Analisis Bibliometrik : Tren Penelitian Penggunaan LKPD berbasis STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP (2019-2024)
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjm.v2i02.906Keywords:
Analisis, Bibliometrik, LKPD Berbasis STEM, Kemampuan Berpikir Kreatif MatematisAbstract
LKPD berbasis STEM dapat berguna untuk meningkatkan bahan ajar disekolah guna meningkatkan kompetensi siswa, salah satunya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tren dan fokus penelitian terkait LKPD berbasis STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Sebanyak 500 artikel yang sesuai dengan kriteria kata kunci hasil penelusuran data menggunakan aplikasi Publish or Perish (PoP) pada tahun 2019-2024. Data disimpan dalam bentuk Microsoft Excel sebagai bahan pengolahan data dan disimpan dalam bentuk RIS untuk digunakan pada software VOSviewer untuk mendapatkan pemetaan dalam mencari tren publikasi. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa topik yang jarang diteliti terkait studi Mathematical Creative Thinking terkait dengan Pendekatan STEM. Celah ini akan menjadi ide dasar untuk Mathematical Creative Thinking selanjutnya. Ini merupakan gap penelitian yang dapat bermanfaat bagi penelitian selanjutnya atau menjadi novelty dalam penelitian selanjutnya. Keterbatasan penelitian ini adalah data yang diambil berasal dari Google Scholar, diharapkan untuk penelitian selanjutnya bisa mengambil sumber dari database yang berbeda seperti database Scopus.
References
Clara, A., Abdurrahman, & Sesunan, F. (2017). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STEM UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA Clara. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 107–115.
Comarú, M. W., Lopes , R. M., Braga, L. M., Batista Mota, F., & Galvão, C. (2021). A bibliometric and descriptive analysis of inclusive education in science education. Studies in Science Education.
Conny Semiawan, S. Belen, A. F. T. (1989). Pendekatan Ketrampilan Proses: Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar? Gramedia.
Dimyati Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran.
Garfield, E. (2009). From The Science of Science to Scientometrics : Visualizing the History of Science with HistCite Software. 1–11.
Jolly, A. (2016). STEM by Design: Strategies and Activities for Grades 4-8 (1st ed.). https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781315679976
kemdikbud. (2022). Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban untuk Atasi Krisis Pembelajaran. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/02/kurikulum-merdeka-jadi-jawaban-untuk-atasi-krisis-pembelajaran
Kozanoglu, D. C., & Abedin, B. (2021). Macquarie University PURE Research Management System. Journal of Enterprise Information Management, 34(6), 1649–1672. https://doi.org/10.1007/s10578-020-00981-y
Mahmudi, H., & Setyowidodo, I. (n.d.). Student worksheets based on Science , Technology , Engineering and Mathematics ( STEM ) to facilitate the development of critical and creative thinking skills Student worksheets based on Science , Technology , Engineering and Mathematics ( STEM ) to facilitate the development of critical and creative thinking skills. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/2/022068
Makkasau, A., Faisal, M., & Renden, A. (2023). Penerapan Pendekatan STEAM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V UPT SPF SDN Lariang Bangi I Kecamatan Makassar. 1–10. http://eprints.unm.ac.id/33930/%0Ahttp://eprints.unm.ac.id/33930/1/ARTIKEL_ALMA RENDEN.pdf
Mullis, Ina V.S. Martin, Michael O. Foy, Pierre Hooper, M. (2016). TIMSS 2015 INTERNATIONAL RESULTS IN MATHEMATICS. IEA. https://www.iea.nl/publications/timss-2015-international-results-mathematics
Pertiwi, R. S., Abdurrahman, & Rosidin, U. (2018). Efektivitas STEM untuk melatih keterampilan berpikir kreatif siswa. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Putri, K., Inggit, D., & Roichan, P. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 15 surabaya 1. 12(1), 1–9.
Relia, L. (2012). Keterkaitan antara Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika dengan Model Pembelajaran Kreatif, Inovatif, dan Produktif (KIP). PRISMA(Prosiding Seminar Nasional Matematika), 97–103.
