ahli media, hasil akhir dari validasi kevalidan media memperoleh skor rata-rata sebesar 87,75 dengan kategori sangat valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media komik berbasis upaya pelestarian lingkungan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.</p>2023-02-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKANhttps://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/422Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester (UAS) Mata Pelajaran Matematika Pada Tahun Ajaran 2020/2021 Kelas VII SMP Islam At Tanwir Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember2023-02-16T14:38:19+00:00Yuni Verawatiyuniverawati206@gmail.comFury Styo SiskawatiFury-Styo-Siskawati-876@gmail.comTri SusilaningtyasTri9987Susilaningtyas@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis butir soal Ujian Akhir Semester (UAS) pada mata pelajaran matematika tahun Ajaran 2020/2021 kelas VII di SMP Islam At –Tanwir. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dan teknik penelitian adalah observasi. Analisis data yang digunakan berupa analisis validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan efektivitas pengecoh. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Berdasarkan kriteria validitas diperoleh soal valid yang berjumlah 19 butir (54%) dan 16 butir (46%) tidak valid. (2) Berdasarkan kriteria reliabilitas diperoleh nilai r sebesar 0,81 sehingga dikategorikan reliable. (3) Berdasarkan kriteria daya pembeda diperoleh soal tidak ada daya pembeda 1 butir (3%), kategori lemah 8 butir (23%), kategori cukup 3 butir (9%), 13 butir (37%) dan 10 butir (29%). (4) Berdasarkan kriteria tingkat keskaran diperoleh soal sukar 2 butir (6%), mudah 24 butir (69%) dan mudah 9 butir (26%).(5) Berdasarkan kriteria efektivitas pengecoh diperoleh soal sangat baik11 butir (31%), kategori 12 butir (34%), kategori kurang baik 7 butir (20%), buruk 9 butir (26%) dan 15 butir (43%).</p>2023-02-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKANhttps://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/420Kriteria Penuntut Ilmu (Studi Komparasi Menurut Syekh Al-Zarnuji Dalam Kitab Ta’limal-Mutaallim Dan Imam Al-Nawawi Ad-Damasqy Dalam Kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur'an)2023-02-14T08:22:15+00:00Affifah Tidjaniadefief@gmail.comLuthfiyatul Fuadahluthfiyafuadah@gmail.com<p>Maraknya kasus amoral dikalangan pemuda sebagai penuntut ilmu sangat memprihatikan, hal ini disebabkan karena hilangnya beberapa komponen yang seharusnya dimiliki oleh seorang penuntut ilmu. Dalam hal ini, dengan menelaah ulang kitab-kitab klasik dan mengambil i‘tibar dari kehidupan salafus soleh diharapkan dapat mengembalikan mutu anak zaman sekarang sebagai penuntut ilmu. Peneliti dalam penelitian ini melakukan perbandingan antara 2 kitab klasik dengan fokus permasalahan yaitu: 1) Bagaiamana kriteria penunntut ilmu menurut Syekh Al-Zarnuji dalam karyanya Ta’limal-Mutaallim<em>. </em>2) Bagaiamana kriteria penunntut ilmu menurut Imam Al-Nawawi ad-Damasqy dalam kitabnya at-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur’an<em>. </em>3) Apa persamaan dan perbedaan kriteria penuntut ilmu menurut Syekh Al-Zarnuji dalam karyanya Ta’limal- Mutaallim dan menurut Imam Al-Nawawi ad-Damasqy dalam kitabnya at- Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur’an<em>.</em> Pendekatan penelitian ini adalah kepustakaan (Library research) jenis penelitian yang digunakan ialah analisis deskriptif, yang bertujuan mendapatkan gambaran yang utuh dan jelas tentang masalah yang peneliti kaji yaitu tentang kriteria penuntut ilmu menurut Syekh al-Zarnuji dalam kitab Ta’limal- Mutaallim dan Imam An-Nawawi Ad-Damasqy dalam kitabnya At-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur'an. Hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa kriteria penuntut ilmu secara umum terbagi menjadi dua aspek yaitu: aspek internal dan aspek eksternal. Secara internal adalah hal-hal atau faktor yang berhubungan dengan pribadi atau personal si penuntut ilmu seperti kesiapan mental dan pembentukan akhlaq. Dan aspek ekstenal adalah hal-hal atau faktor yang berhubungan dengan di luar diri penuntut ilmu seperti dalam pemilihan guru, ilmu, waktu, teman dan lingkungan belajar.