Konsep Pendidikan Islam dalam Perspektif Ahmad Tafsir
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.259Keywords:
Konsep, Pendidikan Islam, Ahmad TafsirAbstract
Keberhasilan pendidikan Islam ditentukan dari salah satunya denga nada konsep yang jelas dan matang untuk dapat diterapkan dilembaga pendidikan. Sehingga tujuan dari pendidikan Islam dapat tercapai secara optimal. Ahmad Tafsir menegaskan bahwa harus ada langkah konkrit untuk mebenahi dan menaikkan mutu lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode dekriptif dan metode pengumpulan datanya menggunakan studi pustaka primer dan skunder baik dari buku dan juga jurnal yang relevan. Pendidikan Islam adalah “Bimbingan yang diberikan oleh seseorang kepada seseorang agar dia dapat berkembang secara maksimal sesuai dengan ajaran Islam.” Untuk meraih hal yang maksimal, dibutuhkan hal-hal yang bisa mengantarkannya untuk maksimal, kurikulum yang integratif dapat memberikan ruang kepada manusia untuk dapat mengembangkan potensi dirinya menuju manusia yang lebih baik. Walaupun tidak semua ajaran Islam dipahami oleh murid, tetapi setidaknya murid mengetahui prinsip-prinsip umum tentang Islam dan mengamalkannya.
References
Abdulrahim, Muhammad, Imaduddin. (2002) Islam Sistem Nilai Terpadu, Jakarta: Gema Insani.
Al-Abrasyi, Muhammad, Athiyyah. (2003) Prinsip-Prinsip Dasar Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia.
Arifin, Muzayyin. (2003) Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Azra, Azyumardi. (2012) Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III, Jakarta: Kencana, 2012.
M. Ihsan Dacholfany. (2016) “Reconstruction of the Islamic Educational Development in Indonesia in Dealing with ASEAN Economic Community (AEC)”, Scientific Journal of PPI-UKM, Vol. 3, No.3.
M. Sobirin. (2009). Konsep Ahmad Tafsir Tentang Pendidikan Islam Sebagai Usaha Membentuk Insan Kamil, Semarang: Perpustaan IAIN Walisongo.
Nata, Abuddin. (2005). Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama.
Tafsir, Ahmad. (2010). Filsafat Pendidikan Islami Integrasi Jasmani, Rohani, dan Kalbu Memanusiakan Manusia, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.
Zubaedi. (2012). Isu-Isu Baru Dalam Diskursus Filsafat Pendidikan Islam dan Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





