Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Video Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Rahmatia Rahmatia Universitas Negeri Gorontalo
  • Ritin Uloli Universitas Negeri Gorontalo
  • Abdul Haris Odja Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.691

Keywords:

Keterampilan Berpikir Kritis, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan video terhadap keterampilan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 1 Lakea. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi kelas XI dan diambil sebagai sampel 2 kelas. Pengumpulan data menggunakan tes uraian dengan indicator berpikir kritis sebanyak 10 jumlah soal. Teknik pengmpulan data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, dan uji hipotesis. Nilai rata-rata pretes kelas eksperimen memperoleh sebesar 18.53 dan kelas kontrol 14.96 sedangkan pada nilai rata-rata posttest kelas eksperimen memperoleh nilai 75.82. dan kelas kontrol 68.86. nilai uji homogenitas fhitung 1.69 ftabel 2.01 maka H0 diterima, nilai rata-rata uji N-gain kelas eksperimen 0.701 (tinggi) sedangkan kelas kontrol 0.632 (sedang), dengan nilai hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung sebesar 2.86 dan ttabel sebesar 2.01 sehingga H0 ditolak, dapat disimpulkan bahwa model problem based learning berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 1 Lakea.

References

Azmy, M. K., Purwoko, A. A., & Hadisaputra, S. (2018). The Development Of Chemistry Teaching Materials In The Form Of HandoutsBased (PBL) In Class XI IPA Madrasah Aliyah (Ma) Kediri District. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 8(3), 71–73. https://doi.org/10.9790/7388-0803037173

Charli, L., Amin, A., & Agustina, D. (2018). Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas X SMA Ar-Risalah Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2016/2017. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 1(1), 42–50.

Desriyanti, R., & Lazulva. (2016). Penerapan Problem Based Learning Pada Pembelajaran Konsep Hidrolisi Garam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Tadris Kimiya, 1(2), 70–78.

Fitriyah, S. (2017). The Effectivenss Of Problem Based Learning Pop Up Book To The Mathematic Students Ability On Problem Solving Class VIII. Kontinu : Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 1(1), 47–58.

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Journal Prosding TEP & Pds, 1(15), 96–102.

Helmi, F., Rokhmat, J., & Ardhuha, J. (2017). Pengaruh Pendekatan Berpikir Kausalitik Ber-scaffolding Tipe 2B Termodifikasi Berbantuan LKS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fluida Dinamis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1), 68–75.

Khotimah, A. H., Kuswandi, D., & Sulthoni. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 158–165.

Kurniawati, A., Isnaeni, W., & Dewi, N. . (2013). Implementasi Metode Penugasan Analisis Video Pada Materi Perkembangan Kognitif, Sosial, dan Moral. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 149–155.

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143.

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal Of Primary Education, 6(1), 35–43.

Nuryanto, N., Utami, B., & Saputro, A. N. C. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Lengkapi Macromedia Flash dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Termokimia Kelas XI Siswa SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(4), 87–94.

Prihono, E. W., & Khasanah, F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 74–87. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.7078

Rokhmawati, J., Djatmika, E. T., & Wardana, L. (2016). Implementation of Problem Based Learning Model to Improve Students ’ Problem Solving Skill and Self -Efficacy (A Study on Ix Class Students of SmpMuhammadiyah). 6(3), 51–55. https://doi.org/10.9790/7388-0603045155

Syutharidho, & Rakhmawati, R. (2015). Pengembangan Soal Berpikir Kritis untuk Siswa SMP Kelas VIII. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 219–227.

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191.

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Sosiohumaniora, 3(2), 153–160.

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa, 7(1), 51–62.

Downloads

Published

2024-02-25

How to Cite

Rahmatia, R., Uloli, R., & Odja, A. H. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Video Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 4(01), 58–65. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.691