Media Tunnel Book Berseri Berbasis Festival Pasar Bandeng untuk Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.345Keywords:
media pembelajaran, tunnel book, festival pasar bandengAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media tunnel book berseri berbasis festival pasar bandeng untuk pembelajaran menulis cerita narasi kelas IV SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4-D, akan tetapi peneliti hanya melakukan 3 tahap saja yaitu, Pendefinisian (Define),Perancangan (Design),dan Pengembangan (Develop). Pada tahap pengembangan (Develop), pengembangan media tunnel book berseri berbasis festival pasar bandeng tidak diaplikasikan kepada peserta didik karena adanya aturan pemerintah untuk menerapkan Physical Distancing sehingga sekolah diliburkan. Maka, langkah-langkah pengembangan media ini yaitu melakukan validasi dan revisi. Hasil pengembangan media ini memenuhi standart kevalidan dari para validator. Nilai akhir dari validasi media sebesar sebesar 85,6% dan masuk dalam kriteria “cukup valid”. Nilai akhir dari hasil validasi materi sebesar 90,6% dan memenuhi kriteria sangat valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Media Tunnel Book Berseri Berbasis Festival Pasar Bandeng Untuk Pembelajaran Menulis Cerita Narasi Kelas IV SD dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran . Jakarta: Gaung Persada Press.
Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Raja Grafindo Persada.
Djaramah, Syaiful, B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Mardiyah. (2016). KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INDONESIA MELALUI KEMAMPUAN MRNGEMBANGKAN STRUKTUR PARAGRAF (Studi pada Mahasiswa Jurusan Matematika Semester Genap Angkatan Tahun 2015 Fakultas Tarbiyah IAIN Rden Intan Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar.
Rockyane, I. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash dalam Pembelajaran Menulis Cerita Kelas IV SD. JPGSD.
Sanjaya, W. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran : Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada.
Septiana, S. L. (2017). Pengembangan Media Tunnel Book untuk Pembelajaran Mengidentifikasi Teks Fabel Siswa Kelas VII Semester Genap di SMP Negeri 26 Surabaya. Bapala.
Septiana, S. L. (2017). Pengembangan Media Tunnel Book untuk Pembelajaran Mengidentifikasi Teks Fabel Siswa Kelas VII Semester Genap di SMP Negeri 26 Surabaya. Bapala.
Winarti, R. (2019, Mei 15). Pasar Bandeng sebagai Kearifan Lokal unik di Gresik, Jawa timur. Retrieved july 14, 2020, from Travel Blog.id: https://www.travelblog.id/pasar-bandeng-sebagai-kearifan-lokal-unik-di-gresik-jawa-timur/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.