Analisis Strategi Pemecahan Masalah Matematika Siswa Di Kelas XI

Authors

  • Ananda Dewi Safitri Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Zakiatun Nupus Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Westi Bilda Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Sigit Raharjo Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjm.v3i01.1098

Keywords:

Strategi, Polya, Pemecahan Masalah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis memecahkan permasalahan matematika pada siswa kelas XI dengan langkah-langkah Polya. Menggunakan metode kualitatif, dengan pemilihan subjek yang dilakukan melalui teknik purposive sampling. Pemilihan sampel dilakukan pada 10 subjek melalui wawancara dan tiga siswa dipilih secara acak dengan memberikan soal kepada siswa kelas XI menengah sekolah atas yang terletak di salah satu Kota Tangerang. Temuan dari penelitian menunjukan bahwa masih terdapat kesulitan dan kesalahan dalam penyelesai an masalah matematika. Anak didik dengan kapasitas pemecahan masalah matematis terdapat di klasifikasi sangat tinggi dengan persentase 93,33%, peserta didik pada golongan tinggi presentase 76,67%, pelajar dalam tingkat sedang dengan persentase 60%, dan klasifikasi rendah dengan persentase 30%. Strategi yang paling sering dipakai untuk memecahkan masalah adalah trial and error, di mana kita bereksperimen untuk mencari solusi sesuai kemampuan yang kita punya. Setelah itu, kita bisa buat gambar atau diagram supaya masalahnya lebih jelas, cari pola, tulis rumus dari pola itu, dan bekerja mulai dari belakang.

References

Agnielia M., & Nabyllah J.T.M. (2022). Representasi siswa berkemampuan matematis tinggi dalam menyelesaikan tantangan matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 06, No. 01, Maret 2022, hal. 533-546

Agsya, F. M., Roza, Y., & Riau, U. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah dalam konteks motivasi belajar siswa MTs. Pemecahan masalah, motivasi, dan pendekatan Polya. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(2), 31–44.

Ahsan, Nurul, Agung H., Halini. (2023). Metode siswa sekolah menengah pertama dalam pemecahan masalah matematika. JPMI - Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 8(2), 137–147, 2477-5967, 2477-8443, 8(2), 137 – 147, 2477-5967, 2477-8443

Aini, N. N., & Mukhlis, M. (2020). Evaluasi kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita matematika menurut teori Polya ditinjau dari Adversity Quotient. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 105–128. https://doi. org/10.35316/alifmatika.2020.v2i1.105-128

Arista, G. A., Wibawa, K. A., & Payadnya, I. P. A. A. (2022). Penelitian kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah perbandingan dan skala menurut empat langkah Polya di kelas VII SMP TP. 45 Denpasar. PRISMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 214–221.

Ayunengdyah, N., Khabibah, S., & Saraswati, S. (2020). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan masalah fungsi kuadrat berdasarkan langkah-langkah Polya. Mega: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 120–128.

Azzahra, R. H., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 153–162.

Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Dampak pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458.

Fadilah, S. N., & Hakim, L. D. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA dalam materi fungsi. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 7(1), 64-73.

Indrawati, K. A. D., Muzaki, A., & Febrilia, B. R. A. (2019). Profil pola pikir siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 68–83.

Nurhayati, N., & Bernard, M. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam memecahkan masalah matematika pada siswa kelas X SMK Bina Insan Bangsa mengenai materi persamaan dan pertidaksamaan. Journal on Education, 1(2), 497–502.

Polya, G. (2004). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (No. 246). Princeton University Press.

Polya, G. (1973). How to Solve It: A New Aspect of Mathematics Method (Edisi ke-2). Princeton University Press.

Rachmawati, A., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 835-842.

Suryani, M., Heriyanti, L., & Artia, T. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan kemampuan awal matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9, 119–130.

Tsaltsa Tamami Rahma, & Sri Sutarni. (2023). Kemampuan pemecahan masalah matematika realistis dengan langkah-langkah Polya pada siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07(2), 1416-1426.

Widayanti, E., & Anggraeni, S. A. (2019). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal open-ended pada materi aritmetika sosial kelas VII SMP. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(02), 115–128.

Downloads

Published

2025-01-25

How to Cite

Safitri, A. D., Nupus, Z., Bilda, W., & Raharjo, S. (2025). Analisis Strategi Pemecahan Masalah Matematika Siswa Di Kelas XI. JURNAL JENDELA MATEMATIKA, 3(01), 7–16. https://doi.org/10.57008/jjm.v3i01.1098