Peran Guru dalam Mewujudkan Budaya 5S Melalui Penerapan Hidden Curriculum di SDN Lidah Wetan II

Authors

  • Malista Sint Oida Bani Universitas Negeri Surabaya
  • Eliya Uslifatul Janah Universitas Negeri Surabaya
  • Diki Darmawan Universitas Negeri Surabaya
  • Deyah Nur Alfilutfiani Universitas Negeri Surabaya
  • Syunu Trihantoyo Universitas Negeri Surabaya
  • Agustin Hanivia Cindy Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.582

Keywords:

Hidden Curriculum, 5S, Murid, Guru

Abstract

Hidden curriculum mencakup nilai-nilai, norma, dan perilaku yang tidak secara terang terangan diajarkan, tetapi secara tidak langsung dipahami dan diadopsi oleh individu melalui pengalaman alamiah atau pengalaman sehari-hari di lingkungan pendidikan. Salah satu perwujudan dari hidden curriculum ialah budaya 5S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun). Implementasi hidden curriculum melalui budaya 5S dapat membantu dalam perkembangan karakter siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana guru berperan dalam implementasi hidden curriculum mengenai 5S di kelas serta implementasi 5S oleh siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengambilan data menggunakan wawancara kepada beberapa guru kelas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, guru berperan sangat signifikan terhadap penerapan hidden curriculum. Guru di SDN Lidah Wetan II telah menerapkan hidden curriculum terutama yang berkaitan dengan 5S dengan baik, hal ini dapat dilihat dari Sebagian besar siswa telah menerapkan budaya 5S di sekolah. Hidden curriculum memiliki peran penting terhadap perkembangan karakter siswa di SDN Lidah Wetan II, yaitu membimbing siswa, meningkatkan motivasi siswa, menjadikan perilaku siswa lebih baik, sopan santun, disiplin, serta berkarakter.

References

Annisa. (2019). Budaya 5 S ( Senyum , Sapa , Salam , Sopan , Santun ) dalam Pembentukan Karakter Siswa/Siswi di Sd Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 2, 187–204. https://doi.org/10.5281/zenodo.3601261

Aslan. (2019a). Hidden Curriculum (Aslan).

Aslan. (2019b). Hidden Curriculum (Aslan).

Azimpour, E., & Khalilzade, A. (2015). Hidden Curriculum. World Essays Jurnal, 68(8), 18–21. https://doi.org/10.12968/eyed.2021.23.4.34

Desstya, A., Novitasari, I. I., Razak, A. F., & Sudrajat, K. S. (2017). Refleksi Pendidikan IPA Sekolah Dasar di Indonesia(Relevansi Model Pendidikan Paulo Freire dengan Pendidikan IPA di Sekolah Dasar). Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 1. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.2745

Djuwita, P. (2017). Pembinaan Etika Sopan Santun Peserta Didik Kelas V Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Nomor 45 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 27–36. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/pgsd.10.1.27-36

Faridah, A. (2015). Membangun Karakter Melalui the Hidden Curriculum. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 9(2), 107–115. https://doi.org/https://doi.org/10.56997/almabsut.v9i2.75

Francisca, L., & Clara R.P. Ajisuksmo. (2016). Kompetensi Guru Pada Pendidikan Karakter Berdasarkan Komponen Pembentukan Karakter Di Sebuah Lembaga Pendidikan Non-Formal. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 90–100.

Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(32), 274–285. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.26

Hasanah, N. (2015). Dampak Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Di Kota Salatiga. Inferensi, 9(2), 445. https://doi.org/10.18326/infsl3.v9i2.445-466

Islam, S. (2017). Karakteristik pendidikan karakter; menjawab tantangan multidimensional melalui implementasi Kurikulum 2013. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 89–100.

Islamy, A. N. (2015). Penerapan Senyum Pustakawan Sebagai Keterampilan Sosial di Perpustakaan. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 11(2), 44. https://doi.org/10.22146/bip.10032

Lion, E., & Alexandro, R. (2015). Kemampuan Profesional Guru dalam Pembelajaran E fektif. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan …, 2015(3), 1–6.

Maulidah, F., & Paksi, H. P. (2019). Implementasi Budaya 5S (Senyum, Sapa,Salam, Sopan dan Santun) di SDN Suruh Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7, 3285–3294.

Maya, R. (2017). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 281–296. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30868/ei.v2i03.31

Mustaghfiroh, H. (2014). Hidden Curriculum Dalam Pembelajaran Pai. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 147–162. https://doi.org/10.21043/edukasia.v9i1.769

Novauli, F. (2015). Kompetensi guru dalam peningkatan prestasi belajar pada SMP Negeri Dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(1), 45–67.

Pratiwi, E. R. (2018). Pengaruh Hidden Curriculum Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di Smp It Masjid Syuhada’ Kotabaru Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(2), 233–248. https://doi.org/10.14421/jpai.2017.142-04

Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. Equilibrium, 5(9), 1–8.

Salsabila, E. F., Hanggara, G. S., & Dwi, R. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Sopan Santun Siswa SMK PGRI 2 Kediri. Seminar Nasional Virtual, Konseling Kearifan Nusantara, 32–41.

Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., Furnamasari, Y. F., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163.

Setyadi, Y. B., Anggrahini, T. O., Putri, N., & Wardani, K. (2019). Penerapan Budaya 5S sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di MTs Muhammadiyah 9 Mondokan , Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10774

Subianto, J. (2013). A . Pendahuluan Pendidikan adalah usaha meningkatkan diri dalam segala aspeknya . Pendidikan merupakan suatu yang integral dari kehidupan . Pendidikan berasal dari kata didik yang berarti memelihara dan membentuk latihan , jadi pendidikan adalah suatu usa. 8(2), 331–354.

Wijaya, E. Y., Dwi A S, & Amat N. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278.

Wulandari, R., Nisa, F. M. C., Aisy, N. R., & Riduan. (2022). Pengelolaan Manajemen Kurikulum Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Bunda Rosa Desa Langkan 1 Banyuasin III. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(1), 164–174.

Yolanda, P., & Mudjito. (2019). Implementasi Program Pendidikan Karakter Berbasis Hidden Curriculum Di Mi Muhammadiyah 1 Pare Kediri. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 7(1), 1–13.

Yudi Firmansyah, & Fani Kardina. (2020). Pengaruh New Normal Ditengah Pandemi Covid-19 Terhadap Pengelolahan Sekolah Dan Peserta Didik. Buana Ilmu, 4(2), 99–112. https://doi.org/10.36805/bi.v4i2.1105

Yunarti, Y. (2014). Pendidikan Kearah Pembentukan Karakter. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2), 262–278.

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Bani, M. S. O., Janah, E. U., Darmawan, D., Alfilutfiani, D. N., Trihantoyo, S., & Cindy, A. H. (2023). Peran Guru dalam Mewujudkan Budaya 5S Melalui Penerapan Hidden Curriculum di SDN Lidah Wetan II. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(04), 389–400. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.582