Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas III SD Berbantuan Pot Penjumlahan
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v5i01.1214Keywords:
Ketrampilan Pemecahan Masalah Matematis, Penerapan Pot PenjumlahanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penggunaan media pot penjumlahan dan model pembelajaran STAD dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan rancangan One Groupe Pretest-Posttest Design. Populasi dan dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD 6 Getassrabi sebanyak 15 siswa. Data yang menggunakan Teknik tes berupa soal essay. Data dianalisis menggunakan statistic uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 16,14 yang terlihat pada nilai rata-rata posttest sebesar 77,47 lebih baik dari nilai rata-rata pretest sebelumnya yaitu 61,33. Selain itu hasil uji N-Gain menunjukkan adanya peningkatan dengan hasil sebesar 43,14 berada pada kategori sedang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pot ppenjumlahan dan model STAD efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SD kelas III SD 6 Getassrabi.
References
Adelia, astari putri, Wanabuliandari, S., & Ermawati, D. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(23), 656–664.
Assaldah, M. Z., Aulia, S. N., Pangestuti, E. D., & Ermawati, D. (2024). Analisis Kesulitan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi OperasiI Bilangan Bulat. 2(8), 1–23.
Cahya, N., Astuti, H. P., Rikhayana, N. A., Wahyu, M., Hanifah, N., Ermawati, D., Guru, P., & Dasar, S. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Pada Kelas Iii Sdn 1 Bumirejo. Taksonomi Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 93–99.
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2019). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.
Darmawan, A. D., Fardani, M. arsyad, & Ermawati, D. (2024). Tingkat Keefektivan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan MASALAH Matematis Siswa Kelas 5 SD. 09(September).
Destrinelli, D., Hayati, D. K., & Sawinty, E. (2018). Pengembangan Media Konkret Pada Pembelajaran Tema Lingkungan Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 313–333. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6754
Dewi, N. P. R., Ardana, I. M., & Sariyasa, S. (2019). Efektivitas Model ICARE Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 109. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1762
Ermawati, D., Anisa, R. N., Saputro, R. W., & Ummah, N. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD 1 Dersalam. Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa, 2, 82–92.
Ermawati, D., Fardani, I., Nurunnaja, D., Ni’mah, A. U., & Astuti, D. D. (2023). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematis pada Materi Pecahan di Kelas IV SD. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), X, 161–172. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th
Ermawati, D., Riswari, L., & Wijayanti, E. (2022). Pendampingan Pembuatan Aplikasi Mat Joyo (Mathematics Joyful Education) bagi Guru SDN 1 Gemiring Kidul. Jurnal SOLMA, 11(3), 510–514. https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.9892
Fardani, M. A., Pratiwi, I. A., Prasetyo, Z. K., Samsuri, S., & Khotimah, T. (2021). Game Panjol Berbasis Android Untuk Meningkatkan Karakter Bersahabat Pada Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 241–249. https://doi.org/10.24176/re.v11i2.5548
Fardani, M. A., Utami, P. R., & Kironoratri, L. (2022). Penggunaan Modul “Aksi Sekolah” sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Baca Tulis Peserta Didik SD. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(2), 71–76. https://doi.org/10.21831/didaktika.v5i2.51693
Fardani, M. A., Wiranti, D. A., Ismaya, E. A., & Kumala, D. (2023). Pengembangan Media Raja Caraka Untuk Pembelajaran Membaca Aksara Jawa. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 4(5), 533–542. https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i5.159
Jalal, N. M. (2022). Persepsi Siswa Sekolah Dasar terhadap Mata Pelajaran Matematika saat Pandemi Covid-19. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 27–40. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2591
Junaedi Ifan. (2019). Proses Pembelajaran Yang Efektif. Jisamar, VOL. 3 NO.(2), 19–25.
Kantirahayu, M., Khamdun, & Ardianti, S. D. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Inkuiri Berbantu Media Konkret di Kelas V SD. 11(4), 1940–1950.
Kusumaningrum, T. T., Wanabuliandari, S., & Sumaji. (2022). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Trigo App Dalam Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muria Kudus, 118–127.
Putri, A. S., Riswari, L. A., & Fardani, M. A. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENTARI TERHADAP KELAS IV SEKOLAH DASAR. 10(2).
Ramandani, R., Ekaputri, H. D., Ermawati, D., Utara, J. L., Kulon, K., Bae, K., Kudus, K., & Tengah, J. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Soal Cerita Matematika Kelas V Melalui Media “ Puzzle Cermat ” Universitas Muria Kudus dihadapi guna mencapai tujuan yang diidamkan ( Udmah et al ., 2024 ). Ahmad & Asmaidah kemampuan siswa agar mampu. 2(3).
Riyanti, A., Fardani, M. A., & Fajrie, N. (2023). Proses Kreasi Seni Tari sebagai Ekspresi Diri Anak SD Negeri Wotan 02 Desa Wotan Kabupaten Pati. Islamika, 5(2), 643–656. https://doi.org/10.36088/islamika.v5i2.3111
Saputra, A., & Endaryono, E. (2020). Perbaikan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 11(2), 164–171. https://doi.org/10.37640/jip.v11i2.106
Setyawan, D. (2020). Proses Memeriksa Kembali Dalam Memecahkan Masalah Kontekstual Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar. MATHEdunesa, 9(2), 455–460. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n2.p455-460
Stelawati, Y., Shokib Rondli, W., & Aditia Ismaya, E. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Stad Terhadap Penanaman Moral Cinta Tanah Air Di Kelas 4 Sekolah Dasar. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(3), 582–596. https://doi.org/10.46773/muaddib.v6i3.1157
Sumatri, muhammad S., & Een, U. (2019). Analisis Pemahman Konsep Matematis Siswa kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.
Syofian, M., & Gazali, N. (2022). Kajian Penelitian Literatur Review: Metode Student Teams Achievement Division Dalam Pendidikan Jasmani. Journal of Sport Education ( JOPE ), 3(2), 63–74. https://jope.ejournal.unri.ac.id/index.php/jope/article/view/7947/6856
Tamansiswa, U. S., Rosiana, E. A., Utaminingsih, R., & Kristiani, N. (2023). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Peningkatan Hasil Dan Minat Belajar Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Menggunakan Papan Jurang Pada Siswa Kelas III SD Negeri Suryodiningratan 2. 2(1).
Tyas, Y. C., Fardani, M. A., & Kironoratri, L. (2024). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Make A Match Berbantuan Media Kartu Kata. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(1), 78–88. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i1.4790
Ulfa, Z. I., Ismaya, E. A., & Fardhani, M. A. (2020). Penerapan Model Student Teams Achievement Division dengan Utaku untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 72–78. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i2.26648
Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137–144. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





