Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara UNISBA Blitar

Authors

  • Nuryanti Nuryanti Universitas Islam Balitar

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.347

Keywords:

Pembelajaran Online, Motivasi Belajar

Abstract

Adanya Covid-19 membuat sekolah harus beradaptasi dengan situasi yang ada, dimana pembelajaran dilakukan secara online. Begitu juga dengan Prodi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Islam Balitar (UNISBA) Blitar, yang juga menggunakan system pembelajarn online tergantung status Covid-19 di wilayah tersebut. Pembelajaran online diharapkan dapat memotivasi mahasiswa untuk dapat belajar lebih giat meski tidak melakukan perkuliahan tatap muka. Dengan demikian peneliti ingin mencari tahu apakah pembelajaran online memiliki pengaruh pada motivasi belajar mahasiswa di Prodi Ilmu Administrasi Negara. Pada penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif di mana data disajikan dengan data-data statistik. Untuk populasi serta sampel yang digunakan yaitu semua mahasiswa pada Prodi Ilmu Administrasi Negara sejumlah 25 mahasiswa. Pendekatan yang digunakan untuk mengumpulkan data melalui kuesioner, pengamatan dan dokumentasi. Sedangkan alat untuk proses analisa data memanfaatkan aplikasi SPSS. Hasil penelitian didapatkan memperlihatkan nilai signifikansi sejumlah 0,000 atau kurang dari 0,05. Maka, menolak Ho dan menerima Ha, hal ini menunjukkn bahwasanya pembelajaran online memiliki pengaruh pada motivasi belajar Bahasa Inggris mahasiswa di Prodi Ilmu Administrasi Negara UNISBA Blitar.

References

Agus Suprijono. (2011). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

A.M, Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

A.M, Sardiman (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Octavia, Shilphy A. 2020. Model- Model Pembelajaran. Yogyakarta. Deepublish.

Pratama, Aldo Putra. 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Siswa SD. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 2, No. 1 page. 88-95, E-ISSN: 2721-7057

Sugiyono.(2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Uno, Hamzah B. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Wolo, Ardian Katharina & Nugroho, Paskah Ika. 2021. Pengaruh Pembelajaran Online terhadap tingkat Motivasi Belajar Mahasiswa / Mahasiswi Feb Akutansi UKSW di Masa Pandemi Covid-19.Jurnal Akutansi Profesi. Vol 12 No.1 P.211-222.

Downloads

Published

2022-11-20

How to Cite

Nuryanti, N. (2022). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara UNISBA Blitar. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(04), 601–606. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.347