Saputra, B., & Sujarwanta, A. (2021). Transformasi Pembelajaran Berbasis Proyek Science, Technology, Engineering and Mathematics Di Masa Pandemi Covid-19. Biolova, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.24127/biolova.v2i1.491
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. 2018–2019.
Wahyunita, I., & Subroto, W. T. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning dengan Pendekatan STEM Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik. 3(3), 1010–1021.
Zhbanova, K. S., & Editor, A. (2017). H ow the Arts Standards Support STEM Concepts : A Journey from Journal of STEM Arts , Crafts , and Constructions How Arts Standards Support STEM Education Arts Standards History and Organization. 2(2), 1–14.
Clara, A., Abdurrahman, & Sesunan, F. (2017). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STEM UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA Clara. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 107–115.
Comarú, M. W., Lopes , R. M., Braga, L. M., Batista Mota, F., & Galvão, C. (2021). A bibliometric and descriptive analysis of inclusive education in science education. Studies in Science Education.
Conny Semiawan, S. Belen, A. F. T. (1989). Pendekatan Ketrampilan Proses: Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar? Gramedia.
Dimyati Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran.
Garfield, E. (2009). From The Science of Science to Scientometrics : Visualizing the History of Science with HistCite Software. 1–11.
Jolly, A. (2016). STEM by Design: Strategies and Activities for Grades 4-8 (1st ed.). https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781315679976
kemdikbud. (2022). Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban untuk Atasi Krisis Pembelajaran. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/02/kurikulum-merdeka-jadi-jawaban-untuk-atasi-krisis-pembelajaran
Kozanoglu, D. C., & Abedin, B. (2021). Macquarie University PURE Research Management System. Journal of Enterprise Information Management, 34(6), 1649–1672. https://doi.org/10.1007/s10578-020-00981-y
Mahmudi, H., & Setyowidodo, I. (n.d.). Student worksheets based on Science , Technology , Engineering and Mathematics ( STEM ) to facilitate the development of critical and creative thinking skills Student worksheets based on Science , Technology , Engineering and Mathematics ( STEM ) to facilitate the development of critical and creative thinking skills. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/2/022068
Makkasau, A., Faisal, M., & Renden, A. (2023). Penerapan Pendekatan STEAM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V UPT SPF SDN Lariang Bangi I Kecamatan Makassar. 1–10. http://eprints.unm.ac.id/33930/%0Ahttp://eprints.unm.ac.id/33930/1/ARTIKEL_ALMA RENDEN.pdf
Mullis, Ina V.S. Martin, Michael O. Foy, Pierre Hooper, M. (2016). TIMSS 2015 INTERNATIONAL RESULTS IN MATHEMATICS. IEA. https://www.iea.nl/publications/timss-2015-international-results-mathematics
Pertiwi, R. S., Abdurrahman, & Rosidin, U. (2018). Efektivitas STEM untuk melatih keterampilan berpikir kreatif siswa. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Putri, K., Inggit, D., & Roichan, P. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 15 surabaya 1. 12(1), 1–9.
Relia, L. (2012). Keterkaitan antara Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika dengan Model Pembelajaran Kreatif, Inovatif, dan Produktif (KIP). PRISMA(Prosiding Seminar Nasional Matematika), 97–103.
Saputra, B., & Sujarwanta, A. (2021). Transformasi Pembelajaran Berbasis Proyek Science, Technology, Engineering and Mathematics Di Masa Pandemi Covid-19. Biolova, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.24127/biolova.v2i1.491
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. 2018–2019.
Wahyunita, I., & Subroto, W. T. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning dengan Pendekatan STEM Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik. 3(3), 1010–1021.
Zhbanova, K. S., & Editor, A. (2017). H ow the Arts Standards Support STEM Concepts : A Journey from Journal of STEM Arts , Crafts , and Constructions How Arts Standards Support STEM Education Arts Standards History and Organization. 2(2), 1–14.