Peningkatan Kreativitas Pada Siswa Kelas IV Menggunakan Model Project Based Learning SDN Trangsan 01
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v4i02.748Keywords:
Project Based Learning, kreativitas, IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode IPAS dan menerapkan model Project Based Learning. Melibatkan 17 siswa kelas IV di SD Negeri Trangsan 01, penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh dari wawancara, observasi, serta kuesioner kepada guru dan siswa. Identifikasi masalah mencakup kurangnya kreativitas siswa, kurangnya keaktifan dalam menjawab pertanyaan, dan penggunaan referensi yang monoton. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menggunakan model Project Based Learning. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kreativitas siswa dari pra-siklus (48%) hingga siklus pertama (64%) dan siklus kedua (81%). Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa pendekatan Project Based Learning efektif meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas IV di SD Negeri Trangsan 01.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. (No Title).
Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 67–75.
Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2019). PjBL untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa: sebuah kajian deskriptif tentang peran model pembelajaran PjBL dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.
Hera Erisa, Agnes Herlina Dwi Hadiyanti, & Albertus Saptoro. (2021). Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(01), 1–11. https://doi.org/10.21009/jpd.v12i01.20754
Mukaromah, A., Maftukhin, A., & Fatmaryanti, S. D. (2013). Peningkatan kreativitas belajar fisika menggunakan model pembelajaran snowball throwing pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Klirong. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(2), 98–101.
Nugraha, A. R., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas 5 Sd. Kalam Cendekia Pgsd Kebumen, 6(4.1).
Nugrohadi, S., & Anwar, M. T. (2022). Pelatihan Assembler Edu untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Merancang Project-based Learning Sesuai Kurikulum Merdeka Belajar. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16(1), 77–80.
https://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan/article/view/11953
Rifai, A. S. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Termokimia Kelas XI IIS SMA Negeri 5 Surakarta.
Rochayati, I. H. (2016). Peningkatan Kreativitas Belajar IPA melalui Penerapan Strategi Guided Discovery Learning. Basic Education, 5(33), 3–121.
Septikasari, & Frasandy. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107–117. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015
Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 1879–1887.
Sukmawijaya, Y., Suhendar, S., & Juhanda, A. (2019). Pengaruh model pembelajaran stem-pjbl terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 9(2), 28–43.
Utami, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD Negeri Manggihan. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW.
Zubaidah, S., & others. (2018). Mengenal 4C: Learning and innovation skills untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, 13(2), 1–18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





