Kepraktisan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Menggunkaan Model Kooperatif Tipe STAD pada Materi Suhu dan Kalor Di SMP

Authors

  • Jusriana R. Danggu Universitas Negeri Gorontalo
  • Muhammad Yusuf Universitas Negeri Gorontalo
  • Dewi Diana Paramata Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v3i02.427

Keywords:

Kepraktisan, Media Pembelajaran, Ular Tangga, STAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan akan melihat tingkat kepraktisan dari penggunaan media pembelajaran permainan ular tangga memakai  model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap  materi suhu dan kalor. Metode penelitan dan pengembangan ( R&D)  mengacu pada langkah  penelitian dan pengembangan  Brog and Gall yang suda dimodifikasi, 5 tahapan yang diadaptasi kemudain dikelompokkan menjadi 3 bagian penting yang suda disesuaikan yakni: 1) Studi pendahuluan, 2) Pengembangan produk, dan 3) Uji coba. Teknik pengumpulan data digunakan untuk melihat kepraktisan media digunakan lembar keterlaksanaan pembelajaran, angket respon guru dan angket respon siswa mengenai pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga.  Hasil penelitian ini terlihat bahwa media pembelajaran permainan ular tangga begitu praktis digunakan dalam proses pembelajaran dengan memperolah rata-rata presentase keterlaksanaan aktivitas pembelajaran yakni 98,7% mencapai kriteria sangat baik serta respon siswa diperoleh rata-rata presentase 89,32% mencapai  kriteria sangat baik serta respon guru diperoleh presentase 85,77% dengan kategori baik.

References

Aqib, Z. (2013). Model-model, media dan strategi pembelajaran kontekstual ( inofatif). Yarma Widya.

Arikunto. (2010). Manajamen Penelitian. Rineka Cipta.

Atep Lesmana , Hany Handayani , Mubarok Somantri , Siti Aisah, N. W. (2022). Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Skolah Dasar. Jurnal Education, 3(3), 1–17. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3408

Imaliyah, D. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah 15 Lamongan. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 4(2)(1), 101–110. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jpipas

Karimah, R. F., & Wahyuningsih, D. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Fisika untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 6–10.

Mahfud Nur solehan, Raghel Yunginger, C. S. P. (2022). Pengembangan Alat Peraga Sederhana Pada Materi Tekanan Zat dan Penerapanya di SMP Negeri 2 Batudaa kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 10(1), 8. http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpft

Nur Syamsu, F., Rahmawati, I., & Suyitno. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344–350. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE

Nurfadillah, S., Rofiqoh Azhar, C., Aini, D. N., Apriansyah, F., & Setiani, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri Pinang 1. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 153–163. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Nurfadillah Salam, Safei, J. (2019). Pengembangan Media Pmebelajaran permainan Ular Tangga pada Materi Sistem Saraf. Jurnal Al-Ahya, 1, 52–69.

Nuritta, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Riset Akademik, 3(1), 186.

Safitri, H., Yunginger, R., Setiawan, D. E., Wahidin, A., & Asri, N. (2022). Development of PhET Simulation-Based Worksheet on Newton ’ s Law Materials at SMA Negeri 1 Gorontalo Pengembangan LKPD Berbasis Simulasi PhET pada Materi Hukum Newton di SMA Negeri 1 Gorontalo. 10(1), 27–36. http://dx.doi.org/10.31258/jgs.10.1.27-36

Sativa, F. O., & Syaban, M. B. A. (2022). Pengembangan Evaluasi Berbasis Media Permainan Ular Tangga pada Materi Berbagai Pekerjaan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6981–6989. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3442

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian. Bumi Aksara.

Widyaningrum, D. A., & Yansaputra, G. (2022). Pengembangan Media Puzzlebook Berbasis Cartoonart Pada Tema 7 Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep siswa kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 3, 60–68. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php

Yuningsih, E., Julaeha, S., & Rawin, B. Bin. (2019). UTE ( Ular Tangga Edukatif ) : Permainan Edukatif Matematika Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Menciptakan Penunjang Pembelajaran yang Menyenangkan dalam Menghadapi Revolusi. Jurnal Didactical Mathematics, 2(1), 36–41. htt://jurnal.unma.ac.id/index.php/dm

Downloads

Published

2023-05-20

How to Cite

Danggu, J. R., Yusuf, M., & Paramata, D. D. (2023). Kepraktisan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Menggunkaan Model Kooperatif Tipe STAD pada Materi Suhu dan Kalor Di SMP. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(02), 158–165. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i02.427