Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Anak SD
indonesia
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.333Keywords:
Kemampuan pemecahan masalah, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dalam kategori tinggi, sedang dan rendah. Teknik penggumpulan data menggunakan tes tulis, wawancara dan domentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman dan uji kevalidasi menngunan wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Uji keabsaan data menggunakan Triangulasi teknik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa subjek yang memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori tinggi,subjek mampu memahami, menyusun, melaksanakan dan memeriksa kembali lembar jawaban dari soal pemecahan masalah dengan benar dan tepat. Untuk kememapuan pemecahan masalah kategori sedang, subjek mampu memahami masalah dan menyusun rencana penyelesaian masalah dengan tepat dan benar, tetapi pada tahap penyelesaian rencana peserta didik masih mengalami kesalaAhan dalam perhitungan dan peserta didik tidak memeriksa kembali hasil pada lembar jawaban pada soal pemecahan masalah. Sedangkan pada subjek yang memiliki kemampuan pemecahan masalah kategori rendah, subjek belum mampu memahami, menyusun, melaksanakan dan memeriksa kembali lembar jawaban dari soal pemecahan masalah dengan benar dan tepat.
References
Bani. (2012). Pemecahan Masalah dan Representasi Pembelajaran Matemtik . Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 81.
Gede, Suarjana, & Riastitni . (2014). Pembelajaran Problem Based Learning Untuk meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V . jURNAL.
Harahap , & Syarifah . (2015). Studi Kasus Kesulitan Belajar Matematika pada Remaja . Jurnal Psikolog , 20-30.
Kusrini. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggabungan Metode Drill dan Demonstrasi Siswa Kelas 1-B. Jurnal Pendidikan Madrasah, 16.
Ristiani. (2014). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Antara Siswa yang Mendapatkan Model Pembelajaran . Jurnal Pendidikan Matematika, 109.
Shovia , & Ekasatya. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Melalui Model Pembelajaran . SAVI dan kONVERSIONAL JurnalL Pendidikan , 145.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: Alfabeta.
Ulya. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving . Jurnal Konseling Gusjigang , 90.
Wijaya. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.