Evaluasi Proses Pelaksanaan Praktikum Fisika Dasar 1 Di Jurusan Fisika Universitas Negeri Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v3i02.443Keywords:
Evaluasi, IPO, Fisika Dasar 1Abstract
Program praktikum sebagai salah satu pengembang kualitas sumber daya manusia (SDM) memerlukan fungsi evaluasi untuk efektifitas pelaksanaan suatu program yang bersangkutan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses pada pelaksanaan program praktikum Fisika Dasar I di jurusan fisika Uiversitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluatif program dengan menggunakan model evaluasi IPO yang dikembangkan oleh David S. Bushnell. Model evaluasi IPO merupakan model evaluasi program pelatihan atau pembelajaran yang mencakup tiga komponen subsistem yaitu masukan, proses dan luaran. Adapun prosedur penelitian terdiri dari penyusunan desain evaluasi, pengembangan instrument, pengumpulan data, analisis dan judgement, dan penyusunan laporan hasil evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata persentase skor pada evaluasi proses sebesar 85% dengan kategori sangat baik. yang meliputi aspek jadwal dan waktu pelaksanaan praktikum, suasana pelaksanaan praktikum, dan aktivitas asisten praktikum dan praktikan. Dengan demikian, disimpulkan bahwa praktikum fisika dasar 1 di Jurusan Fisika Universitas Negeri Gorontalo berlangsung sangat baik.
References
Arifin, Z. (2010). Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S., & Jabar, C. S. . (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara.
Arikunto, S., & Jabar, C. S. . (2018). Evaluasi Program Pendidikan, Edisi 2, Cet. 6. Bumi Aksara.
Bushnell, & S, D. (1990). Input Process Output a Model For Evaluating Training. Training And Development Journal, 44(03).
Erwin, E., Permana, I., & Hayat, M. S. (2018). Strategi Evaluasi Program Praktikum Fisika Dasar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 12. https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i1.2308
Fauzi, Ahmad, & Budiawanti. (2013). Pengembangan Model Praktikum Fisika Berbasis Analisis Ketidakpastian Pengukuran. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 3(2).
Hartatiek. (2011). Pengembangan Assesmen Kinerja untuk Meningkatkan Kualitas Penilaian Praktikum Fisika Dasar II Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika FMIPA UM. Prosiding Seminar Nasional Lesson Study 4 Malang: Universitas Negeri Malang, 240–246.
Muryadi, A. . (2017). Model Evaluasi Program dalam Penelitian Evaluasi. Jurnal Ilmiah PENJAS, 3(1), 1–16.
Pertiwi, N., Berti, Y., & Darlen. (2020). Hubungan Pelaksanaan Praktikum dengan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Bioterdidik : Wahana Ekspresi Ilmiah, 8(1), 27–35.
Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.
Susilaningsih, E. (2012). Model Evaluasi Praktikum Kimia di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 1.
Wahyudiati, D. (2016). Analisis Efektifitas Kegiatan Praktikum Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Tatqif, 14(2).
Widoyoko, E. P. (2017). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.
Wospakrik, Hans, J., & Lilik, H. (1993). Dasar-Dasar Matematika untuk Fisika. Ditjen Dikti Depdikbud RI Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Tinggi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





