Evaluasi E-Modul Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII Tema Salat Fardhu Dalam Kondisi Tertentu

Authors

  • Suhernawati Suhernawati STAIN Bengkalis
  • Rian Vebrianto Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v5i01.1233

Keywords:

E-Modul, canva, salat fadhu, kondisi tertentu

Abstract

Fenomena media belajar digital menciptakan peluang baru dalam dunia pendidikan, meningkatkan keterlibatan siswa, serta memberikan akses yang lebih luas terhadap sumber belajar. Peneliti ingin mengevaluasi e-modul berbasis canva pada mata pelajaran Fikih kelas VII tema Salat Fardhu dalam Kondisi tertentu di MTs Andini. Metodologi dalam penelitian ini adalah research and development dengan melibatkan 24 guru dan 50 siswa. Proses pengambilan data dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan instrumen berupa angket. Responden menjawab dan menilai kualitas e-modul tersebut. Hasil rata-rata analisis deskriptif e-modul berbasis canva untuk guru dan siswa aspek Kelayakan Isi adalah M = 4,49 dan SD = 0,06   yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. Untuk aspek Tampilan adalah M = 4,43, SD = 0,07, termasuk Sangat Baik. Sedangkan aspek Kemudahan adalah M = 4,35, SD = 0,10, juga termasuk Sangat Mudah. Selanjutnya untuk aspek Efektifitas adalah M = 4,37, SD = 0,06, masuk kategori Sangat Efektif. Maka e-modul ini efektif digunakan dalam pembelajaran Fikih dalam memahami salat fardhu pada kondisi tertentu. Jadi e-modul berbasis Canva dapat digunakan sebagai alternatif media dalam mata pelajaran Fikih.

References

Admelia, M., Farhana, N., Agustiana, S. S., Fitri, A. F., & Nurmalia, L. (2022). Efektifitas penggunaan aplikasi canva dalam pembuatan modul pembelajaran interaktif hypercontent di Sekolah Dasar Al Ikhwan(translation:The effectiveness of using the canva application in making hypercontent interactive learning modules in Al Ikhwan Eleme. Kacanegara Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 177.

Alfatih, A. M., Jannah, H., & Raharjo, R. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Multimedia Interaktif di Madrasah Ibtidaiyah PENDAHULUAN Siswa semakin akrab dengan teknologi digital yang membentuk cara mereka berinteraksi dan memperoleh informasi ( Enim , 2023 ). Mereka adalah Gen. 128–141. https://doi.org/10.30762/sittah.v5i2.2710

Alsafa Anhar, B., Muslim, F., & Kurniadi, R. (2024). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Canva pada Mata Kuliah Media Pembelajaran dan TIK. Journal on Teacher Education, 5(4), 68–77. https://doi.org/10.31004/jote.v5i4.28695

Amrina, Mudinillah, A., & Handayani, E. P. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva dalam Proses Pembelajaran Bahasa Arab di MAN Gunung Padang Panjang. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 6(2), 101–116. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v6i2.4519

Aulia, F., Syafwan, & Afriwan, H. (n.d.). Perancangan Media Interaktif Tata Cara Shalat Untuk Anak Usia Dini. (September 2012), 1–18.

El maskhuriyah, D. E. AL. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Pemahaman Konsep IPAS Siswa Kelas V. 8(September), 706–715.

Firdaus, M. (2023). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbantu Canva pada Materi Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Halal Dan Menjauhi Yang Haram di SMPN 7 Kota Palopo.

Handayani. (2020). Bab Iii Metode Penelitian. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

Harpiani, S., Baktiar, M., & Ulhaq, M. Z. (2023). Pengembangan E-Modul Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 2(02), 470–475. https://doi.org/10.47709/jpsk.v2i02.3068

Hidayat, T. (2022). Perancangan Simulasi Tata Cara Shalat Berbasis 3 Dimensi Untuk Anak Usia Dini. 16(1), 1–23.

