Analisis Kemampuan Pemahaman Isi Puisi Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Muhammad Nurul Azmi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nanang Khoirul Umam Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ismail Marzuki Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v5i01.1259

Keywords:

Pemahaman isi puisi, Keterampilan Proses, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman isi puisi melalui pendekatan keterampilan proses pada pelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Responden penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 46 Gresik yang terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman isi puisi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman isi puisi siswa meningkat setelah diberikan pembelajaran melalui pendekatan keterampilan proses. Terdapat peningkatan yang signifikan pada aspek pemahaman makna kata, pemahaman makna kalimat, pemahaman makna paragraf, serta pemahaman makna keseluruhan puisi. Oleh karena itu, pendekatan keterampilan proses dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman isi puisi pada pelajaran Bahasa Indonesia.

References

Alfalah, Risky. 2020. Sastra Melayu Klasik Dan Modern.

Alwi, Usman, Ahmad Badwi, and Baharuddin Baharuddin. 2021. “Peran Pendidikan Sebagai Transformasi Sosial Dan Budaya.” Jurnal Al-Qiyam 2(2):188–94. doi: 10.33648/alqiyam.v2i2.176.

Bidayah, Ii. 2019. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 5(2):107–14. doi: 10.31949/educatio.v5i2.21.

Biliya, Betty. 2015. “Penerapan Model Open Ended Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn 1 Repaking - Wonosegoro - Boyolali.” Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 5(1). doi: 10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p78-91.

Chan, S. W. 2010. “Some Crucial Issues on the Translation of Poetic Discourse from Chinese to English.” GEMA Online Journal of Language Studies 3(2).

Enok Aminah. 2019. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses.” Jurnal Educatio 5(1).

Fabiana Meijon Fadul. 2019. “Penegertian Pemahaman Konsep.” 10–24.

Faizah, Umi. 2015. “Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Seworan, Wonosegoro.” Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 5(1):24. doi: 10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p24-38.

Febriani, Erma Hastuti. 20202. “Kompetensi Profesional Guru Di Paud Al-Furqoon Masjid Raya Klaten.” Fakultas Ilmu Tarbiyah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta (July):1–23.

Harahap, Eka Oksani. 2018. “Hubungan Antara Kemampuan Memahami Isi Bacaan Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Iv Sd Negeri 067690 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018.” Biomass Chem Eng 3(2).

Khaeruddin. 2017. Model Pembelajaran Fisika Berbasis Keterampilan Proses Sains (Model PFBKPS). Pusaka Almaida.

Khair, Ummul. 2018. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (BASASTRA) Di SD Dan MI.” AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar 2(1):81. doi: 10.29240/jpd.v2i1.261.

Kosanke, Robert M. 2019. “Bab III Metode Penelitian.” Penelitain Kualitattif.

Laily Nurmalia, M.Pd. 2023. Bahasa Dan Sastra Di Sekolah Dasar. Uwais Inspirasi.

Nuryuliasih Nuryuliasih. 2022. “Analisis Pemajasan Pada Lirik Lagu Band Nidji Dan Penerapannya Pada Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur-Unsur Puisi Di SMA Kelas X.” Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan 1(3):42–49. doi: 10.58192/sidu.v1i3.205.

Palguno, Guruh Respati. 2012. “Peningkatan Pemahaman Materi.” Fkip Ump 5–22.

Patagun, M. 2022. “Organ Gerak Hewan Dan Manusia” Pada Subtema 2 “Manusia Dan Lingkungan.” Doctoral Dissertation, Universitas Cokroaminoto Palopo 21(1):1–9.

Rahayu, Tutut, and Prasetyo Yuli Kurniawan. 2021. “Pelatihan Membaca Dan Menulis Puisi Pada Peserta Didik TPA Al-Husna.” JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS 2(01):89–96. doi: 10.46772/jamu.v1i02.552.

Robbia, Annisa Zikri, and Husnul Fuadi. 2020. “Pengembangan Keterampilan Multimedia Interaktif Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik Di Abad 21.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 5(2):117–23. doi: 10.29303/jipp.v5i2.125.

Santiroso, R. 2019. “Meningkatkan Kualitas Membaca Menggunakan Syntaxis Method Melalui Media Word Colour Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia.”

Setiawan, K. E. P., and M. P. Andayani. 2019. Strategi Ampuh Memahami Makna Puisi: Teori Semiotika Michael Riffaterre Dan Penerapannya. Eduvision.

Setiawan, Heri, Styo Mahendra Wasita Aji, and Abdul Aziz. 2019. “Puisi Berbasis Hasil Karya Gambar: Upaya Penguatan Literasi Siswa Sd Kelas Tinggi.” Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan 2(1):50–60. doi: 10.33366/ilg.v2i1.1559.

Sitanggang, Prisman, Hasian Romadon Tanjung, Toras Barita, and Bayo Angin. 2023. “Analisis Gaya Bahasa Antologi Puisi Sejumlah Perkutut Buat Bapak Karya Gunawan Maryanto.” 5(1):1–14.

Suardi, Wekke, and Ismail Dkk. 2019. Metode Penelitan Sosial.

Sutono, Agus. 2015. “Meneguhkan Pancasila Sebagai Filsafat Pendidikan Nasional.” Jurnal Ilmiah Civis 5(1):666–78.

Syarifuddin. 2016. “Mengajarkan Membaca Dan Menulis Puisi Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif 20(1):31–40.

Tarigan, 2013:4. 2018. “No Title.” Perangkat, Pengembangan Matematika.

Thalib, Abd. 2018. “Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia.” PiJIES: Pedagogik Journal of Islamic Elementary School 1(1).

Umi Faizah. 2015. “Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Seworan, Wonosegoro.” Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 5(1):24. doi: 10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p24-38.

Widiansyah, Apriyanti. 2020. Pengantar Kapita Selekta Bahasa Indonesia Di Sd. 1st ed. edited by J. C. Parikesit. Jakarta: Adhi Sarana Nusantara Alamat.

Yanti. 2019. “Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Di Kelas Iv Min 26 Aceh Besar.” Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Darussalam, Banda Aceh 1(1).

Yelvita, Feby Sri. 2022. “Analisis Struktur Puisi.” Rio Dirman 8721(8.5.2017):2003–5.

Downloads

Published

2025-02-10

How to Cite

Azmi, M. N., Umam, N. K., & Marzuki, I. (2025). Analisis Kemampuan Pemahaman Isi Puisi Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 5(01), 161–173. https://doi.org/10.57008/jjp.v5i01.1259