Kepraktisan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Materi Kalor di SMP Negeri 1 Tapa

Authors

  • Indah Parawangsa Umar Universitas Negeri Gorontalo
  • Ritin Uloli Universitas Negeri Gorontalo
  • Mohamad Jahja Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.416

Keywords:

kepraktisan, media pembelajaran, komik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepraktisan dari media pembelajaran berbasis komik. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tapa dan diujicobakan di kelas VII-6. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model penembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thigarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu: pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis komik sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran dengan memperoleh rata-rata persntase keterlaksanaan pembelajaran adalah 98,13% dengan kategori sangat baik serta respon peserta didik memperoleh rata-rata persentae 90,17%. Dengan kriteria sangat baik dan respon dari guru memperoleh presentase 84,95% denan kategori baik.

References

Anesia, R., B.S. Anggoro, dan I. G. (2018). Pengembangan media komik berbasis android pada pokok bahasan gerak lurus. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01(1), 53–57.

Arikunto. (2010). Prosedur Suatu Pendekatan Praktik (6th ed.). Rineka Cipta.

Aslamiyah, L., & Nugroho, S. E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika Berbasis Integrasi-Interkoneksi Nilai-Nilai Alquran. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(3), 44–52.

Aswirna, P. (2017). Pengembangan Komik Fisika Sebagai Media Pembelajaran Fisika Di Kelas VIII MTSN 1 Lubuk Basung Prima Aswirna. Natural Science Journal, 3(1), 359–363.

Buhungo, T. J., Mustapa, D. A., & Arbie, A. (2021). Pengembagan Perangkat Pembelajaran Team Based Learning- Inquiry Pada Pembelajaran Daring Berbantuan WhatsApp Dan Zoom Meeting Pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(2), 147–152. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.3079

Illahi, T. rahmah, Sukartiningsih, W., & Subroto, W. T. (2018). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS Mahasiswa Program Pascasarjana , Prodi Pendidikan Dasar , Universitas Negeri Surabaya , Dosen Pascasarjana , Prodi Pendidikan Da. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(3).

Kusumasari, W., Darmadi, I. W., & ... (2021). Pengembangan media pembelajaran webcomic fisika webtoon untuk siswa SMP pada pokok bahasan hukum Newton. JPFT (Jurnal Pendidikan …, 9(April), 50–56. http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpft/article/view/789

Mujahadah, I., Alman, A., & Triono, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III SD Muhammadiyah Malawili. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 8–15. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.758

Nasriyati, C., Safrida, & Hasanuddin. (2017). Pengaruh Pengembangan LKPD Berbasis Komik terhadap Motivasi Belajar pada Materi Struktur dan Fungsi Organ Tumbuhan di SMP Negeri 1 Montasik Aceh Besar. Seminar Nasional II USM, 1, 186–192.

Novferma, Syafmen, W., & Wati, I. (2021). Pengembangan LKPD Berilustrasi Komik dengan Konteks Budaya Jambi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Kelas VII. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(1), 105–124. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i1.3261

Ntobuo, N. E., Arbie, A., & Amali, L. N. (2018a). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia BASED ON GORONTALO CULTURE. 7(2), 246–251. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14344

Ntobuo, N. E., Arbie, A., & Amali, L. N. (2018b). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GRAVITY COMIC. 7(2), 246–251. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14344

Purnamasari, H., Siswoyo, S., & Serevina, V. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik Pada Materi Dinamika Rotasi. VII, SNF2018-PE-29-SNF2018-PE-35. https://doi.org/10.21009/03.snf2018.01.pe.05

Rahmatin, U., Katili, M. R., Hadjaratie, L., & Suhada, S. (2021). Pengembangan Media Komik Untuk Pembelajaran Materi Logika dan Algoritma Komputer. Jambura Journal of Informatics, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.37905/jji.v3i1.10367

Ramli, M. (2012). Media Teknlogi Pembelajaran. In IAIN Antasari Press.

Rendi, R., Sumaryati, S., & Purwanti, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika Materi Pokok Pengukuran Untuk Siswa SMA Negeri 1 Compreng. Navigation Physics : Journal of Physics Education, 2(2), 74–83. https://doi.org/10.30998/npjpe.v2i2.488

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Perdana Media Group.

Utariyanti, I. F. Z., Wahyuni, S., & Zaenab, S. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK DALAM MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA SISWA KELAS VIII MTs MUHAMMADIYAH 1 MALANG. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 1(3), 343–355. https://doi.org/10.22219/jpbi.v1i3.2668.

Wicaksana, I. P. G. C. R., Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2020). Pengembangan E-Komik Dengan Model Addie Untuk Meningkatkan Minat Belajar Tentang Perjuangan Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 7(2), 48. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23159.

Downloads

Published

2023-02-19

How to Cite

Umar, I. P., Uloli, R., & Jahja, M. (2023). Kepraktisan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Materi Kalor di SMP Negeri 1 Tapa. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(01), 83–89. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.416