Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Show And Tell Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas VI Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v4i02.739Keywords:
Keterampilan berbicara, metode show and tell, pembelajaran tematikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui metode Show and Tell pada pembelajaran tematik siswa kelas VI SD Negeri Trangsan 01, Kecamatan Gatak, Sukoharjo, Tahun Ajaran 2023/2024. Keterampilan berbicara yang dimaksud dalam penelitian ini, meliputi aspek pelafalan, aspek parabahasa, aspek kebahasaan, aspek isi pembicaraan, dan aspek bahasa tubuh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri Trangsan 01 yang berjumlah 18 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Objek penelitian adalah keterampilan berbicara siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Teknik validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa sebesar 9% yaitu pada siklus I sebesar 63% (kategori baik), kemudian meningkat menjadi 72% (kategori baik) pada siklus II. Dengan demikian melalui penggunaan metode Show and Tell pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VI SD Negeri Trangsan 01, Kecamatan Gatak, Sukoharjo.
References
Agus Darmuki, A. H. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mahasiswa PBSI Tingkat I-B PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Kredo, Vol 2 No.2, h.258.
Burhan Nurgiantoro. (2013). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. In BPFE.
Ismail Suardi dan Ridha Windi. (2017). Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah:Implementasi di wilayah Minoritas Muslim. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, Vol 02 No., h.33-34.
Kadir, Mustamin Anggo Latief, Sahidin, Samparaja, L. O. A. J. H., & Salim. (2019). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika II (SNPMAT II). In Pembelajaran Matematika dalam Era Revolusi Industri 4.0 (Issue Snpmat Ii, p. 407).
Mardiah dan Sakilah. (2017). Pembelajaran Tematik (p. 32).
Musfiroh Rohaeti. (2011). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Show And Tell Siswa SD Negeri Banjar Jawa. E Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1, 296–303.
Musfiroh, T. (2011). Show and Tell Edukatif Untuk Pengembangan Empati, Afilifile-Resolusi Konflik, dan Kebiasaan Positif Anak Usia Dini. Jurnal Kependidikan, 41(2), 129–143.
Nurgiyanto, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Universitas Negeri Yogyakarta.
Prasasti, A. (2020). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE SHOW AND TELL PADA ANAK TK KELOMPOK B DI TK ABA KASIHAN. UNY, 3, 274–282.
Putera Permana, E. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Kaus Kaki Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II Sekola Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 133–140.
Resnani, R. (2019). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS VC SDIT GENERASI RABBANI KOTA BENGKULU. Jurnal PGSD, 12(1), 9–14. https://doi.org/10.33369/pgsd.12.1.9-14
Reza Yulanda Putri. (2021). Penerapan Metode Show And Tell Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Tema Organ Gerak Hewan Dan Manusia Kelas VA SD Negeri 005 Kotabaru Kecamatan Keritang.
Rosita Farida. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Berbicara Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), Vol 1 No.1, h.27.
Setyonegoro, A. (2013). Hakikat, Alasan dan Tujuan Berbicara (Dasar Pembangunan Kemampuan Berbicara). Jurnal Pena, Vol 3 No.1, h.71.
Simbolon, M. E. (2019). Tuturan dalam Pembelajaran Berbicara dengan Metode Reciprocal teaching. Media Sahabat Cendekia.
Sungkono, S. (2006). Pembelajaran Tematik Dan Implementasinya Di Sekolah Dasar. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 2(1), 51–58.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





