Efektivitas Manajemen Konflik di SMPN 40 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v4i02.723Keywords:
Efektivitas, manajemen konflik, implementasi, kurikulum merdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas manajemen konflik di SMPN 40 Surabaya dan juga bagaimana pengimplementasian kurikulum merdeka di sekolah itu. Fokus penelitian yaitu pada manajemen konflik dalam implementasi kurikulum merdeka. Tujuannya adalah untuk menganalisis keterbatasan sumber daya di sekolah, pembagian dan pelaksanaan struktur organisasi dalam pengimplementasian kurikulum merdeka, pelaksanaan komunikasi antar guru dalam pengimplementasian kurikulum merdeka dan juga perbedaan pendirian dan perasaan dalam unit kerja atau bagian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara pada waka kurikulum. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu hasil observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini ditekankan pada dua fokus penelitian, yaitu manajemen konflik dan implementasi kurikulum merdeka. Pertama, manajemen konflik yang meliputi keterbatasan sumber daya, struktur organisasi, komunikasi, dan perbedaan individu. Yang kedua, implemenrasi kurikulum merdeka, yang mencangkup komunikasi, sumber daya, disposisi, struktur, dan birokrasi. Dalam aspek manajemen konflik ini mengkaji tentang pengalokasian sumber daya menurut prioritas kebutuhan tiap unit kerja atau bagian, persaingan dalam meningkatkan status dalam unit kerja, dan juga ketersediaan infoemasi. Pada aspek implementasi kurikulum merdeka, mengkaji tentang koordinasi dalam pemerintah, sekolah, dan stakeholder dalam pengimplementasian kurikulum.
References
Anggoro, G. Z. D., Istnaini, H., & Irdina, I. N. (2024). Wawancara humas SMPN 40 Surabaya (hal. 1–10). Universitas Negeri Surabaya.
Aqil, M. S., Masruroh, D. R., Malihati, F., & Mu’alimin. (2022). PENGELOLAAN KONFLIK STUDI KASUS KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 JEMBER. Jurnal hukum, 4(2), 01–10. https://doi.org/doi.org/10.55606/af.v4i2.43
Ekawarna. (2018). Manajemen Konflik dan Stress (B. S. Fatmawati (ed.)). Bumi Aksara.
Ernaliza, E., Fitria, H., & Fitiani, Y. (2020). Peranan Manajerial Kepala Sekolah dalam Mengatasi Konflik Guru. Journal of Education Research, 1(3), 245–250. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.28
Fatihaturahmi, Glatman, M., & Ernawati. (2023). Study Literature Peran Manajemen Konflik dan Cara Penanganan Konflik dalam Organisasi Sekolah. Journal of Education Research, Vol. 4(No. 3), Hal. 1075-1081. https://doi.org/doi.org/10.37985/jer.v4i3.277
Hendrayana, Y. (2020). Peran Keterampilan Negosiasi Terhadap Manajemen Konflik Melalui Intermediasi Efektivitas Komunikasi. Parameter, 5(10), 113–126. https://doi.org/10.37751/parameter.v5i1.144
Indriani, N., Putri, M. S. A., & Trisnawa, V. A. (2023). Manajemen Konflik dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 7(6), 4082–4088. https://doi.org//10.31004/basicedu.v7i6.6551
Jamali, Y., & Haris, A. (2018). Manajemen Pengelolaan Konflik Di Sekolah. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 1(1), 113–131. https://doi.org/10.32923/kjmp.v1i1.903
Legi, H., Samosir, L., & Tambunan, L. L. (2023). Manajemen konflik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Era Digital. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(3), 196–203.
Mu’afifah, Nabilla, E. A., Romadhoni, R. I., Hidayat, M. F. A., & Mu’alimin. (2022). Manajemen Konflik ( Strategi Meningkatan Prestasi Belajar Siswa Studi Kasus : Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember ). Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(3). https://doi.org/10.56910/jispendiora.v1i3.239
Mukhtar Syuaib, M., & Mardia. (2023). Manajemen Konflik Di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam:Tadbiruna, 2(2), 108–120. https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v2i2.500
Muslim, A. (2014). Manajemen Konflik Interpersonal di Sekolah. Jurnal Paedagogy, 1(1), 17–27. https://doi.org/doi.org/10.33394/jp.v1i1.3055
Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (M. Albina (ed.)). Harva Creative.
Nurdyansyah. (2017). Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan. Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan, 1–22.
Rostini, D., Khalifaturramah, K., Sulaiman, S., & Amaly, N. (2023). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Konflik. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 173–180.
West, M. A. (2002). Sparkling fountains or stagnant ponds: An integrative model of creativity and innovation implementation in work groups. Applied Psychology, 51(3), 355–424. https://doi.org/10.1111/1464-0597.00951
Yanto, M. (2022). Manajemen konflik dalam menyelesaikan kedisiplinan siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 10(4), 687–698. https://doi.org/doi.org/10.29210/195200
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 
						
 
							





