Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Teorema Pythagoras Berdasarkan Self-Efficacy
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v4i04.1039Keywords:
Pemecahan Masalah, Self-EfficacyAbstract
Self-efficacy merupakan faktor penting dalam pencapaian tujuan pembelajaran, khususnya dalam pemecahan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII pada materi Teorema Pythagoras berdasarkan tingkat self-efficacy. Penelitian menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif di SMP Negeri 3 Paron dengan subjek 6 siswa, terdiri atas dua siswa dengan self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah. Data dikumpulkan melalui angket, tes, dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan NVIVO 12. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Siswa dengan self-efficacy tinggi memenuhi semua indikator pemecahan masalah secara sistematis; (2) Siswa dengan self-efficacy sedang memahami masalah tetapi kurang teliti dalam perencanaan, pelaksanaan, dan kesimpulan; (3) Siswa dengan self-efficacy rendah mengalami kesulitan di semua tahap pemecahan masalah. Guru disarankan menyesuaikan pembelajaran dengan tingkat self-efficacy siswa, memberikan bimbingan tambahan pada siswa dengan self-efficacy sedang dan rendah, serta mempertimbangkan karakteristik individu dalam penelitian lanjutan.
References
Andini, H. P. (2021). Analisis Kemampuan Representasi MAtemais Pada Pokok Bahasan Teorema Phytagoras ditinjjau dari Self-efficacy. Pesquisa Veterinaria Brasileira, 26(2), 173–180.
Bandura, A. (1997). Self-efficacy. The Exercise of Control. W .H. Froeman and Company.
Baron, R. A., & Byrne, D. (2004). Psikologi Sosial Jilid 1. Penerbit Erlangga.
Creswell, J. W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.
Dagdag, J. D., Palapuz, N. A., & Calimag, N. A. (2021). Predictive ability of problem-solving efficacy sources on mathematics achievement. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(4), 1185–1191. https://doi.org/10.11591/IJERE.V10I4.2141
Fitriani, R. N., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika. 05(03), 2793–2801.
Given, L. M. (2008). The Sage Encyclopedia of Qualitative Research Methods. Sage.
Indahsari, I. N., Situmorang, J. C., & Amelia, R. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa MAN. Journal On Education, 1(2), 256–264.
Indriani, N., Rukmigarsari, E., & Faradiba, S. S. (2022). Pengaruh Self-efficacy Dan Independent Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Statistika Kelas Viii Smp Ybpk Pujiharjo. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 16(30), 107–111.
Lent, R. W., Brown, S. D., & Larkin, K. C. (1986). Self-efficacy in the prediction of academic performance and perceived career options. Journal of Counseling Psychology, 33(3), 265–269. https://doi.org/10.1037/0022-0167.33.3.265
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif : Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. UI Press.
Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. NCTM.
Polya, G. (1973). How to solve it (2nd ed.). Princeton University Press.
Pujaningsih, & Ambarwati, U. (2020). Self-efficacy changes in collaborative course for inclusive education preservice teachers. Cakrawala Pendidikan, 39(1), 79–88. https://doi.org/10.21831/cp.v39i1.26669
Rasid, M., Surahmat, & Faradiba, S. S. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self-Efficacy Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Pada Kelas Viii Smp Negeri 04 Satu Atap Mukok Kabupaten Sanggau. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 16(32), 76–86.
Schunk, D. H. (1982). Effects of effort attributional feedback on children’s perceived self-efficacy and achievement. Journal of Educational Psychology, 74, 548–556.
Shene, C.-K. (2024). A New Approach to Proving the Pythagorean Theorem C-K Shene. 1–27.
Stamatis, E. S. (1981). Pythagoras dari Samos.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Umah, U., & Asriningsih, T. M. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Self-Efficacy Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 843–856.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





