Pengembangan Media Pop Up Book Materi Kenampakan Permukaan Bumi di UPT SD Negeri 87 Gresik
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.372Keywords:
Model ADDIE, media pembelajaran, pop up book, kenampakan pemukaan bumiAbstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas 3 UPT SD Negeri 87 Gresik,
terdapat pernyataan bahwa dalam kegiatan pembelajaran IPA guru masih menggunakan metode ceramah dan memberi latihan soal. Hal ini membuat peserta didik menjadi kurang aktif dan kurang semangat. Maka dari itu, peneliti melakukan penelitian ini bertujuan untuk menyajikan inovasi media pembelajaran yaitu berupa media Pop Up Book pada pembelajaran IPA kelas 3 materi kenampakan permukaan bumi di UPT SD Negeri 87 Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas 3 UPT SD Negeri 87 Gresik dengan jumlah 10 peserta didik. Media pembelajaran Pop Up Book (Kenampakan Permukaan Bumi) telah melalui serangkaian validasi ahli materi dan validasi ahli media. Hasil akhir dari validasi kelayakan media memperoleh skor rata-rata sebesar 92,58 dengan kategori “sangat layak”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Pop Up Book kenampakan permukaan bumi dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Arigiyati, T. A., Kusmanto, B., & Widodo, S. A. (2018). Validasi Modul Komputasi Matematika. unesa.ac.id, 1-7.
Atiyah, M. (2015). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Kenampakan Permukaan Bumi. Universitas Negeri Semarang, 34-38.
Azizi, m. (2016). Pengembangan meda komik ipa bermuatan karakter pada materi sumberdaya alam untu siswa SD/MI. uin-suka.ac.id, 1-112.
Djijar, D. C. (2015). Efektivitas Media Pop Up Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Cerita pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Sekolah Dasar. Skripsi, 35.
Nugraha, A. W. (2017). Analisis kelayakan Buku Ajar Siswa SD Kelas 5 Tema Ekosistem dan Lingkungan Sahabat Kita Ditinjau Dari Aspek science Literacy. STKIP PGRI Tulungagung, 6.
Nurhidayanti, W. D. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Jawa.
Program Studi Bahasa Jawa, hal. 17-18
Rahayu, P. G. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Metamorfosis Kupu-Kupu Materi Daur Hidup Hewan di Lingkungan Sekitar Siswa Kelas IV SDN Petok Mojo. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Rahayu, P., Mulyani, S., & Miswadi, S. (2012). Pengembangan Pembelajaran Ipa Terpadu Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Melalui Lesson Study. Pendidikan IPA Indonesia.
Rifa'i, M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Permukaan Bumi Melalui Metode Make a Match Pada Siswa kelas III. Institut Agama Islam Negeri FTIK.
Rosalina, C. D., & Nugrahani, R. (2019). Pengembangan Media Buku Pop-Up untuk Pembelajaran Mengenal Huruf Alfabet Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 5(1), 54-63.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sundayana, R. (2015). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Umam, N.K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. TRAPSILA: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2).
Zahro, L. (2016). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Multimedia Pop Up Book . UIN Malang, 48.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.