Optimalisasi Work-Life Balance Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMPN 16 Surabaya

Authors

  • Diffa Aulia Fitri Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Indah Puspita Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Dimas Habib Maulana Universitas Negeri Surabaya
  • Syunu Trihanyoto Universitas Negeri Surabaya
  • Nuphanudin Nuphanudin Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v4i02.729

Keywords:

Optimalisasi, Work-life Balance, Kinerja Guru

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengoptimalkan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi dapat meningkatkan kinerja guru di SMPN 16 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun keseimbangan waktu masih menjadi tantangan, orang merasa puas jika hasilnya sesuai dengan program. Pembelajaran berjalan lancar jika guru membuat RPP dengan baik dan dapat diterapkan pada pembelajaran. Pembelajaran yang tidak membosankan dicapai oleh guru dengan menggunakan berbagai pendekatan yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Guru selalu menggunakan evaluasi selama pembelajaran. Guru akan menjelaskan apakah materi yang diajarkan dapat diterima siswa atau tidak.

References

Ahmad Rifa, F., Lestari, S. P., & Riksa Wibawa, G. (2023). Pengaruh work-life balance dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru (survei pada guru SMPN 1 Kersamanah). PPIMAN : Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 1(4), 01–12. https://doi.org/10.59603/ppiman.v1i4.81

Anggraeni, D. W., & Mulyana, O. P. (2021). Hubungan antara work life balance dengan kepuasan kerja pada guru Sma Negeri 12 Surabaya di masa pandemi. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(2), 105–114.

Apriyanti, D. Di, Anindita, R., & Purwandari, D. A. (2022). Peran job crafting terhadap kinerja guru pada masa pandemi covid-19 melalui burnout dan work life balance. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 22(2), 260–278. https://doi.org/10.30596/jimb.v22i2.7917

Arifin, M., & Muharto, A. (2022). Pengaruh worklife balance terhadap kinerja karyawan (studi pada PT. Livia Mandiri Sejati Pasuruan). Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 37–46. https://doi.org/10.26623/jreb.v15i1.3507

Cahyadi, L., & Prastyani, D. (2020). Work life balance, stres kerja dan konflik peran terhadap kepuasan kerja pada wanita pekerja. Jurnal Ekonomi : Journal of Economic, 11(2). https://doi.org/10.47007/jeko.v11i2.3576

Harisnur, F., & Suriana. (2022). Pendekatan, strategi, metode dan teknik dalam pembelajaran PAI di sekolah dasar. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 3(1), 20–31. https://doi.org/10.47766/ga.v3i1.440

Ideswal, Yahya, & Alkadri, H. (2020). Kontribusi iklim sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 460–466. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.381

Isni, S. N. F., Amalia, L., & Anindita, R. (2022). Pengaruh pembagian waktu kerja terhadap keseimbangan kehidupan kerja, kepuasan kerja dan retensi karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen, 19(2), 68–83. https://doi.org/10.21831/jim.v19i2.52563

Lubis, S. A., Sibuea, P., Sari, Y., Harahap, P. H. K., & Panjaitan, D. H. (2024). Peningkatan kinerja guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (Rpp) inovatif melalui kerja praktek dengan teknik umpan balik di Sd Negeri 1 buntu pane asahan. Journal of Science and Social Research, 7(1), 94–98. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v6i2.5980

Lumunon, R. R., M.Sendow, G., & Uhing, Y. (2019). Pengaruh work life balance, kesehatan kerja dan beban kerja terhadap kepuasan kerja karyawan Pt. Tirta Investama (danone) aqua airmadidi. Jurnal EMBA, 7(4), 4671–4680. https://doi.org/10.35794/emba.7.4.2019.25410

Muspawi, M. (2021). Strategi peningkatan kinerja guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 101–106. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1265

Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi evaluasi pembelajaran di kelas. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(2), 111–121. https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.262

Rohman, H. (2020). Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru. Jurnal MADINASIKA Manajemen Dan Keguruan, 1(2), 92–102. https://ejurnalunma.ac.id/index.php/madinasika

Sari, D. I. P., Fitri, D. A., & Maulana, D. H. (2024). Wawancara waka kurikulum di SMP Negeri 16 Surabaya (pp. 1–15). Universitas Negeri Surabaya.

Sukur, M. I. S., & Susanty, A. I. (2022). Pengaruh work life balance terhadap kepuasan kerja karyawan Pt Mnc Investama Tbk (studi pada divisi sosial media dan media manajemen). E-Proceeding of Management, 9(3), 1604–1610.

Susanty, S. (2020). Inovasi pembelajaran daring dalam merdeka belajar. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2), 157–166. https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289

Wulandari, S. (2021). Optimalisasi penguasaan materi pelajaran dan kemampuan mengelola kelas dalam meningkatkan kompetensi mengajar guru pendidikan agama islam. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(2), 129–137. https://doi.org/10.31538

Downloads

Published

2024-05-25

How to Cite

Fitri, D. A., Sari, D. I. P., Maulana, D. H., Trihanyoto, S., & Nuphanudin, N. (2024). Optimalisasi Work-Life Balance Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMPN 16 Surabaya. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 4(02), 190–197. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i02.729

Most read articles by the same author(s)