Penerapan Pembelajaran Kooperatif TGT Melalui Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v4i02.737Keywords:
Model TGT, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas II SDN Ngadirejo 4 Kartasura yang berjumlah 12 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yaitu Siklus I dan Siklus II, dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian berupa dokumentasi dan tes. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskripsi kualitatif dan kuantitatif dalam penelitian ini digunakan untuk menggambarkan peningkatan hasil belajar siswa. hasil penelitian menunjukan peningkatan nilai rata-rata siswa yang awalnya 50,83 pada pra-siklus menjadi 70,83 di siklus I dan selanjutnya naik menjadi 89,17 di siklus II. Peningkatan ini terjadi karena model TGT mendorong siswa menjadi lebih antusias dan aktif selam proses pembelajaran, yang berkontribusi besar terhadap peningkatan hasil belajar mereka. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif TGT dengan dukungan media permainan ular tangga berhasil meningkatkan hasil belajar matematika.
References
Arikunto, S. (2009). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dan Hasil IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 1(1), 77-89.
Dewiyanti, N. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 29–37. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13977
Febriana, S. G. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantu Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Keterampilan Collaborative Siswa Sd. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 222–228. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15414
Harmianto, T. T. E. M. faridli. S. (2013). Model-Model Pembelajaran Inovatif Dan Efektif. Bandung: Alfabeta. cv
Hasibuan, M. Y., Ritonga, T., & Hotdian, R. (2021). Bangun Datar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. Jurnal Pendidikan Dasar. 1(2), 1–4.
Hoiroh, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament ( TGT ) Melalui Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Negeri 8 Jember. Skripsi.
Isjoni, H. (2010). Cooperative learning : mengembangkan kemampuan belajar berkelompok (Cet. 3). Bandung: Alfabeta.
Komalasari, K. (2014). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Nopiani, N. E., Meter, I. G., & Wiarta, I. W. (2013). Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Permainan Ular Tangga Berpengaruh terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus VIII Sukawati. Mimbar PGSD, 1. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/1239/1103
Purwanto; (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. //library.fmipa.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=3712&keywords=
Slavin, R. E. (2016). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nisa Media.
Suarni, Putu. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sd Di Gugus Iii Kecamatan Banjar.Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. Tersedia pada file: index.php/JJPGSD/article/view/912 /782, Volume 1. Nomor 1 (hlm. 1- 10)
Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





