Evaluasi Ulangan Harian Menggunakan Model Context, Input, Process, Product (CIPP) pada Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Se-Provinsi Gorontalo

Authors

  • Indah Sari Ndune Universitas Negeri Gorontalo
  • Masri Kudrat Umar Universitas Negeri Gorontalo
  • Mohamad Jahja Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v4i02.720

Keywords:

Evaluasi, Guru, Ulangan Harian, CIPP

Abstract

Ulangan harian merupakan tes yang diberikan untuk memantau kemajuan belajar siswa selama proses belajar mengajar berlangsung dan untuk memberikan balikan bagi penyempurnaan proses belajar mengajar serta untuk mengetahui kelemahan-kelemahan yang memerlukan perbaikan sehingga hasil belajar mengajar menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi ulangan harian pada mata pelajaran fisika di SMAN se-Provinsi Gorontalo dengan pendekatan model CIPP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah evaluatif. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan penggunaan angket yang berisi pertanyaan mengenai pelaksanaan evaluasi ulangan harian yang dilakukan oleh guru fisika yang ada di Provinsi Gorontalo masuk pada kategori sangat baik atau berada di atas 81%.

References

Alawiyah, F. (2014). KESIAPAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. VI(15).

Asrul, Saragih. H., M. (2022). No Title.

Azizah, F. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Melaksanakan Evaluasi Ulangan Harian melalui Supervisi Akademik. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan, I(2), 418–430.

Bayo, Y., Supu, A., & Anggreini, D. M. (2019). Jurnal Edukasi Sumba ( JES ) Analisis Tes Butir Soal Buatan Guru Fisika SMP Se-Kecamatan Loura Untuk Ujian Akhir Semester Genap Tahun Ajaran 2015 / 2016. Edukasi Sumba (JES), 3(1), 52–57.

Hajaroh, M., Studi, P., Pendidikan, K., Yogyakarta, U. N., Teori, P., Evaluasi, P., & Kebijakan, E. (2018). Pohon Teori Evaluasi Kebijakan dan Program( Metode , Nilai dan Menilai , Penggunaan ). Foundasia, IX(1), 27–42.

Muryadi, Dwi, A. (2017). Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi, 3(1).

N. Mohammad. (2013). Menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia. 66.

Qoyyum, M. (2018). Pelaksanaan Evaluasi Hasil Belajar Siswa Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Sekolah Menengah Atas Negeri Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2017.

Siregar, Raja, L. (2017). HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 6, No. 1 Januari – Juni 2017. 6(1), 59–75.

Syutharidho, & Rakhmawati, R. (2015). Pengembangan Soal Berpikir Kritis untuk Siswa SMP Kelas VIII. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 219–227.

Tyowati, S. (2018). Analisis Kualitas Butir Soal Fisika Kelas X Sekolah Menengah Atas. Pendidikan, 16(1), 35–47.

Virginia, S., Angraini, W., Pratesya, W., & Walid, A. (2021). Analisis Butir Soal Ulangan Harian IPA Terpadu Kelas VII SMP 05 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2020 / 2021. PTK & Pendidikan, 6(2), 61–65.

Wulan. (2015). Evaluasi Pembelajaran - Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Downloads

Published

2024-05-25

How to Cite

Ndune, I. S., Umar, M. K., & Jahja, M. (2024). Evaluasi Ulangan Harian Menggunakan Model Context, Input, Process, Product (CIPP) pada Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Se-Provinsi Gorontalo. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 4(02), 198–207. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i02.720