Irkhamni, I., Izza, A. Z., Salsabila, W. T., & Hidayah, N. (2021). Pemanfaatan Canva Sebagai E-Modul Pembelajaran Matematika terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2021, 127–134. Retrieved from https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/issue/view/12

Ismail, H. (2023). Pengembangan E-Modul berbasis Aplikasi Canva dan Heyzine pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 03 Palopo. (Skripsi). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Palopo. 2023.

Istiqoma, M., Nani Prihatmi, T., & Anjarwati, R. (2023). Modul Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Mandiri. Prosiding SENIATI, 7(2), 296–300. https://doi.org/10.36040/seniati.v7i2.8016

Junaedy, A., Huraerah, A., Abdullah, A. W., & Rivai, A. (2021). Pengaruh Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Pendidikan Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18, 133–146. Retrieved from https://dx.doi.org/10.31958/jaf.v11i2.10548

Kartika, N. E. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII di SMPN 21 Bandar Lampung.

Kurnia, I. R. (2024). Implementasi Pembelajaran Fikih Berbasis Digital di MTs Pembangunnan UIN Jakarta.

Lastri, Y. (2023). Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar E-Modul Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1139–1146. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1914

Mahbubi, M., Haydar, M. ’Affan, Kamal, A. B., Bihi, M. A. K., Yaqin, A. A., Rahmatullah, A. Z. A., … Tobibi, M. R. (2023). Media pembelajaran interaktif menggunakan canva pada mata pelajaran fiqih kelas ix di MTS Nurul Wahid Alwahyuni Sumberan Besuk Probolinggo. BAHTSUNA: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 5(2), 100–107. https://doi.org/10.55210/bahtsuna.v5i2.249

Monoarfa, M., & Haling, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 1–7.

Oktafiani, E. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik pelajaran Fikih Menggunakan Aplikasi Canva Di MTs Wali Songo Sukajadi Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah. 1–23.

Putri, L. D., & Erita, Y. (2023). Pengembangan E-Modul Menggunakan Canva Pada Pembelajaran. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 7175–7185.

RAHMAH, S. (n.d.). Pengembangan E-Modul Interaktif Menggunakan Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VI di MIS As’adiyah No. 29 Wele Kabupaten Wajo.

Rahmah, S., Usman, Buhaerah, Herdah, & Ambo Dalle, H. (2024). Pengembangan E-Modul Interaktif Menggunakan Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VI di Mis As’adiyah No. 29 Wele Kabupaten Wajo. XII(29), 358–365.

Sinta, R., & Fanreza, R. (2024). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Media Digital Canva dalam Pembuatan Video Pembelajaran Ibadah Praktis pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Darul Ulum Budi Agung. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(2), 846–853. https://doi.org/10.47467/edu.v4i2.2239

Sulpiana. (2023). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbantuan Aplikasi Canva Pada Materi Iman Kepada Kitab-Kitab Allah di Sekolah Menengah Pertama Negeri(SMPN) 3 Palopo.

Suyanto, V. A., Sutidianingsih, A., Handajani, S., & Bahar, A. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Pengolahan Cookies Untuk SMK Kuliner Fase F. 9, 2265–2270.

Switrayni, W., Wardhana, G. A. W., Irwansyah, Aini, Q., & Salwa, S. (2022). Interactive E-Module Workshop With Canva for Learning During the Covid 19 Pandemic. Jurnal Abdi Insani, 9(2), 390-399.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

Taufan, A., Astutik, S., Muhammad Asyroful Mujib, Elan Artono Nurdin, & Bejo Apriyanto. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 11(2), 133–143. https://doi.org/10.23887/jjpg.v11i2.61947

Yuliana, D., Baijuri, A., Suparto, A. A., Seituni, S., & Syukria, S. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Video Pembelajaran Kreatif, Inovatif, Dan Kolaboratif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 6(2), 247–257. https://doi.org/10.37792/jukanti.v6i2.1025

Downloads

Published

2025-02-10

How to Cite

Suhernawati, S., & Vebrianto, R. (2025). Evaluasi E-Modul Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII Tema Salat Fardhu Dalam Kondisi Tertentu. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 5(01), 95–107. https://doi.org/10.57008/jjp.v5i01.1233