Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict- Observe-Explain) Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Fluida Statis
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v4i03.792Keywords:
Model Pembelajaran, POE (Predict- Observe-Explain), Keterampilan Proses SainsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran poe (predict- observe-explain) terhadap keterampilan proses sains pada materi fluida statis. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Tempat pelaksanaan penelitian di SMA Negeri 1 Telaga Biru kelas XI IPA dengan subjek penelitian Kelas XI IPA 6 dengan jumlah 28 siswa. Teknik Pengumpulan data menggunakan tes berbentuk uraian sebanyak 12 soal dengan indikator keterampilan proses sains. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji hipotesis, dan uji n-gain. Hasil penelitian pada uji normalitas menunjukkan bahwa data terdistribusi normal. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung 11,01 dan ttabel 2,03, jadi thitung >= ttabel sehingga H0 terima dan h1 ditolak. Berdasarkan hasil analisis N-Gain memperoleh nilai sebesar 0,78 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran poe (predict- observe-explain) terhadap keterampilan proses sains pada materi fluida statis.
References
Abdjul, T., & Katili, N. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jambura Physics Journal, 3(2), 112-119.
Ajunda, W. P., Haryono, H., & Mulyani, S. (2017). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Ipa Semester Genap Pada Materi Kelarutan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (Poe) Di Sma Negeri 1 Banyudono. Jurnal Pendidikan Kimia, 6(2), 102-108.
Dewi, Shinta. 2009. Keterampilan Proses Sains. Bogor: CV Regina.
Kadarmanto, A. (2016). Pengembangan Modul IPA Terpadu Untuk Siswa Kelas VII Berbasis Eksperimen Sederhana Dan C-cat (Conceptual–Contextual and Analitycal Thinking) Untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 4(5), 743-753.
Nuraeni, I., Djumhana, N., & Saputri, A. E. (2020). Penerapan Model Predict Observe Explain (POE) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 41-52.
Safitri, E., Kosim, A. H., & Harjono, A. (2019). Pengaruh model pembelajaran predict observe explain (poe) terhadap hasil belajar ipa fisika siswa SMP Negeri 1 Lembar Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 197-204.
Sari, A. T. W., & Alarifin, D. H. (2016). Pengembangan modul berbasis poe (predict, observe, explain) materi usaha dan energi ditinjau dari kemampuan kognitif. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 124-136.
Suranti, M., Yusuf, M., & Payu, C. S. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Getaran dan Gelombang. Jambura Journal of Educational Chemistry, 13(2), 227-231.
Tanzila, R., & Mahardika, I. K. (2017). Model Pembelajaran Poe (Prediction, Observation, and Explanation) Disertai Teknik Concept Mapping Pada Pembelajaran Fisika Di Sma Negeri 1 Jenggawah. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 96-102.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasinya Dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
Warsono, & Hariyanto. (2017). Pembelajaran Aktif. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.
Widayanto. (2009). Pengembangan Keterampilan Proses dan Pemahaman. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, (5): 1-7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.