Literatur Review : Pengaruh Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ari Fujiarti Universitas Pelita Bangsa
  • Diva Kartika Meilania Universitas Pelita Bangsa
  • Mita Angraeni Universitas Pelita Bangsa
  • Rani Nur Umah Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.694

Keywords:

media pembelajaran, e-modul, hasil belajar

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu proses pembelajaran yang memerlukan metode, media serta strategi pembelajaran, yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, e-modul merupakan salah satu contoh dari media pembelajaran yang berbasis digital, media pembelajaran merupakan wadah atau cara yang digunakan para pendidik untuk melakukan proses pembelajaran dimana media dapat memudahkan pendidik dalam proses penyampaian materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh E-Modul dalam proses pembelajaran khususnya pada hasil belajar peserta didik, dan terbukti dari beberapa penelitian terdahulu bahwa terdapat pengaruh E-Modul terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan literature review dari penelitian-penelitian terdahulu dalam google scholar jurnal tahun 2019-2023. Dari semua penelitian yang digunakan menghasilkan bahwa terdapat pengaruh e-modul terhadap hasil belajar siswa dengan melihat hasil validitas, kepraktisan dan keefektifan dalam penelitian tersebut menunjukan memang e-modul layak dijadikan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar, karena adanya pengaruh digitalisasi dengan pembelajaran menjadikan proses pembelajaran menjadi tak biasa dan menarik sehingga mampu meningkatkan minat siswa dalam belajar yang mempengaruhi hasil dari pembelajaran tersebut.

References

Daniyati, Ani, dkk. 2023. Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student research (JSR). Vol.1 No.1. Hal: 284-285.

Dewa Made Dwicky Putra Nugraha. 2023. Hubungan Kemampuan Literasi Sains Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementary. Vol.5 No.2. Hal: 153-158.

Made Wisnu, I Nyoman, dkk. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha. Vol.8 No.2 Hal: 17-32.

Sakinah, Mutiara (2022) Pengaruh Penggunaan E-Modul Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Padangpanjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

Dan M, Belajar H, Pada S. PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X. 2020;7(2):66-80.

Literasi M, Pada S, Sd S. Literature Review : Penggunaan Modul IPA Berbasis Etnosains untuk. 2023;6(4):1905-1914. doi:10.31949/jee.v6i4.7574

Perdana CM, Sari NM, Abdullah R. LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN SISWA KELAS XI DI SMKN 1 SUMATERA BARAT. 2020;1:156-159

Afriani N, Haris M, Rudyat L, Savalas T, Fara B, Sofia D. Pengaruh Modul Elektronik Kimia terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Jonggat pada Materi Termokimia. 2022;7.

Pramana MWA, Jampel IN, Pudjawan K. Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. J Edutech Undiksha. 2020;8(2):17. doi:10.23887/jeu.v8i2.28921

Made Sri Dewi A, Nyoman Ayu Lestari P. E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. J Imiah Pendidik dan Pembelajaran. 2020;4:433-441.

Naufal Dzakwan, Murtinugraha RE, Arthur R. Efektivitas Penggunaan E-Modul Pada Mata Kuliah Statistika Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Risenologi. 2021;6(1b):70-77. doi:10.47028/j.risenologi.2021.61b.249

Samosir YM, Nainggolan B. Pengaruh Penerapan E-Modul Kimia Berbasis Cooperative Learning Type NHT Pada Pembelajaran Ikatan Kimia Kelas X SMA. Educenter J Ilm Pendidik. 2022;1(3):165-173. doi:10.55904/educenter.v1i3.64

Soejana Y, Anwar M, Sudding S. Pengaruh Media E-Modul Berbasis Flipbook pada Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 1 Wajo (Studi Pada Materi Pokok Sifat Koligatif Larutan). Chem J Ilm Kim dan Pendidik Kim. 2020;21(2):163. doi:10.35580/chemica.v21i2.17986

Imansari N, Sunaryantiningsih I. Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT J Ilm Pendidik Tek Elektro. 2017;2(1):11. doi:10.30870/volt.v2i1.1478

Downloads

Published

2024-02-25

How to Cite

Fujiarti, A., Meilania, D. K., Angraeni, M., & Umah, R. N. (2024). Literatur Review : Pengaruh Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 4(01), 83–89. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.694