</p>2023-02-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKANhttps://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/335Pengembangan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions Melalui Bantuan Alat Peraga Roda Integral2023-02-25T13:58:03+00:00Anwas Mashurianwas.mashuri.1@gmail.comDewi Nur Alya SyafitaDewi-Nur-Alya-Syafita-1@gmail.com<p>Tujuan penulisan artikel ini untuk mengembangkan pembelajaran STAD dengan bantuan alat peraga Roda Integral. Penulisan artikel ini menggunakan metode literature review untuk mendapatkan rumusan masalah. Selain itu, tinjauan pustaka digunakan untuk pengumpulan data, pembahasan, kesimpulan dan proposal. Hasil studi pustaka mengungkapkan Prosedur pembelajaran STAD menggunakan media roda Integral. Artinya, 1) tahap penyampaian materi dilakukan dengan menggunakan media roda integral. 2) Fase membagi kelompok dengan peserta yang heterogen terjadi setelah materi disampaikan. 3) Kegiatan presentasi kelompok dan pendidik mengamati setiap kelompok. 4) Tahap evaluasi hasil belajar, dengan bantuan media roda integral. 5) Setelah evaluasi selesai, kelompok terbaik akan diberikan penghargaan. Pembelajaran STAD dengan media pembelajaran bertujuan untuk menjadikan alternatif pembelajaran lebih beragam, kreatif dan inovatif.</p>2023-02-20T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKANhttps://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/430Peningkatan Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning2023-02-27T05:50:17+00:00Ilhamsyah Anwarilhamanwar057@gmail.comLucky Amatur RohmaniLucky-Amatur-Rohmani-988@gmail.comArmy Al Islami Ali Putraarmyislami@gmail.com<p>Berfikir kritis adalah salah satu proses yang berjalan searah mencakup interaksi dari suatu rangkaina perkiran dan presepsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh paradigma pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan tata cara analisis. Model penelitian Tindakan kelas untuk mendorong pemikiran kritis dalam pembelajaran IPA dengan pembelajaran pemecahan masalah melalui perbandingan antara pre-test dan post test dari 15 artikel yang serupa sebagai perbandingan melaui uji pair sample test dan untuk mengetahui seberaba besar pengaruhnya menggunakan effect size. Berdasarkan hasil kajian meta analisis didapatkan bahwa sebesar 1,87 yang menunjukan nilai pengaruh yang besar pada perhitungan effect size. Berdasarkan temuan tersebut, disimpulkan penerapan pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran IPA memiliki dampak yang cukup besar terhadap ketrampilan berpikir kritis pada siswa SMP.</p>2023-02-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKANhttps://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/334Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 1 Ngawi2023-02-27T14:58:44+00:00Alfinatul Lutfiahalfinatullutfiah42@gmail.comQurrotul AnfaQurrotul-Anfa-9887@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi penilaian autentik Kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPA di SMPN 1 Ngawi. Metode yang digunakan berupa wawancara dan observasi dengan subjek penelitian guru mata pelajaran IPA. Adapun hasil penelitian mencakup 3 ranah, Penilaian autentik yang diterapkan di SMP guru masih mendapatkan kesulitan dalam melakukan penilaian, khususnya pada ranah afektif (sikap) sehingga guru harus mencari alternatif lain yang dapat mempermudah penilaian yang dilakukan oleh guru. Keterlaksanaan penilaian autentik yang dilakukan di SMP N 1 Ngawi sudah cukup berjalan dengan baik dan kedepannya dapat terlaksana lebih baik lagi sehingga tidak ada kendala untuk keterlaksanaan penilaian autentik.</p>2023-02-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN