Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Pada Materi Getaran Gelombang Dan Bunyi Untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving

Authors

  • Dewi Shintia Mokodompit Universitas Negeri Gorontalo
  • Trisnawaty J. Buhungo Universitas Negeri Gorontalo
  • Abdul Haris Odja Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v4i03.788

Keywords:

Problem Solving, Pengembangan 4D, Discovery Learning

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP PGRI OTAM , bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika yang berkualitas denga mengguankan model discovery learning, perangkat yang dikembangkan menggunakan model 4D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan berkualitas. Perangkat pembelajaran dikatakan layak untuk digunakan dengan sedikit revisi, dilihat berdasarkan hasil rata-rata validasi dengan nilai 3,4–3,5, tingkat keefektifan perangkat pembelajaran dilihat dari peningkatan Pemecahan masalah (problem solving) peserta didik yang terdiri dari ranah kognitif diperoleh N Gain 0,54, dengan kriteria N gain sedang, ranah sikap dengan rata-rata presentase sebesar 81,02% serta rata-rata presentase pada ranah keterampilan 86,60%  dan hasil pengamatan aktivitas peserta didik selama 3 kali pertemuan sebesar 79,66% dengan kriteria baik. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis berdasarkan rata-rata presentase hasil keterlaksanaan pembelajaran selama 3 pertemuan sebesar 86,67.

References

Alias, N., Julius, R., Sahapini, N. F. M., Yahya, M. A., Mahfodz, Z., Ramli, F. F., ... & Kherruldin, M. M. (2019). Teaching Mechanical Wave through Visualization Using Ruben’s Tube.

Anggreini, R. D., Asnawati, R., & Koestoro, B. (2018). Pengaruh Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6, 186–197.

Bestari, F., Ramlawati, & Yunnus, S.R. (2022). Penerapan LKPD Berbasis KPS untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal IPA Terpadu JIT, 6(2), 51-59.

Hadis, E. S., Mursalin, M., & Paramata, D. D. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Menggunakan Model Discovery Learning Pada Materi Getaran dan Gelombang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP. Jambura Physics Journal, 4(1), 60-69.

Herawati, W. (2021). Peningkatan Keterampilan Proses Melalui Penerapan Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Pada Siswa Kelas XI MIPA-3. Journal of Classroom Action Research, (3)2, 59-65.

Herdiana, Y., Wahyudin, W., & Sispiyati, R. (2017, August). Effectiveness of discovery learning model on mathematical problem solving. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1868, No. 1). AIP Publishing.

Lantowa, H. D., Buhungo, T. J., & Arbie, A. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Aplikasi Zoom Pada Materi Fluida Statis. ORBITA. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, Vol. 8 No. 1, 21–27. p-ISSN : 2460-9587 e-ISSN : 2614-7017.

Lee, O., & Buxton, C. A. (2013). Integrating science and English proficiency for English language learners. Theory Into Practice, 52(1), 36-42.

Marantika, A., Handayani, T., & Putri, A. (2015). Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di SMP Pelita Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA, 1(2), 161–183

Ma'shumah, E., & Sukini, S. (2020). Pengembangan modul discovery learning berbasis pendidikan karakter untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(2), 113-122.

Mustapa, D. A., Buhungo, T. J., & Arbie, A. 2021. Pengembagan Perangkat Pembelajaran Team Based Learning- Inquiry Pada Pembelajaran Daring Berbantuan WhatsApp Dan Zoom Meeting Pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(2), 147–148

Musharrat, T. (2020). Teachers’perceptions About Use And Challenges Of Hands-On Activities In Secondary Science Classroom. European Journal of Education Studies, 7(12).

Rizal, R., & Ridwan, I. M. (2019). Implementasi Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Proses Sains Siswa SMA. Journal of Teaching and Learning Physics, 6(2), 01-10.

Rusilowatil, A., & Marwoto, P. (2021, June). Development of integrated teaching materials vibration, wave and sound with ethnoscience of bundengan for optimization of students’ scientific literation. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1918, No. 5, p. 052057). IOP Publishing.

Sinaga, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII-6 SMP NEGERI 1 Tebing Tinggi. School Education Journal, 10(4), 379-388.

Sujarwanto, S., Rahayu, S., & Nugroho, A. C. (2021). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model discovery learning dengan pendekatan berpikir kritis. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(2), 287-298.

Supriyanto, J. (2019). Penggunaan Model Discovery Learing Pada Pembelajaran Konsep Gaya dan Penerapannya untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Batang Alai Utara. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial, 5(2), 35-42.

Downloads

Published

2024-08-26

How to Cite

Mokodompit, D. S., Buhungo, T. J., & Odja, A. H. (2024). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Pada Materi Getaran Gelombang Dan Bunyi Untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving . JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 4(03), 247–256. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i03.788