Pengembangan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions Melalui Bantuan Alat Peraga Roda Integral

Authors

  • Anwas Mashuri STKIP Modern Ngawi
  • Dewi Nur Alya Syafita STKIP Modern Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.335

Keywords:

STAD, Media Pembelajaran, Roda integral

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini untuk mengembangkan pembelajaran STAD dengan bantuan alat peraga Roda Integral. Penulisan artikel ini menggunakan metode literature review untuk mendapatkan rumusan masalah. Selain itu, tinjauan pustaka  digunakan untuk pengumpulan data, pembahasan, kesimpulan dan proposal. Hasil studi pustaka mengungkapkan Prosedur pembelajaran STAD menggunakan media roda Integral. Artinya, 1) tahap penyampaian materi dilakukan dengan menggunakan media roda integral. 2) Fase membagi kelompok dengan peserta yang heterogen terjadi setelah materi disampaikan. 3) Kegiatan presentasi kelompok dan pendidik mengamati setiap kelompok. 4) Tahap evaluasi hasil belajar, dengan bantuan media roda integral. 5) Setelah evaluasi selesai, kelompok terbaik akan diberikan penghargaan. Pembelajaran STAD dengan media pembelajaran bertujuan untuk menjadikan alternatif pembelajaran  lebih beragam, kreatif dan inovatif.

References

Afandi, M., dan Irawan, D. (2013). Bagian prestasi tim siswa tipe pembelajaran kooperatif sekolah dasar. Di Unisla Pers.

Anisa, S. (2014). Bahan ajar untuk pembelajaran matematika. Jurnal Tarbawiyah, 11 (1), 1-15.

Esminarto E, Sukowati S, Suryowati N, dan Anam K (2016). Penerapan model Stad untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Brilian: Jurnal Penelitian dan Konseptual, 1 (1), 16. https: //doi.org/10.28926/briliant.v1i1.2

JOPLI, Z.P. (2020) Institut Pendidikan Matematika dan Sains. Nasaldin, N. (2018). Media dan dukungan pendidikan dalam pelajaran matematika. AlKhwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3 (2), 21-30. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.2232

Novitasari, M., Sudargo, S., dan Sugiyanti, S. (2019). Studi perbandingan hasil studi matematic dengan model pembelajaran team game turnament dan model pembelajaran student team performance department. Imajiner: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1 (4), 16-23. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3848

Nugroho, okywasrikdwi. (2014). Pengaruh penerapan model pembelajaran kolaboratif tipe stud terhadap peningkatan hasil belajar pada pelajaran IPS kelas VSDN Karang DUREN. , 7 (2), 1-16. https://eprints.uny.ac.id/12986/1/Skripsi Oky Wasrik Dwi Nugroho.pdf

Sasomo, B. (2021) Pengembangan Performance Department (Stad) pembelajaran tim mahasiswa virtual di ruang rapat kecil aplikasi Zoom meeting. PHYTAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10 (April), 2599-2600.

Suprapti, E. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika kolaboratif tipe STAD menggunakan media Powerpoint Ispring untuk materi jajar genjang, layang-layang, dan trapesium kelas VII SMP. Diperlukan: Jurnal Pendidikan Matematika, Sains dan Teknologi, 1 (1), 57. https://doi.org/10.30651/must.v1i1.98

Wedan, M. (2016). Pengertian pendidikan dan tujuan pendidikan secara umum. kurikulum.

Downloads

Published

2023-02-20

How to Cite

Mashuri, A., & Syafita, D. N. A. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions Melalui Bantuan Alat Peraga Roda Integral. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(01), 130–138. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.335