Eksplorasi Etnomatematika Pada Bangunan Masjid Al-Karomah Syekh Syarief Abdurrahman

Authors

  • Dendi Aditama Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Jajang Rahmatudin Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Arwanto Arwanto Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjm.v3i02.1408

Keywords:

etnomatematika, geometri, simetri, trasformasi, masjid, budaya Cirebon

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi konsep etnomatematika pada bangunan Masjid Al-Karomah Syekh Syarief Abdurrahman di Cirebon, Jawa Barat. Masjid ini tidak hanya memiliki nilai spiritual tinggi, tetapi juga mencerminkan kekayaan budaya dan pengetahuan lokal yang diwariskan turun-temurun. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung, wawancara dengan juru kunci masjid, dokumentasi foto, dan catatan lapangan. Tujuan utama penelitian ini adalah mengungkap penerapan unsur-unsur matematika dalam struktur arsitektur masjid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep matematika diterapkan secara alami dalam berbagai elemen bangunan. Konsep geometri tampak pada bentuk bangun datar dan ruang, seperti pola lantai persegi panjang, kubah setengah bola, dan ornamen ukiran yang menunjukkan prinsip simetri. Transformasi geometri seperti refleksi, rotasi, dan translasi juga tampak dalam susunan dan pola hiasan di bagian dalam maupun luar masjid. Selain itu, konsep rasio dan proporsi pada perancangan menunjukkan adanya pemahaman mendalam masyarakat terhadap estetika dan keseimbangan matematis. Masjid ini menjadi contoh nyata integrasi antara nilai religius, budaya, dan ilmu matematika dalam bentuk arsitektur.

References

Agustiarini, V., & Permata Wijaya, D. (2021). Jurnal Penelitian Sains. Jurnal Penelitian Sains, 21(3), 163–167.

Ajmain, Herna, & Masrura, S. I. (2020). IMPLEMENTASI PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Ajmain 1 , Herna 2 , Sitti Inaya Masrura 3. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12(1), 45–54.

Andriono, R. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6370

Arrovia, Z. I. (2021). Nilai-Nilai Multikultural dalam Kebudayaan Pendalungan di Kabupaten Jember. AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(2), 66–84. https://doi.org/10.35905/almaarief.v3i2.2278

Astriandini, M. G., & Kristanto, Y. D. (2021). Kajian Etnomatematika Pola Batik Keraton Surakarta Melalui Analisis Simetri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 13–24. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.831

Caniago, F. (2023). Implementasi Pengelolaan Masjid Al-Muhajirin Dalam Memakmurkan Masjid. Jurnal Sosio Dan Humaniora (SOMA), 2(1), 117–129. https://doi.org/10.59820/soma.v2i1.117

E. B., G. A. (2023). Globalisasi Budaya, Homogenisasi dan Pengaruhnya terhadap Identitas Budaya Lokal. Janaloka : Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2 DESEMBER), 71. https://doi.org/10.26623/janaloka.v1i2desember.8222

Efendi, I., & Sesmiarni, Z. (2022). Pentingnya Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(2), 59–68. https://doi.org/10.31004/jpion.v1i2.22

Fauzi. (2019). Journal of Chemical Information and Modeling. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Garis, A. (2023). Wisata religi Masjid Merah Pesarean Pasalakan, , Jejak Syekh Abdurrohman Al-Utsmani, Tokoh Ulama Asal Timur Tengah. Suaracirebon.Com. https://suaracirebon.com/2023/01/31/wisata-religi-masjid-merah-pesarean-pasalakan-jejak-syekh-abdurrohman-al-utsmani-tokoh-ulama-asal-timur-tengah/#

Jadidah, I. T., Alfarizi, M. R., Liza, L. L., Sapitri, W., & Khairunnisa, N. (2023). Analisis Pengaruh Arus Globalisasi Terhadap Budaya Lokal (Indonesia). Academy of Social Science and Global Citizenship Journal, 3(2), 40–47. https://doi.org/10.47200/aossagcj.v3i2.2136

JTabarearno, N. M., Wirawan, P. W., Adhy, S., Andi, S., Mukhlasin, H., Muhaemin, M., Nurhayati, S., Untuk, D., Salah, M., Syarat, S., Gelar, M., Teknik, S., Studi, P., Elektro, T., גרינבלט, י., Martinench, A., Network, N., Php, W., Algoritma, M., … Adhitya Putra, D. K. T. (2019). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 1(1), 2019.

