Penerapan Media Audiovisual Youtube Pada Mata Kuliah Bahasa Mandarin Tingkat Dasar
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v5i04.1841Keywords:
Youtube, Media Audiovisual, Bahasa MandarinAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media audiovisual berbasis YouTube dalam pengajaran bahasa Mandarin di tingkat dasar, dengan membandingkannya dengan metode pembelajaran tatap muka konvensional. Latar belakang penelitian ini muncul dari pergeseran paradigma pembelajaran menuju digitalisasi, terutama sejak pandemi COVID-19, yang mempercepat penggunaan platform daring sebagai sarana penyampaian materi ajar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan wawancara terstruktur. Indikator pencapaian dalam penelitian ini adalah rata-rata nilai tugas mahasiswa di kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa media audiovisual seperti YouTube memberikan akses yang fleksibel, tetapi belum mampu sepenuhnya mengatasi kesulitan teknis yang dihadapi siswa, terutama dalam aspek keterampilan produktif dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka yang lebih efektif dalam membangun pemahaman konseptual dan keterampilan menulis karakter Tionghoa secara akurat, karena adanya interaksi langsung dan kesempatan menerima umpan balik secara real-time dari pengajar.. Oleh karena itu, penulis merekomendasikan penerapan pendekatan pembelajaran campuran (blended learning) yang mengintegrasikan kekuatan media digital dengan keunggulan pengajaran langsung untuk mendukung pembelajaran bahasa Mandarin secara menyeluruh.
References
Ayu Trihardini. 2022. “Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Mandarin.” Universitas Negeri Jakarta (2021):1–10.
Azizah, Mir’ah. 2025. “Analysis of Motivation and Learning Difficulties in Mandarin Among Non-Chinese Indonesian Students at the University in Makassar.” Global Education Journal 3(1):53–61. doi: 10.59525/gej.v3i1.672.
Gong, Yang Frank, and Chun Lai. 2024. “Editorial: Teaching and Learning Chinese as a Foreign or Second Language: The Educational Psychology Perspective.” Frontiers in Psychology 15. doi: 10.3389/fpsyg.2024.1333836.
Harlin Chory Ningtyas, and Daniel Ginting. 2025. “Evaluasi Kualitas Video Pembelajaran Bahasa Mandarin Di Sosial.” Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra 11(2):19–30. doi: 10.21067/jibs.v11i2.10458.
Ivankova, Nataliya V. 2015. Mixed Methods Applications in Action Research. Sage.
Jafri, Nuraini, Umi Kalthom Abd Manaf, and Fazilah Razali. 2020. “Exploring Teachers’ Pedagogical Practices in Teaching Mandarin as a Foreign Language in MARA Educational Institutions, Malaysia.” International Journal of Learning, Teaching and Educational Research 19(6):76–94. doi: 10.26803/ijlter.19.6.5.
Ni Kadek Meri Listiani, Ni Komang Arie Suwastini, Gede Rasben Dantes, Ni Luh Putu Sri Andnyani, and I Gusti Agung Sri Rwa Jayantin. 2021. “YouTube as Digital Learning Resources for Teaching Bilingual Young Learners.” Proceedings of the 2nd International Conference on Technology and Educational Science (ICTES 2020) 540(Ictes 2020):156–62.
Ningtyas, Harlin Chory, and Daniel Ginting. 2024. “Evaluasi Kualitas Video Pembelajaran Bahasa Mandarin di Sosial.” JIBS: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra 11(2):19–30.
Qadriani, Nanda Lailatul. 2022. “Blended Learning, The International Chinese Learning Trend In Post-Pandemic Era.” Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa 16(1):44. doi: 10.24036/ld.v16i1.116661.
Sabrina, Naya Sabrina, and Siti Nurazizah. 2024. “Penggunaan Youtube Sebagai Sarana Untuk Meningkatkan Pemahaman Bahasa Inggris.” Karimah Tauhid 3(1):803–28. doi: 10.30997/karimahtauhid.v2i6.11262.
Safitri, Baiq Rina Amalia, and Wirawan Putrayadi. 2024. “Efektivitas Video YouTube Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi.” Jurnal Ilmiah IKIP Mataram 11(2):48–58.
Shaojie, Tan, Arshad Abd Samad, and Lilliati Ismail. 2022. “Systematic Literature Review on Audio-Visual Multimodal Input in Listening Comprehension.” Frontiers in Psychology 13:980133. doi: 10.3389/fpsyg.2022.980133.
Sidabutar, Yanti Arasi, and Leonita Maria Efipanias Manihuruk. 2022. “Keefektifan Media Audio-Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF.” Jurnal Ilmu Pendidikan 4(2):1923–28.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





