Evaluasi Ujian Tengah Semester Menggunakan Model Kirkpatrick Pada Mata Pelajaran Fisika Di SMA

Authors

  • Ahmad Rajak Universitas Negeri Gorontalo
  • Dewi Diana Paramata Universitas Negeri Gorontalo
  • Masri Kudrat Umar Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v3i02.435

Keywords:

Evaluasi, Model Kirkpatrick, Fisika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian model Kirkpatrick melalui empat levelnya yaitu level reaksi, level belajar, dan level perilaku serta level hasil dengan program ujian tengah semester mata pelajaran  fisika di sekolah menengah atas (SMA). Penelitian ini menggunakan model evaluasi kirkpatrick. Metode pengumpulan data evaluasi ujian tengah semester dilakukan dengan menggunakan angket respon guru dan peserta didik yang di sebarkan melalui google form. Penelitian ini dilakukan di lima sekolah yaitu SMAN 1 Gorontalo Utara, SMAN 5 Gorontalo Utara, SMAN 6 Gorontalo Utara, SMAN 7 Gorontalo Utara, dan SMAN 9 Gorontalo Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan evaluasi penyelenggaraan ujian tengah semester berjalan dengan sangat baik. Dalam perspektif guru pada level reaksi predikat sangat puas dengan skor perolehan 92%, level belajar predikat sangat baik dengan skor perolehan 94%, level perilaku predikat sangat baik dengan skor perolehan 91%, dan level hasil predikat sangat baik dengan skor perolehan 93%. selanjutnya dalam perspektif siswa pada level reaksi predikat sangat puas dengan skor perolehan 81%, level belajar predikat baik dengan skor perolehan 82%, level perilaku predikat sangat baik dengan skor perolehan 86%, dan level hasil predikat baik dengan skor perolehan 80%.

References

Arthur, R. (2018). Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan ISSN 1410-4725 (print) ISSN 2338-6061 (online). 22(1), 35–48.

Djuanda, I. (2019). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Karakter Model Cipp (Context, Input, Process Dan Output). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Febriyanti, E., Gustinova, W. A., & Walid, A. (2020). Analisis Instrumen Penilaian Tengah Semester IPA-Fisika Kelas IX SMPN 09 Kota Bengkulu. Diffraction, 2(2), 93–97. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction/article/view/2552

Fikri, M., Hastuti, N., & Wahyuningsih, S. (2019). Pelaksanaan Evaluasi Program Pendidikan. Nulis Buku, 2, 1–170. https://independent.academia.edu/miftahulfikri45

Iskandar, A. (2019). Kirkpatrick Evaluation Model On Civil Servant Training ( Case Study Of Financial Educatioan And Training Agency Of Makassar ) Evaluasi Diklat Asn Model Kirkpatrick ( Studi Kasus Pelatihan Effective Negotiation Skill Balai Diklat Keuangan Makassar ). Jurnal Pendidikan, Volume 20,.

Pembinaan, D., Menengah, S., Jenderal, D., Dasar, P., Menengah, D. A. N., Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. A. N. (2017). Direktorat pembinaan sekolah menengah atas direktorat jenderal pendidikan dasar dan menengah kementerian pendidikan dan kebudayaan 2017.

Rizal, R., Susanti, E., Sulistyaningsih, D., & Budiman, D. M. (2020). Desain Evaluasi Program Pelatihan Guru Fisika Profesional. Diffraction, 2(1), 30–37. https://doi.org/10.37058/diffraction.v2i1.1695

Simamora, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Materi Karakteristik Gelombang Mekanik Mengunakan Model Pembelajaran Problem Base Learning ( PBL ) di Kelas XII MIPA 2 SMAN 2 Muaro Jambi. 5, 4638–4649.

Tamsuri, A. (2022). Literatur Review Penggunaan Metode Kirkpatrick Untuk Evaluasi Pelatihan Di Indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol.2 No.8.

Yuniani, A. dkk. (2020). Analisis Kesulitan Pemahaman Konseptual Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Fisika di XI MIA 3 di MAN 2 Langsa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, Vol (3) No.

Zairi, A. (2017). Hubungan Antara Kemampuan Matematika Dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Fisika Pada Materi Gerak Parabola. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNTAN, 1–10.

Downloads

Published

2023-05-20

How to Cite

Rajak, A., Paramata, D. D., & Umar, M. K. (2023). Evaluasi Ujian Tengah Semester Menggunakan Model Kirkpatrick Pada Mata Pelajaran Fisika Di SMA. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(02), 180–186. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i02.435