Penerapan Blended Learning Dalam Proses Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v3i02.455Keywords:
Penerapan, Blended Learning, PembelajaranAbstract
Pandemi Covid-19 yang terjadi begitu luar biasa dan meresahkan serta berdampak pada hampir semua sektor dalam kehidupan. Dalam hal ini sektor pendidikan mendapatkan tantangan dengan hadirnya pandemi Covid-19, dimana kegiatan pembelajaran tidak dapat berjalan normal seperti biasanya, dan mengharuskan beralih pada tatanan model pembelajaran baru. Alternatif yang digunakan dapat dengan menggunakan model pembelajaran Blended Learning. Begitu pula IDIA Prenduan, dalam menyikapi hal tersebut juga menggunakan model pembelajaran blended learning. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pemahaman mahasiswa tentang Blended Learning dan bagaimana model penerapannya yang dilakukan di di IDIA Prenduan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan bahwasannya pemahaman mahasiswa mengenai Blended Learning yaitu pembelajaran yang berlangsung dengan perpaduan tatap muka di kelas dan pembelajaran secara online. Adapun model penerapan Blended Learning yang diterapkan di IDIA Prenduan adalah dengan memperpadukan platform SIMASTER IDIA dengan platform pembelajaran online lain seperti google classroom, zoom dan whattsap.
References
Arikunto, S. (t.t.). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Ayu Andira. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Berbantuan Media Schoology Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Xi Mia Man Pangkep. UIN Alauddin Makasar.
Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blanded Learning). Prestasi Pusaka.
Ibi Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Based Learning Itu Perlu. Ghalia Indonesia.
Riyanto & Nukman. (2020). Penerapan Blended Learning Dalam Pembelajaran. Balai Pustaka.
Roony. (t.t.). Blanded Learning oppurnities to enhance educational programming and meetings.
Sujiatmoko & Fajar Galuh. (2013). Synchronous dan Asynchronous. http://www.academia.edu/10508073/S ynchronous_And_Asynchronous_Lear ning. Maret.
Suryana. (2010). Metodologi Penelitian Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Universitas Pendidikan Indonesia.
Wahid, M., & Majid, N. (2021). Pedoman Penulisan Skripsi Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan. IDIA Press.
Wahidmurni. (t.t.). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. UIN Maulana Malik Ibrahim.
Yo Ceng Giap dkk.,. (2020). Pembelajaran E-Learning di Masa Pandemi COVID-19. Deepublish.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