Koneng, K., & Sumenep, K. (2024). Prosiding MAHASENDIKA III Tahun 2024 ISSN : 2829-7679 Program Studi Pendidikan Matematika , Universitas Mahasaraswati Denpasar ETNOMATEMATIKA : EKSPLORASI KONSEP MATEMATIKA PADA PINTU KANTOR KONENG KERATON SUMENEP Universitas Negeri Malang Universitas Ind. 308–322.

Lestari, R. M. R., Shaleh, K., & Suhendi, H. (2021). Pola Manajemen Dakwah Mesjid Al Munawwaroh Sayati, Margahayu Kab. Bandung. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.29313/jrkpi.v1i1.21

Maulana, M. S. (2023). DETEKSI OSTEOPOROSIS PADA CITRA X-RAY TULANG TANGAN BERDASARKAN FITUR TEKSTUR, GEOMETRI, DAN RUANG WARNA MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES. Journal GEEJ.

Miftahus Salam. (2022). Peningkatan Kualitas Kehidupan Masyarakat Desa Tegaljati Berbasis Kkn Tematik Posdaya Masjid. Bhakti: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(02), 059–065. https://doi.org/10.33367/bjppm.v1i02.3163

Mirdad, J., Nofrianti, M., Zahara, M., & Putra, Y. A. (2023). Eksistensi Masjid dan Sejarah Umat Islam. Proceeding Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah IAIN Kerinci., 1(1), 249–258.

Pratiwi, A. A. (2023). Penerapan geometri fraktal pada pengembangan motif batik Surya Majapahit. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/58440%0Ahttp://etheses.uin-malang.ac.id/58440/1/17610057.pdf

Pratiwi, J. W., & Heni, P. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405

Pratiwi, K. R., Nurmaina, M., & Aridho, F. F. (2022). Penerapan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(1), 99–105.

Purwaningrum, S. (2021). Optimalisasi Peran Masjid Sebagai Sarana Ibadah Dan Pendidikan Islam (Studi Kasus Di Masjid Namira Lamongan). Inovatif Volume 7, No. 1 Pebruari 2021, 7(1), 5.

Putri, L. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika Pada Jenjang Mi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 4(1), 136837.

Rohmatin, T. (2020). Etnomatematika permainan tradisional congklak sebagai teknik belajar matematika. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 144–150. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Sari, D. P., & Juniati, D. (2023). Implementasi Dimensi Fraktal Box Counting Dan K-Means Dalam Klasifikasi Jenis Kupu-Kupu (Lepidoptera) Berdasarkan Bentuk Sayap. MATHunesa: Jurnal Ilmiah Matematika, 11(2), 164–173. https://doi.org/10.26740/mathunesa.v11n2.p164-173

Sasongko, A. (2019). Mengenal Masjid Pasalakan Cirebon. Khaszanah.Republika.Co.Id. https://khazanah.republika.co.id/berita/puogm8313/mengenal-masjid-pasalakan-cirebon

Sihombing, D. I., & Simanjuntak, R. M. (2020). Etnomatematika dalam Transposisi Akord Ende Mandideng. In Prosiding Webinar Ethnomathematics Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas HKBP Nommensen. http://repository.uhn.ac.id/bitstream/handle/123456789/3963/Prosiding-Webinar-Nasional.pdf?sequence=14&isAllowed=y#page=38w

Syakhrani, A. W., & Kamil, M. L. (2022). Budaya Dan Kebudayaan: Tinjauan Dari Berbagai Pakar, Wujud-Wujud Kebudayaan, 7 Unsur Kebudayaan Yang Bersifat Universal. Journal Form of Culture, 5(1), 1–10.

Tamuri, A. H. (2021). Konsep Dan Pelaksanaan Fungsi Masjid Dalam Memartabatkan Masyarakat. International Journal of Mosque, Zakat And Waqaf Management (Al-Mimbar), 1–12. https://doi.org/10.53840/almimbar.v1i1.11

Wicaksono, T. (2020). Kontribusi Retribusi Rumah Potong Hewan Terhadap Pendapatan Asli Daerah (Pad) Kabupaten Jombang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://repository.stiedewantara.ac.id/1164/

Downloads

Published

2025-07-20

How to Cite

Aditama, D., Rahmatudin, J., & Arwanto, A. (2025). Eksplorasi Etnomatematika Pada Bangunan Masjid Al-Karomah Syekh Syarief Abdurrahman. JURNAL JENDELA MATEMATIKA, 3(02), 87–100. https://doi.org/10.57008/jjm.v3i02.1408