Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya Teknik Penunjukkan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di SMPN 1 Singaraja
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v1i03.34Keywords:
Tutor Sebaya, Teknik Penunjukkan, Pemecahan MasalahAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih baik antara model pembelajaran tutor sebaya teknik penunjukkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan desain penelitian post-test only group design. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII SMPN 1 Singaraja sebagai subjek penelitian. Sampel yang diambil menggunakan teknik random sampling yaitu pemilihan sampel secara bertahap dengan cara acak. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes uraian untuk memperoleh data kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Data hasil tes pemecahan masalah matematika dianalisis menggunakan uji ANAVA satu jalur. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran tutor sebaya teknik penunjukkan lebih baik dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional.
References
Al-Hebaishi, S. M. (2017). The Effect of Peer Instruction Method on Pre-Service Teachers’ Conceptual Comprehension of Methodology Course. Journal of Education and Learning, 6(3), 70.
Ayllon, M., Gomez, I., Ballesta-Claver, & Julio. (2016). Mathematical Thinking And Creativity Through Mathematical Problem Posing And Solving. Propósitos y Representaciones, 4(1), 169–218.
Baiduri, B. (2017). Elementary School Students’ Spoken Activities And Their Responses In Math Learning By Peer-Tutoring. International Journal of Instruction, 10(2), 145–160.
Dewi, P. A. C., Sudiarta, I. G. P., & Suweken, G. (2020). Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Tutor Sebaya Berbantuan Komik Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 14(1), 106–118.
Hamalik, O. (2016). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Johson, B., & Larry, B. C. (2011). Educational Reseacrh: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches 4th edition. Thousand Oak, 4(1), 46.
Myers, A. (2006). Experimental Psychology. Belmont: Thomson Wadsworth.
Noryanti, T., Nufus, H. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Tutor Sebaya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pijar MIPA, 14(3), 102–107.
Novitasari, W. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Mts Al-Azhar Bl’ibadillah. Jurnal Eksakta, 2(1), 1–9.
Pintauli, S. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Beberapa Model Pembelajaran. May.
Putra, L. V., Purwanti, K. Y., & Khoiriyah, I. S. A. (2018). Pembelajaran Matematika Model Tutor Sebaya Dengan Strategi Heuristik VEE. JANACITTA: Journal of Primary and Children’s Education, 1(2), 2615–6598.
Robi Romansyah, Wakhinuddin S, W. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Teknik Dasar Otomotif Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Smk Negeri 1 Sumatera Barat. Automotive Enineering Education Journals, 1, 1.
Tjalla, A., & Sofiah, E. (2015). Effect Of Methods Of Learning And Self Regulated Learning Toward Outcomes Of Learning Social Studies. Journal of Education and Practice, 6(23), 15–20.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





