Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Tentang Sistem Gerak Manusia Di Kelas VIII SMP Kota Gorontalo

Authors

  • Nur Intan Universitas Negeri Gorontalo
  • Masrid Pikoli Universitas Negeri Gorontalo
  • Ritin Uloli Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v3i02.441

Keywords:

Literasi sains, sistem gerak manusia

Abstract

Literasi sains merupakan kemampuan menggunakan pengetahuan sains untuk dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa tentang sistem gerak manusia di kelas VIII SMP kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan literasi sains siswa tentang sistem gerak manusia di kelas VIII SMP Kota Gorontalo untuk semua aspek tergolong rendah dengan persentase 57%. Persentase kemampuan literasi sains siswa pada aspek konteks secara keseluruhan 56,17%, aspek pengetahuan 56,6%, dan aspek kompetensi 50,20%. Ketiga aspek tersebut berada dalam kategori rendah, sedangkan pada aspek sikap 81,48% dengan kategori tinggi.

References

Fadilah, F., Isti, S., Amarta, T. W. D., & Prabowo, C. adi. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Pada Pembelajaran Biologi Menggunakan NOSLiT. Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, 10(1), 27–34. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v10i1.8141

Hanum, L. (2020). Analisis Ketercapaian Literasi Sains Kimia Pada Aspek Pengetahuan Siswa Di SMA Negeri 1 Bireuen. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. https://repository.ar-raniry.ac.id/15714/1/Luthfia Hanum%2C 160208029%2C FTK%2C PKM%2C 082240921090.pdf

Maulida, L. (2021). Analisis Perbedaan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Dan Madrasah Aliyah (MA) Kota Banjarmasin . Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61270

Nida Awara. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa kelas X Mia MAN 2 Payakumbuh Pada Pembelajaran Biologi Berdasarkan Pisa 2015. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Batusangkar. https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/12812/1582249004088_SKRIPSI NIDIA AWARA NIM 15300600039.pdf?sequence=-1&isAllowed=y

Nofiana, M. (2017). Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP di Kota Purwokerto Ditinjau dari Aspek Konten, Proses, dan Konteks Sains. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 1(2), 77–84. https://doi.org/10.30595/JSSH.V1I2.1682

OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. OECD Publishing. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2012-assessment-and-analytical-framework_9789264190511-en

Pakpahan, N. A., & Hasruddin, H. (2021). Kemampuan Literasi Materi Sistem Gerak Siswa SMA Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 162–172. https://doi.org/10.31004/JRPP.V4I1.1748

Ramadhani, I. N., & Sukmawati, W. (2022). Analisis Pemahaman Literasi Sains Berdasarkan Gender dengan Tes Diagnostik Three-Tier Multiple Choice. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 781. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.860

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMPN di Kabupaten Lombok Tengah Agus. Pancasakti Science Education Journal, 5(2), 16–22. https://doi.org/10.24905/psej.v5i2.19

Rohmah, I. L., & Hidayati, S. N. (2021). Analisis Literasi Sains Peserta Didik SMPN 1 Gresik. PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains, 9(3), 363–369. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/40178

Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12).

Tursinawati, T. (2013). Analisis Kemunculan Sikap Ilmiah Siswa Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran IPA Di SDN Kota Banda Aceh. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 4(1). https://doi.org/10.22373/pjp.v4i1.157

Widya Safira, 170204006. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Di SMA Negeri 4 Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam - Banda Aceh. http://library.ar-raniry.ac.id/

Wulandari, N., & Wulandari, N. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Pengetahuan Dan Kompetensi Sains Siswa SMP Pada Materi Kalor. EDUSAINS, 8(1), 66–73. https://doi.org/10.15408/ES.V8I1.1762

Zuhara, E., Jufri, A. W., & Soeprianto, H. (2019). Kemampuan Literasi Biologi Berdasarkan Gender Pada Siswa Peminatan Mipa Di SMA Negeri Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/JPPIPA.V5I1.234.

Downloads

Published

2023-05-20

How to Cite

Intan, N., Pikoli, M., & Uloli, R. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Tentang Sistem Gerak Manusia Di Kelas VIII SMP Kota Gorontalo. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(02), 262–271. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i02.441