Metode Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Operasi Hitung Bilangan Cacah Di SD Negeri 71 Lubuklinggau
indonesia
Keywords:
Snowball Throwing, Hasil Belajar, Materi Operasi HitungAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan materi Operasi Hitung Bilangan di kelas IV SD Negeri 71 Kota Lubuklinggau. Kajian ini diharapkan dapat lebih mengembangkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika materi Operasi Hitung Bilangan di kelas IV SD Negeri 71 Lubuklinggau dengan menerapkan metode pembelajaran Snowball Throwing. Metodologi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diselesaikan dalam 2 siklus pembelajaran dengan perulangan 2 kegiatan di setiap siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, instrumen tes dan dokumentasi. Data hasil penelitian yang telah diolah dan dianalisis diperoleh menunjukkan bahwa efek samping pembelajaran siswa pada pembelajaran Matematika materi Operasi Hitung Bilangan dengan diterapkannya metode pembelajaran Snowball Throwing di kelas IV SD Negeri 71 Lubuklinggau telah mengalami peningkatan terbukti diperoleh data dari hasil pembelajaran siklus I siswa mendapat nilai ≥65 ke atas (KKM)= 9 orang atau 45% dengan nilai rata-rata 61. Sedangkan hasil pembelajaran siklus II siswa yang mendapat nilai ≥65 (KKM)=19 orang atau 95% dengan nilai rat-rata 92. Data tersebut menunjukkan bahwa pemanfaatan metode pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Asrinah. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(September), 661–669.
Masjudin, M. 2016. Diagnosis dan Scaffolding Kesulitan Mahasiswa Dalam Memahami Konsep Barisan dan Deret Geometri. Prosiding Seminar Nasional Pusat Kajin Pendidikan Sains dan Matematika IKIP Mataram. 12 Maret 2016. ISBN: 978- 602-74245-0-0
Masria, A. (2021). Pengaruh Model Snowball Throwing Dan Minat Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar. 5(2), 547–566. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i2.377
Muksin, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Mengevaluasi Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 155–158. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.73
Naway, F. A. (2016). Strategi Pengelolaan Pembelajaran. Gorontalo: Ideas PublishingNorhanipah. (2021). Penggunaan Media Benda Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ma- tematika Materi Bangun Ruang Sederhana pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Mandingin. 7(2), 1–8.
Rosidah, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips. 3(2).
Santoso, E. (2018). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn Melalui Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Dinamika Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia Di Kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 1 Boyolangu. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(1).
Sitompul, Lasma Roha; Rafida, Tien; Hasibuan, H. B. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball throwing Terhadap Kemampuan Aspek Kognitif dan Motorik Anak Usia Dini. 6(1), 1311–1323.
Wijayanthi, M. R., Suarjana, M., Riastini, N., Guru, J. P., & Dasar, S. (2014).Penerapan Metode Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD
American Psychiatric Association. (2019). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (4th ed.). Washington, DC: Author. Booth-LaForce, C., & Kerns, K. A. (2014). Child-parent attachment relationships, peer relationships, and peer-group functioning. In K. H. Rubin, W. M. Bukowski, & B. Laursen (Eds.), Handbook of peer interactions, relationships, and groups (pp. 490-507). New York, NY: Guilford Press.
Keller, T. E., Cusick, G. R., & Courtney, M. E. (2015). Approaching the transition to adulthood: Distinctive profiles of adolescents aging out of the child welfare system. Social Services Review, 81, 453- 484.
Koo, D. J., Chitwoode, D. D., & Sanchez, J. (2018). Violent victimization and the routine activities/lifestyle of active drug users. Journal of Drug Issues, 38, 1105-1137. Retrieved from http://www2.criminology.fsu.edu/~jdi/
Senior, B., & Swailes, S. (2017). Inside management teams: Developing a teamwork survey instrument. British Journal of Management, 18, 138-153. doi:10.1111/j.1467-8551.2006.00507.x