Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik

Authors

  • Luthfiani Candra Dewi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Harun Imansyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Alfiansah Sandion Prakoso Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v4i02.753

Keywords:

Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Literasi Sains

Abstract

Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik dengan begitu salah satu strategi pembelajaran saintifik yaitu pembelajaran berbasis masalah (PBM). Model pembelajaran berbasis masalah dapat menambah kemampuan peserta didik dalam literasi sains. Literasi sains peserta didik di Indonesia masih dikategorikan rendah. Hal ini dibuktikan dengan hasil survei Programme for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2018. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan literasi sains. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Pre-Experimental Designs dengan bentuk One Group Pretest-Postest. Sampel pada penelitian ini berjumlah 31 peserta didik pada salah satu sekolah. Instrumen pada penelitian ini adalah 9 butir soal uraian literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan dan adanya peningkatan N-Gain literasi sains peserta didik sebesar 0,62 dengan kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan literasi sains peserta didik.

References

Alatas, F., & Fauziah, L. (2020). Model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pada konsep pemanasan global. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(2), 102-113.

DeBoer, G. E. (2000). Scientific literacy: Another look at its historical and contemporary meanings and its relationship to science education reform. Journal of Research in Science Teaching: The Official Journal of the National Association for Research in Science Teaching, 37(6), 582-601.

Hake, RR (1999). Analyzing Change/Gain Scores. AERA-D-American Educational Research Association’s Division, Measurment And Research Methodology.

Hartati, Marni and Ario, Foy and Nurhafni, Nurhafni and Imayanti, Rina and Adrian, Yusuf (2020) Panduan gerakan literasi sekolah di SMA tahun 2020, edisi revisi. Manual. Direktorat Sekolah Menengah Atas, Jakarta.

Juleha, S., Nugraha, I., & Feranie, S. (2019). The Effect of Project in Problem-Based Learning on Students' Scientific and Information Literacy in Learning Human Excretory System. Journal of Science Learning, 2(2), 33-41.

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Sains. Jakarta: Kemendikbud

OECD. 2016. The Survey of Adult Skills: Reader’s Companion. Second Edition

OECD (2016), PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy, PISA

OECD (2016), PISA 2015 Results in Focus, PISA, OECD Publishing, Paris.

Downloads

Published

2024-05-25

How to Cite

Dewi, L. C., Imansyah, H., & Prakoso, A. S. (2024). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 4(02), 208–212. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i02.753