Pengaruh Media Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas 4 SD

Authors

  • Mega Amalia Universitas Pelita Bangsa
  • Muhamad Virgi Pratama Universitas Pelita Bangsa
  • Niken Ayu Pratiwi Universitas Pelita Bangsa
  • Ari Fujiarti Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.689

Keywords:

media interaktif, minat belajar, IPA, sekolah dasar

Abstract

Untuk meningkatkan pengaruh media interaktif terhadap minat belajar siswa, maka guru membuat strategi pembelajaran yang melibatkan media interaktif di dalamnya.  Media interaktif menjadi pedoman baru bagi guru saat ini untuk membantu siswa dan guru dalam memberikan dan menerima pelajaran. Jenis penelitian ini adalah studi literatur dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yang hasil dari penelitian ini bersumber pada 10 jurnal nasional. Berdasarkan hasil analisis 10 jurnal nasional adalah bahwa media pembelajaran interaktif memiliki kesan positif dalam meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar.

References

Anam, K. (2015). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP BANI MUQIMAN BANGKALAN. Jurnal Pendidikan Islam, 1-17.

Anisah Yulianti, S. H. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tematik. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 742-749.

Asmayani, N. N. (2023). Pengaruh Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V UPT SPF SD Negeri Kalukuang II Makassar. Journal on Education, 1270-1276.

Desi Widayanti, S. M. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI AL-HIKMAH KETAMI KOTA KEDIRI. e-Journal Al-Awlad, 160-168.

Ika Yuwanita, H. I. (2020). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Jurnal Instruksional, 152-158.

Ikha Nur Jannah, D. P. (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 54-59.

JUNAIDI. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Pelatihan, 46-56.

Lanusi, D. H. (2018). PENERAPAN KELAS DIGITAL EDMODO UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 67-84.

Muh Idris Jafar, S. M. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SD Di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Jurnal Publikasi Pendidikan, 251-262.

Putri Thahlia, M. C. (2023). Pengaruh Media Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa Di SMK Negeri 1 Tengaran. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 637-644.

Putu Agus Putra Dwipayana, I. W. (20220). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KONTEKS BUDAYA LOKAL UNTUK PEMBELAJARAN IPA SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 49-60.

Sofiah, R., Suhartono, & Hidayah , R. (2020). ANALISIS KARAKTERISTIK SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN: SEBUAH STUDI LITERATUR. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 4.

Sri Wulan Anggraeni, Y. A. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif,Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2896-2910.

Downloads

Published

2024-02-25

How to Cite

Amalia, M., Pratama, M. V., Pratiwi, N. A., & Fujiarti, A. (2024). Pengaruh Media Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas 4 SD. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 4(01), 39–47. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.689